Sukses

9 Es Krim Terlezat di Dunia, Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidup

Berikut daftar 9 es krim terlezat di dunia yang mungkin salah satunya pernah kamu coba!

Liputan6.com, Jakarta - Es krim menjadi salah satu dessert atau hidangan penutup favorit banyak orang di dunia. Termasuk kamu, bukan?

Es krim umumnya dibuat dari susu yang diolah bersama perasa, baik itu perasa buatan maupun yang alami. Campuran ini kemudian diaduk dan didinginkan hingga mengkristal menjadi es krim.

Seiring perkembangan zaman, di berbagai negara di dunia, es krim terus dimodifikasi dan melahirkan sesuatu yang baru. Dari proses pembuatanya, rasa, dan bahan yang digunakan melahirkan keunikan dan karakteristik. 

Dari mochi di Jepang, gelato di Italia, kulfi dari India, hingga dondurma di Turki, berikut sederet es krim terlezat di dunia dilansir Babbel pada Rabu (28/12).

1. Es Krim Mochi - Jepang

Ilustrasi mochi es krim/Copyright shutterstock/Atsushi Hirao

Mochi adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari tumbukan beras ketan yang dimasak menjadi adonan dan dicetak menjadi berbagai bentuk.

Makanan ini berasal dari setidaknya abad ke-10 ketika digunakan dalam upacara keagamaan di Jepang.

Es krim mochi diciptakan pada tahun 1980-an. Es krim ini  dibungkus dengan bagian luar mochi yang kenyal sehingga membuat camilan ini tidak berantakan.

Popularitasnya terus berkembang, dan sekarang kamu dapat menemukan es krim mochi di seluruh dunia

 

2 dari 5 halaman

2. Gelato - Italia

Ilustrasi es krim (Dok.Unsplash)

Konon, rasa gelato pertama diciptakan selama periode Renaissance di Florence oleh seorang alkemis bernama Cosimo Ruggieri. Gelato dibuat hanya dengan krim manis dan tanpa tambahan rasa.

Popularitas Gelato menyebar, meskipun harganya yang tinggi membuatnya menjadi makanan penutup orang kaya.

Gelato baru tersedia untuk masyarakat luas pada tahun 1686, ketika Café Le Procope di Paris mulai menjualnya.

Saat ini, Italia memiliki sekitar 37.000 gelaterie (toko gelato), dan saat ini kamu dapat menemukan mereka menjual es krim ini di seluruh dunia.

3. Kulfi - India

<p>Kulfi (Sumber: Freepik)</p>

Kulfi adalah makanan penutup yang umum di India dan di seluruh Asia Selatan. Kulfi bertekstur kenyal dan creamy. Kudapan ini ada sejak abad ke-16, namanya berasal dari kata Persia qulfi, yang berarti 'cangkir tertutup'.

Saat ini, kulfi biasanya masih dibekukan dalam cetakan berbentuk kerucut dan disajikan sebagai semacam es pop.

Kulfi mengandung krim, rempah-rempah seperti kapulaga dan kadang-kadang bahkan buah untuk menciptakan rasa yang berbeda.

Dalam hal konsistensi, kulfi sangat lembut, mirip dengan apa yang kamu harapkan di toko es krim kelas atas. Namun, tidak seperti kebanyakan es krim, kulfi tidak terlalu manis.

 

3 dari 5 halaman

4. Spaghetti Eis - Jerman

<p>Spaghetti Eis (Wikimedia Commons)</p>

Es krim spageti mungkin terdengar menjijikkan, tetapi sebenarnya es krim ini tidak benar-benar beraroma pasta.

Spaghetti Eis adalah hidangan penutup Jerman yang hanya berupa es krim vanila yang dimasukkan ke dalam mesin spätzle (mi telur Jerman) untuk membentuk bentuk mi.

Diciptakan pada tahun 1969 oleh Dario Fontanella, seorang imigran Italia yang tinggal di Jerman, Spaghetti Eis sekarang disajikan di toko-toko es krim di seluruh negeri.

Mi es krim vanila diberi topping saus stroberi, yang menyerupai saus tomat, dan serpihan cokelat putih untuk mewakili keju parmesan. Hidangan ini secara tradisional disajikan di atas hamparan krim kocok.

