Sukses

Pele Meninggal Dunia, Pesan Duka Lionel Messi Malah Tuai Pro dan Kontra

Dalam unggahan Instagramnya @leomesai, kapten Timnas Argentina ini menulis "VerifiedDescansa en paz (Beristirahat dalam damai) @pele."

Liputan6.com, Jakarta Pele legenda sepak bola Brasil baru saja meninggal dunia. Pele meninggal di usia 82 tahun.

Menyusul berita duka Pele, banyak bintang sepak bola menyampaikan pesan belasungkawanya melalui media sosial mereka. Seperti Neymar Jr, Kylian Mbappe, atau Cristiano Ronaldo.

Dari banyaknya pesan-pesan tersebut, pesan Lionel Messi adalah salah satu yang menarik perhatian para penggemar sepak bola.

Dalam unggahan Instagramnya @leomessi, kapten Timnas Argentina ini menulis "VerifiedDescansa en paz (Beristirahat dalam damai) @pele."

Banyak yang menilai pesan Messi terlalu pendek dan "kurang" pantas. Tidak seperti pesan pesepak bola lainnya yang terlihat lebih bermakna.

"Messi cukup arogan. Dia tidak menggunakan kata Raja atau GOAT (terbaik sepanjang masa) untuk Pele. Dia memastikan untuk menghindari kata-kata itu dengan hati-hati," tulis salah satu warganet.

"Saya tahu Lionel Messi berbicara seperti anak berusia 4 tahun dengan palet sumbing, tetapi Anda akan mengira Tim PR (humas)-nya dapat menulis sesuatu yang lebih menghormati Pele. Cristiano Ronaldo, Mbappe & Neymar menulis pesan kepada GOAT sesuai dengan warisannya…," tulis warganet lain.

"Apa Messi tidak bisa menulis lebih panjang? Apa dia tidak bisa menambahkan sesuatu lagi? Messi hanya peduli pada Maradonna?" tulis warganet lainnya.

"Messi harus ingat dia hanya punya satu Piala Dunia. Pele punya tiga. Messi harus lebih menghormatinya. Tulis sesuatu yang lebih panjang, Messi!"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Masalah

Di sisi lain, banyak yang membela Messi dengan menyebut walau pesannya pendek, pesan itu jauh lebih bermakna.

Para penggemar berkata seperti itu berasumsi bahwa pesan Messi benar ditulis oleh dirinya, bukan tim media sosial seperti bintang sepak bola lainnya.

"Untuk semua orang yang membenci pesan Messi. Ingatlah kalau ini adalah sosial media. Messi menulis pesannya sendiri, pemain yang lain ditulis oleh tim media sosial mereka," tulis salah satu warganet.

"Messi menyampaikan pesan yang lebih sedikit, tapi lebih jujur," tulis warganet lain.

"Saya cukup yakin Messi menjangkau keluarga secara pribadi, tetapi karena rasa hormat Messi juga masih memposting tentang dia (Pele) idk (entahlah)," tulis warganet lainnya lagi.

3 dari 4 halaman

Pele

Pele lahir pada 23 Oktober 1940. Pele bernama asli Edson Arantes do Nascimento.

Dilansir dari BBC, Pele meninggal dunia di rumah sakit Albert Einstein, San Paolo, Brasil. Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Pele diketahui telah mengidap kanker usus besar dan telah dilarikan ke rumah sakit sejak 29 November 2022 silam.

Sang legenda juga didiagnosa menderita infeksi pada paru. Pemegang 3 gelar Piala Dunia itu diketahui juga mengalami gangguan ginjal dan jantung.

4 dari 4 halaman

Pele dan Brasil

Pele dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Ia bahkan membantu Brasil memenangkan Piala Dunia tiga kali, yakni pada edisi 1958, 1962, dan 1970.

Pele menjadi terkenal di dunia internasional pada usia 17 tahun ketika dirinya mencetak enam gol untuk Brasil di Piala Dunia 1958, termasuk dua gol di final di mana Brasil mengalahkan tuan rumah, Swedia, untuk memenangkan gelar dunia pertama mereka.

Sang legendaris juga merupakan pencetak gol terbanyak timnas Brasil sepanjang masa, dengan perolehan 77 gol dalam 92 pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.