Sukses

10 Tips yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Jatuh Cinta dengan Dua Orang

Bagaimana jika kamu memiliki perasaan terhadap lebih dari satu orang?

Liputan6.com, Jakarta - Cinta berarti memiliki kasih sayang yang penuh gairah untuk orang lain dan tidak ada buku aturan untuk hubungan romantis.

Cinta bisa memiliki arti yang berbeda untuk orang yang berbeda. Selain itu, mencintai seseorang tidak selalu berarti bahwa kamu tidak dapat mengembangkan perasaan untuk orang lain. Lalu, bagaimana jika kamu memiliki perasaan terhadap lebih dari satu orang?

Tentunya itu adalah situasi yang membingungkan, dan kamu mungkin merasa sangat bingung tentang bagaimana memilih, terutama jika salah satu dari mereka sudah menjadi pasanganmu.

Untuk itu, simak beberapa cara untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, tetapi ingatlah bahwa keputusan pada akhirnya ada di tanganmu. Melansir A Conscious Rethink, Kamis (29/12/2022), berikut adalah 10 tips yang akan membantu jika kamu jatuh cinta dengan dua orang.

1. Pertimbangkan bagaimana perasaan kamu sebenarnya

Pertama-tama, kamu perlu mencari tahu bagaimana perasaanmu yang sebenarnya tentang kedua orang ini. Jika kamu merasa jatuh cinta pada mereka, kamu perlu mencari tahu bagaimana perasaan itu terwujud.

Jujurlah dengan dirimu sendiri apakah cinta dengan mereka berdua, atau nafsu? Atau mungkin kamu begitu terbiasa bersama mereka sehingga kamu menganggap kamu mencintai mereka.

2 dari 5 halaman

2. Pertanyakan Seberapa Tulus Perasaanmu

Perasaan itu membingungkan, dan bisa muncul karena berbagai macam alasan. Terkadang, perasaan itu asli dan mencerminkan apa yang sebenarnya terjadi. Di lain waktu, perasaan itu tidak nyata tetapi masih memberi tahu kita sesuatu yang valid.

Jika kamu jatuh cinta dengan dua orang, kamu mungkin mencoba mengisi apa yang hilang pada satu orang dengan ide yang lain.

Misalnya, jika pasanganmu tidak dapat memberi kamu dukungan emosional yang benar-benar kamu butuhkan, kamu mungkin berpikir bahwa Kamu memiliki perasaan terhadap teman yang dapat dan memang memberi kamu dukungan itu.

Memproyeksikan adalah hal yang sangat normal, tetapi bisa membuat segala sesuatunya menjadi sangat membingungkan, dan bisa jadi sulit untuk mengetahui kapan sesuatu itu asli dan kapan kita benar-benar hanya berfokus pada gagasan atau konsep orang lain, atau hubungan yang berbeda.

Jika perasaanmu untuk satu orang terkadang cukup goyah, kamu mungkin sangat menyukai gagasan stabilitas. Hal ini dapat menyebabkan kamu mencari kualitas itu di tempat lain, dan mungkin berarti kamu kemudian berfantasi tentang seseorang yang dapat memberimu stabilitas itu.

Semakin buruk keadaan dengan pasangan Anda, semakin kamu mendambakan seseorang yang dapat membuatmu merasa aman, dan semakin besar kemungkinan kamu mentransfer kebutuhan itu ke orang lain, dan kemudian meyakinkan diri sendiri bahwa kamu memiliki perasaan untuk mereka.

Tentu saja, perasaan kamu terhadap kedua orang itu mungkin sangat nyata. Kamu mungkin benar-benar jatuh cinta pada mereka berdua.

3 dari 5 halaman

3. Cari Tahu Jenis Cinta yang Kamu Rasakan

Kita semua mencintai orang yang berbeda dengan cara yang berbeda, entah itu teman, anggota keluarga, atau pasangan romantis.

Setiap hubungan romantis yang kita miliki akan berbeda, dan kita akan merasa dan bertindak secara berbeda karenanya. Kepribadian kita dapat berubah ketika kita bersama orang-orang tertentu, karena mereka mungkin memunculkan sifat-sifat yang berbeda dalam diri kita.

Setiap hubungan berkembang dari waktu ke waktu, dan jenis cinta yang kamu miliki dengan pasanganmu lima tahun yang lalu kemungkinan besar akan berbeda dengan jenis cinta yang kamu miliki dengan mereka sekarang.

Jika kamu merasa jatuh cinta dengan dua orang pada saat yang sama, kamu perlu mencari tahu jenis cinta apa yang kamu miliki untuk mereka berdua sebelum kamu tahu cara menanganinya.

