Sukses

Menentang Hukum Alam Binatang Lain, Berapa Lama Anjing Bisa Hidup?

Harapan hidup anjing berbeda dari aturan harapan hidup binatang lain, mengapa dan bagaimana?

Liputan6.com, Jakarta - Anjing biasanya tumbuh jauh lebih cepat daripada pemiliknya. Artinya, anak bulu (anabul) ini hidupnya tidak akan selama pemiliknya.

Jika memang seperti itu, lantas berapa lama anjing bisa hidup? Menurut sebuah studi pada April 2022 di jurnal Scientific Reports, masa hidup anjing bergantung pada jenisnya.

Dengan menganalisis usia lebih dari 30.000 anjing yang mati antara tahun 2016 dan 2020, para ilmuwan menghitung harapan hidup rata-rata dari 18 ras dan persilangan di Inggris. 

Anjing-anjing tersebut memiliki harapan hidup rata-rata keseluruhan 11,2 tahun. Namun, masa hidup mereka bervariasi menurut ras.

"Penciptaan ras sekitar 150 tahun yang lalu memungkinkan para peternak anjing memiliki kesempatan untuk mengatur anjing dan kehidupannya," kata penulis senior studi yang juga seorang dokter hewan dan ahli epidemiologi di Royal Veterinary College di Hertfordshire, Inggris, Dr Dan O’Neill, mengutip Live Science pada Senin, 26 Desember 2022.

Para peneliti menemukan bahwa anjing kecil memiliki harapan hidup lebih lama daripada anjing yang lebih besar.

"Harapan hidup yang lebih panjang bagi anjing kecil sebenarnya bertentangan dengan aturan dasar spesies di dunia. Karena umumnya, spesies yang ukurannya lebih kecil memiliki harapan hidup lebih pendek daripada spesies yang lebih besar," ujarnya. 

Seekor tikus mungkin diharapkan dapat hidup satu hingga dua tahun, sedangkan seekor gajah mungkin diharapkan dapat hidup 60 hingga 70 tahun, berbeda dengan aturan pada anjing.

Namun, pengembangbiakan mungkin saja menghasilkan ras besar yang tumbuh sangat cepat dibandingkan dengan pendahulunya, sehingga memicu penyakit yang muncul lebih awal, seperti osteoartritis dan kanker, kata O'Neill.

Alasan lain di luar genetik juga bisa menjadi penyebabnya. Mungkin lebih sulit untuk merawat anjing ras yang lebih besar karena masalah mobilitas daripada anjing yang lebih kecil, atau biaya finansial untuk perawatan medis mungkin lebih besar untuk anjing yang lebih besar daripada anjing yang lebih kecil seiring bertambahnya usia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anjing Hasil Persilangan

Para ilmuwan juga menemukan bahwa harapan hidup anjing hasil persilangan adalah 11,8 tahun, sekitar enam bulan lebih lama dari rata-rata kelompok secara keseluruhan.

Hal ini cocok dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa hibrida seringkali lebih sehat daripada ras murni, kata O'Neill.

Anjing betina juga umumnya hidup lebih lama daripada anjing jantan, meskipun hal ini bervariasi antar ras, katanya. 

Secara keseluruhan, para ilmuwan menemukan bahwa Jack Russell terrier memiliki harapan hidup tertinggi, yaitu 12,7 tahun, sementara bulldog Prancis memiliki harapan hidup terendah, yaitu 4,5 tahun.

"Sayangnya, meskipun banyak ras yang mempertahankan bentuk tubuh dasar yang sehat - misalnya, Labrador retriever --- beberapa ras lainnya mengalami perubahan bentuk tubuh yang ekstrem --- misalnya, bulldog Inggris," kata O'Neill. 

 

 

3 dari 4 halaman

Masalah Kesehatan Karena Persilangan

Setelah perkawinan silang, biasanya perbedaan fisik anjing terlihat signifikan dan kemungkinan seekor anjing memiliki masalah kesehatan yang serius karena bentuk tubuhnya menjadi lebih besar.

Jack Russell terrier mungkin hidup lebih lama daripada ras lain karena kecenderungan bahwa anjing yang lebih kecil hidup lebih lama, kata O'Neill.

Selain itu, mereka tidak dibiakkan untuk memiliki bentuk tubuh yang tidak biasa yang mungkin membatasi kesehatan mereka secara keseluruhan.

"Anjing-anjing kecil ini dikembangbiakkan untuk menjadi tangguh dan mendapat manfaat dengan tidak terbatas pada standar ras yang telah ditentukan sebelumnya," kata O'Neill.

"Pada dasarnya, mereka adalah anjing pendamping keluarga kecil yang sehat," dia menambahkan.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Ras

Anjing-anjing lain dengan harapan hidup yang panjang juga memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan spesies liar yang terkait erat seperti serigala, coyote, dan rubah, yang kemungkinan besar dioptimalkan oleh kekuatan evolusi untuk bertahan hidup dan kesehatan, kata O'Neill. 

Misalnya, harapan hidup rata-rata Yorkshire terrier adalah 12,5 tahun, lalu border collie 12,1 tahun, dan springer spaniel 11,9 tahun. 

Sebaliknya, selain bulldog Prancis, ras serupa sering memiliki umur yang singkat. Harapan hidup rata-rata adalah 7,4 tahun untuk bulldog Inggris, 7,7 tahun untuk pug dan 7,8 tahun untuk bulldog Amerika.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa ras ini rentan terhadap sejumlah gangguan kesehatan serius yang sering dikaitkan dengan karakteristik fisik mereka, seperti moncong pendek atau kepala besar.

Kondisi ini termasuk dermatitis lipatan kulit, masalah pernapasan, ulserasi mata, mata ceri, kesulitan melahirkan, tempurung lutut yang tergelincir, penyakit sendi siku, dan sengatan panas. 

"Banyak dari kelainan ini yang membatasi hidup karena secara langsung menyebabkan kematian dini pada anjing-anjing ini atau pemilik memilih eutanasia dengan alasan kesejahteraan," kata O'Neill.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.