Penjual Spaghetti Eis di mengatakan, banyak anak-anak menangis karena mereka mengira mereka mendapatkan spaghetti ketika mereka menginginkan es krim.

5. I-Tim-Pad - Thailand

<p>I-Tim-Pad (Es krim Thailand) (Freepik)</p>

Dikenal di sini sebagai "es krim gulung" atau "es krim goreng," I-Tim-Pad adalah makanan penutup beku populer yang sering dijual oleh pedagang kaki lima Thailand.

Saat ini Es krim gulung telah menjadi es krim yang sangat populer dan dapat di temukan di seluruh dunia.

Bahan dasar susu krim dituangkan di atas cakram logam, yang disebut "pemanggang es," yang didinginkan hingga di bawah titik beku.

Penjual akan menyiapkan es krim menggunakan spatula untuk menyebarkannya di sekitar panggangan es, kemudian buah atau perasa lainnya dicampurkan selama proses pemanggangan dan, saat membeku, penjual memotongnya menjadi potongan-potongan.

Potongan-potongan ini kemudian digulung menjadi produk jadi.

 

4 dari 5 halaman

6. Dondurma - Turki

<p>Dondurma - Es krim khas Turki (Wikimedia Commons)</p>

Es krim Turki, dondurma terkenal karena teksturnya yang keras dan kenyal, elastisitasnya, yang memungkinkannya untuk diregangkan dan dipelintir seperti adonan, dan ketahanannya terhadap pelelehan

Para pedagang dondurma di Istanbul akan bersenang-senang dengan teksturnya yang lentur, memukau orang yang lewat dengan kemampuannya untuk tidak jatuh dari tongkat atau meleleh.

Dondurma terbuat dari susu kambing, yang memberikan rasa dan aroma yang khas. Dondurma dikentalkan dengan salep, tepung yang terbuat dari anggrek. Es krim ini diremas dengan tiang logam yang panjang untuk memberikan ciri khas kelenturannya. 

7. Ais Kacang - Malaysia 

<p>Ais Kacang Malaysia (Wikimedia Commons)</p>

Ais kacang  juga dikenal sebagai ABC (Air Batu Campur) merupakan dessert khas Malaysia yang juga biasa ditemukan di Singapura (disebut es kachang), dan juga di Brunei Darussalam. Ais kacang lebih mirip es yang sering menggunakan susu kental manis sebagai pemanis daripada es krim langsung. Es ini dibuat dengan es serut, kacang merah, jeli, dan sirup serta kacang-kacangan atau buah-buahan seperti mangga dan durian, dapat ditambahkan di atasnya.

 

5 dari 5 halaman

8. Sorbetes - Filipina

<p>Sorbetes (Wikimedia Commons)</p>

Makanan jalanan beku populer lainnya adalah sorbetes, yang menjadi favorit di seluruh Filipina. Secara tradisional dibuat dari susu kerbau asli yang disebut carabao, versi modern sorbetes dapat dibuat dari susu carabao atau susu sapi. Rasa yang populer termasuk mangga, melon, kelapa, alpukat dan stroberi, serta cokelat, kue dan krim, dan bahkan keju.

Sorbetes dijual oleh para penjual yang dikenal sebagai sorbetero yang berkeliling kota dengan gerobak warna-warni. Sorbetes disajikan dalam cone, cangkir dan roti tawar. 

9. Paletas - Meksiko

<p>Paletas (Sumber: Unsplash)</p>

Paletas sekilas mirip dengan es krim pop dengan stik tipis sebagai pegangan. Es khas Meksiko ini terbuat dari buah segar. Paletas hadir dalam dua gaya, berbasis buah dan jus, atau dekaden dan berbasis susu. Kedua jenis paletas ini sangat lezat.

Kopi, kelapa, dan cokelat adalah rasa yang populer, serta paletas dengan rasa seperti chongos zamoranos, yang merupakan makanan penutup Meksiko yang dibuat dengan susu kental, kayu manis, dan gula. Paletas dijual di mana-mana di Meksiko, dan jaringan toko nasional bernama La Michoacana terkenal dengan paletas berbahan dasar susu.