Sukses

7 Rekor Fantastis yang Bikin Pele Jadi Legenda Sepak Bola

Prestasi yang diraih Pele juga tidak main-main, sehingga dirinya layak disebut sebagai legenda dan tokoh yang merevolusi sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta - Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele meninggal di usia 82 tahun setelah beberapa tahun terakhir berjuang melawan kanker, yang diidapnya. 

Selama berkarier menjadi pemain sepak bola, dirinya menjadi tokoh yang merevolusi dunia sepak bola dalam 80 tahun terakhir. Lantaran pengaruhnya dan perannya yang besar di dunia bola.

Selain itu, prestasi yang diraih sang legenda ini juga tidak main-main, sehingga dirinya layak disebut sebagai legenda dan tokoh yang merevolusi sepak bola. 

Melansir dari HITC, Jumat (30/12/2022), di balik kepergian ikon global sepak bola tersebut, rupanya Pele pernah mencetak setidaknya tujuh rekor yang paling mengesankan sepanjang masa.

1. Pemenang Piala Dunia Termuda

Ketika Pele dipilih oleh Brasil untuk Piala Dunia 1958, pada usia 17 tahun, dia menjadi pemain termuda yang masuk dalam skuat Piala Dunia. Ketika dia menjadi starter di pertandingan grup ketiga Brasil, dia menjadi pemain termuda yang bermain di Piala Dunia.

Meski secara total, ada empat pemain yang lebih muda dari Pele telah bermain di Piala Dunia setelah tahun 1958, tapi tidak ada yang memenangkan turnamen tersebut, atau bahkan mencapai semifinal.

Saat 1958, Pele mencetak dua gol di final dan menjadikannya pemain termuda yang mencetak gol di final Piala Dunia. 

Pele berhasil membawa  pulang trofi Jules Rimet, sebagai pencetak gol terbanyak untuk negaranya, hal ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekor Pencetak Gol Brasil dan Assist Piala Dunia Terbanyak

2. Rekor Pencetak Gol Brasil

Dari semua rekor Pele yang masih bertahan, inilah yang kemungkinan besar akan dipecahkan dalam waktu dekat. Pele mencetak 95 gol dalam 114 pertandingan untuk Brasil, dan 77 gol dari 92 pertandingan resmi yang diakui FIFA. 

Dihitung pada tahun 2020, Neymar baru berusia 28 tahun, dan dia sudah mencetak 61 gol dari 101 caps. Tentu saja, rasio gol per pertandingan Neymar secara signifikan lebih buruk daripada Pele.

Tujuh puluh tujuh gol internasional yang dicetak Pele menjadikannya bukan hanya pencetak gol terbanyak Brasil sepanjang masa, tetapi juga yang tertinggi secara internasional di Amerika Selatan dan keenam dalam grafik dunia.

3. Assist Piala Dunia Terbanyak

Pele berhasil mencetak rekor assist terbanyak dalam sejarah Piala Dunia, terutama saat final Piala Dunia. Secara total, Pele membuat 10 assist di putaran final Piala Dunia, tujuh di antaranya terjadi pada Piala Dunia 1970.

Sepanjang tahun 2020, orang yang paling dekat dengan rekor Pele adalah Lionel Messi dengan enam assist.

3 dari 4 halaman

Trofi Piala Dunia Terbanyak dan Ballon d'Or Terbanyak

4. Trofi Piala Dunia Terbanyak

Piala Dunia telah lama dan masih dianggap sebagai trofi paling bergengsi dan keramat di dunia sepak bola. Ketika Pele tampil di Piala Dunia pada usia 17 tahun di Swedia, Brasil tidak pernah memenangkan trofi sepak bola yang paling didambakan.

Pele berhasil menjadikan Brasil sebagai pemenang Piala Dunia pada tahun 1958, 1962 dan 1970. Pada tahun 1958 dan 1970, Pele bisa dibilang sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut.

5. Ballon d'Or Terbanyak

Pada tahun 2016, untuk merayakan Ballon d'Or yang berusia 60 tahun, France Football memutuskan untuk kembali dan melihat siapa yang akan memenangkan penghargaan individu paling bergengsi di sepak bola seandainya itu menjadi penghargaan global sejak awal.

Mereka memutuskan bahwa dalam 12 dari 39 tahun sebelum orang non-Eropa memenuhi syarat, pemenangnya akan berbeda. 12 pemenang baru termasuk Romario, Mario Kempes, Garrincha, Diego Maradona dua kali, dan Pele tujuh kali.

Rekor ini mungkin akan tersalip oleh Lionel Messi yang sekarang sudah memegang enam Ballon d'Or. 

4 dari 4 halaman

Hat-Trick Piala Dunia Termuda dan Hat-Trick Terbanyak

6. Hat-Trick Piala Dunia Termuda

Ada beberapa rekor termuda yang dibuat Pele, khususnya saat Piala Dunia 1958. Melawan tim Prancis yang luar biasa, Pele mencetak hat-trick 23 menit dalam kemenangan 5-2.

Di usianya yang baru 17 tahun itu membuatnya menjadi pemain termuda yang mencetak tiga gol sekaligus di Piala Dunia, dan sejak saat itu tidak ada pemain yang mampu menyamainya.

7. Hat-Trick Terbanyak

Dalam pertandingan yang diakui secara resmi oleh FIFA, CONMEBOL, dan semua badan pengurus, Pele mencetak 92 hat-trick yang luar biasa termasuk pertandingan persahabatan, piala dunia, testimonial, dan kickabouts.

Itu adalah penghitungan yang monumental, dan 92 hat-trick sama dengan 276 gol, yang berarti Pele mencetak lebih banyak gol dalam 92 pertandingan itu daripada yang dicetak kebanyakan striker selama karier mereka. 

Dihitung pada tahun 2020 Cristiano Ronaldo yang berusia 35 tahun, memiliki total 56 hat-trick dalam kariernya, sementara Lionel Messi yang berusia 32 tahun memiliki 53 kali hat-trick. Karier mereka kemungkinan akan mampu memecahkan rekor Pele.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.