 

 

4. Pertimbangkan dengan siapa kamu paling cocok

Pikirkan dengan siapa kamu paling cocok dan bagaimana segala sesuatunya bisa berjalan pada tingkat praktis. Pikirkan seperti apa hubungan yang kamu inginkan, dan siapa yang terbaik.

Mungkin pasanganmu saat ini bukanlah seseorang yang kamu lihat untuk menjalin hubungan jangka panjang denganmu karena kamu memiliki tujuan dan nilai yang berbeda, dan orang lain jauh lebih selaras dengan apa yang kamu inginkan untuk pasangan jangka panjang.

Demikian pula, mungkin kamu akan menyadari bahwa salah satu dari mereka sangat menarik dan menggairahkan, tetapi tidak akan cukup stabil dan pandai berkomunikasi untuk sesuatu yang bersifat jangka panjang.

Kamu harus jujur dengan diri sendiri, sehingga kamu bisa bersikap terbuka dan rentan sebagaimana yang diperlukan untuk membuat keputusan. 

 

4 dari 5 halaman

5. Cari Tahu Apa yang Benar-benar Kamu Inginkan dari Kehidupan

Kamu mungkin saat ini merasa seperti kamu hanya memiliki dua pilihan. Hal ini dapat membuat segalanya menjadi rumit, karena kamu memilih di antara dua orang tertentu dengan serangkaian ciri-ciri kepribadian tertentu.

Daripada berfokus pada apa yang bisa ditawarkan kedua orang ini, pikirkan tentang apa yang sebenarnya kamu inginkan, terlepas dari dua pilihan ini.

Buatlah daftar semua hal yang kamu inginkan dalam suatu hubungan, bukan hanya dari hubungan yang tersedia untuk kamu saat ini.

Kamu mungkin menyadari bahwa satu orang sudah memenuhi semua kotak, atau mungkin menemukan bahwa tidak satu pun dari mereka sebenarnya adalah apa yang benar-benar kamu inginkan.

Ketika kita memiliki perasaan terhadap lebih dari satu orang pada satu waktu, kita terjebak dalam memilih di antara mereka berdua sehingga kita lupa tentang dunia lainnya.

Jangan batasi dirimu, kamu mungkin memiliki perasaan terhadap dua orang karena tidak satu pun dari mereka dapat memberikan semua yang kamu inginkan atau butuhkan.

Itu berarti bahwa tidak satu pun dari mereka cukup tepat untukmu, sehingga kamu dapat mulai mencari di tempat lain dan menemukan seseorang yang cukup untukmu dalam satu orang mereka, sehingga menghilangkan kebutuhanmu untuk mengisi kekosongan seseorang dengan orang lain. 

 

5 dari 5 halaman

6. Jujurlah dengan Mereka Keduanya

Jujur mungkin berarti memberi tahu pasanganmu bahwa kamu memiliki perasaan terhadap orang lain. Hal ini sangat sulit karena mirip dengan mengakui perselingkuhan emosional.

Kamu perlu memikirkan dengan hati-hati tentang cara terbaik untuk mendekatinya, dan mempertimbangkan perasaan mereka.

Jika kamu tidak menjalin hubungan dengan salah satu dari mereka, ini akan lebih mudah. Jika kamu mencoba untuk memilih di antara dua orang, tidak adil untuk membuat mereka berdua menggantung pada tali sementara mereka menunggu kamu untuk membuat keputusan.

Dengan memberi tahu mereka bagaimana perasaanmu, kamu membiarkan dirimu menjadi rentan, yang bisa terasa sangat menakutkan. Ingatlah bahwa kamu melakukan hal ini untuk menghormati mereka, dan, jika mereka sepadan dengan waktumu, mereka akan mencoba memahami hal itu dan membiarkanmu mengambil keputusan sendiri.

 

7. Tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu sebenarnya hanya mencari pelarian

Seperti yang disebutkan di atas beberapa perasaan yang kita kembangkan untuk orang lain didasarkan pada gagasan tentang mereka, bukan orang yang sebenarnya. 

Ini sering terjadi ketika kita merasa kesepian atau sedih, atau ketika berada dalam hubungan yang tidak memuaskan.

Kita melihat orang lain untuk mengisi kekosongan dan mengakomodasi apa yang hilang. Jika kamu sering menemukan dirimu mengalami perasaan terhadap orang yang bukan pasanganmu, itu mungkin karena kamu mencari alasan untuk pergi.

Jika kamu secara teratur mencari di tempat lain, termasuk dalam urusan emosional (atau fisik), kamu mungkin mencoba mencari alasan untuk memutuskan hubungan dengan pasanganmu. Apa pun itu, itu adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan.

Berbicaralah dengan orang yang kamu percayai, dan mempertimbangkan konseling dengan seorang ahli hubungan yang berpengalaman untuk mendapatkan pendapat yang objektif yang perlu dipertimbangkan.