Sukses

Pantang Santap 9 Makanan Ini Saat Perut Kosong, Sekalipun Lapar Gak Karuan

Terdapat beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimakan ketika perut kosong atau sangat lapar

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda melewatkan sarapan dan sampai siang belum juga makan, perut Anda pasti keroncongan. Dan, yang bisa Anda pikirkan hanyalah makanan.

Ketika rasa lapar yang ekstrem seperti ini melanda, kita semua cenderung makan dengan cara bar-bar.

Makan terlalu sedikit atau melewatkan waktu makan dapat membuat kita makan berlebihan. Kita mungkin akan berakhir dengan memanjakan diri dengan camilan berkalori tinggi, yang pada akhirya mungkin mengakibatkan muntah, mual dan diare, dan dalam beberapa kasus bisa keracunan makanan.

Hal ini karena saluran pencernaan atau gastrointestinal (GI) Anda bisa menjadi lebih sensitif terhadap jenis makanan tertentu jika Anda telah berjalan dalam keadaan perut kosong untuk sementara waktu.

Namun, tidak berarti bahwa semua makanan itu akan berdampak buruk ketika memakanya saat Anda sangat lapar.

Melansir Boldsky, Selasa (27/12/2022), berikut adalah makanan yang tidak boleh dimakan saat Anda sangat lapar.

1. Energy Bar

Energy bar dapat memberi Anda energi, tapi tidak ketika Anda memakannya saat perut kosong. Bar kesehatan ini bisa menjadi berat saat perut kosong, menyebabkan gas dan ketidaknyamanan saat tubuh Anda mencoba mencerna makanan.

 

2 dari 4 halaman

2. Alpukat

Sarat dengan berbagai nutrisi, buah hijau ini membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatur gula darah, melindungi mata, meningkatkan kesuburan, meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan dapat membantu mencegah timbulnya osteoartritis.

Tetapi makan alpukat saat perut kosong, terutama ketika Anda belum makan sebelumnya, tidak baik untuk Anda. Kandungan lemak dalam alpukat dicerna dengan sangat lambat dan dapat memicu refluks pada beberapa orang.

3. Buah (Porsi Besar)

Meskipun makan satu pisang atau apel mungkin tidak apa-apa saat perut kosong, makan buah dalam porsi besar (gula sederhana) akan menyebabkan glukosa darah Anda naik secara tiba-tiba dan kemudian membuat Anda merasa lelah dan lapar lagi dalam 30-60 menit. Keasaman dalam buah-buahan dapat menyebabkan refluks asam juga.

4. Kopi

Minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat mengakibatkan tubuh Anda melepaskan asam klorida di dalam sistem pencernaan Anda, meningkatkan keasaman dan mengakibatkan masalah pencernaan.

3 dari 4 halaman

5. Sayuran Mentah

Sayuran secara alami bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun, sayuran mentah saat perut kosong adalah sesuatu yang harus Anda hindari. Sayuran mentah dapat membuat Anda merasa terlalu kenyang dan bahkan dapat menyebabkan penurunan gula darah di kemudian hari. Sayuran berserat dapat menjadi sulit dicerna dan dapat menyebabkan gas dan kembung.

6. Protein Shakes

Sebagian besar protein shakes mengandung whey, yang bila dikonsumsi saat perut kosong dapat menyebabkan efek samping seperti kembung, kram dan diare.

 

7. Daging Merah

Daging merah kaya akan protein, yang berarti bahwa tubuh kita membutuhkan banyak waktu untuk mencernanya. Makan daging merah saat perut kosong akan menyebabkan tubuh Anda bekerja ekstra (memecah protein), mengakibatkan perut tertekan, serta perasaan kenyang yang berlebihan . 

 

4 dari 4 halaman

8. Keripik

Tentu saja, tidak mengejutkan jika keripik ada dalam daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong. Baik itu dipanggang atau digoreng, garam dalam keripik tidak baik untuk pencernaan Anda ketika Anda belum makan dalam beberapa waktu.

9. Permen karet

Ada kesalahpahaman umum bahwa mengunyah permen karet dapat membuat Anda merasa kenyang atau membantu Anda mengalihkan pikiran Anda dari makan makanan. Ketika Anda mengunyah permen karet pada saat perut kosong, hal itu menyebabkan produksi asam lambung dan dengan demikian menyebabkan sakit perut dan mual.

Ketika Anda melewatkan waktu makan dan makan setelah jeda waktu yang cukup lama, ingatlah untuk tidak terlalu banyak makan di perut dan saluran pencernaan Anda, kunyahlah beberapa campuran makanan yang mengandung kacang-kacangan dan sesuatu yang manis, pisang atau beberapa kurma.