Sukses

7 Cara Membahagiakan Diri Sendiri, Tak Perlu Bergantung dengan Orang Lain

Berikut ini adalah deretan cara untuk membahagiakan diri sendiri tanpa perlu bergantung dengan orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Segelintir individu suka menghabiskan waktu dengan diri mereka sendiri, sementara bagi orang lain itu adalah hal yang paling mengerikan. 

Mereka tidak menyukai setiap saat yang harus mereka habiskan di rumah sendirian dan sering mencari cara untuk menghindari situasi seperti itu. Masalah ini lebih sering terjadi pada ekstrovert dibandingkan dengan introvert. 

Individu ekstrovert senang bersosialisasi dan suka dikelilingi oleh orang-orang. Jadi, bagi mereka hidup sendiri adalah tugas yang paling menantang. Sendirian bukan berarti kamu kesepian.

Terlepas dari apa pendapat Anda tentang menyendiri, itu sebenarnya adalah praktik yang sehat. Ini adalah kesempatan untuk mengenal diri sendiri lebih baik, meningkatkan kesehatan mental, dan membangun hubungan yang baik dengan diri sendiri.

Dilansir dari Times of India, Kamis (5/1/2023), ada tujuh cara untuk membahagiakan diri sendiri tanpa perlu bergantung dengan orang lain. Berikut ulasannya:

1. Belajar sesuatu yang baru

Kebanyakan orang benci sendirian karena mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan di waktu luang mereka. Cara terbaik untuk menghabiskan waktu Anda adalah dengan terlibat dalam aktivitas baru atau mempraktikkan hobi. Baik itu membaca, melukis atau menari.

Luangkan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai dan nikmati. Ini akan membantu Anda terhubung dengan diri sendiri dengan cara yang lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hindari membandingkan diri dengan orang lain

Salah satu alasan ketidakbahagiaan adalah perbandingan. Menguntit teman dan anggota keluarga Anda di media sosial dan membandingkan hidupmu dengan kehidupan mereka hanya akan menimbulkan kekecewaan. 

Anda harus ingat bahwa setiap individu berbeda dan mereka memiliki perjuangan yang berbeda untuk dilakukan. Mengunggah foto bahagia di media sosial bukan berarti mereka benar-benar bahagia. Cobalah untuk tidak mengukur kebahagiaan Anda dengan orang lain.

3. Beristirahatlah dari media sosial

Media sosial telah terbukti menjadi anugerah saat ini. Itu sebenarnya telah membuat dunia lebih kecil di mana Anda dapat terhubung dengan orang-orang yang duduk di benua lain hanya dengan mengklik satu tombol. 

Tapi ini juga menimbulkan tingkat kecemasan dan stres di antara orang-orang. Jika Anda berniat untuk tetap bahagia dan menghabiskan waktu berkualitas dengan diri sendiri, istirahatlah dari media sosial dari waktu ke waktu.

3 dari 4 halaman

4. Memanjakan diri sendiri

Sementara berkutat dengan kesibukan kita, kita hampir tidak menemukan waktu untuk diri kita sendiri. Memberikan waktu untuk diri sendiri dan memanjakan diri sendiri dapat membantu untuk rileks dan meremajakan diri.

Pergilah untuk sesi spa atau nikmati sarapan pagi yang lezat di restoran favoritmu. Beristirahat dari waktu ke waktu dari jadwalmu adalah salah satu cara terbaik untuk tetap bahagia. 

5. Tetap aktif

Kita sering meremehkan pentingnya olahraga teratur, padahal ini adalah salah satu aktivitas penting yang membantu Anda tetap bahagia dan sehat. Berolahraga membantu melepaskan endorfin, neurotransmiter di otak Anda yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia.

Meskipun Anda tidak melakukan rutinitas olahraga formal, tetap aktif secara fisik sepanjang hari dapat membantumu mendapatkan kepercayaan diri.

4 dari 4 halaman

6. Habiskan waktu di alam

Ini mungkin terdengar sangat umum, tetapi menghabiskan waktu di alam terbuka adalah salah satu cara terbaik untuk tetap bahagia.

Apakah Anda lebih suka berjalan-jalan di taman atau bersepeda jauh? Aktivitas apapun yang membuat Anda dekat dengan alam baik untukmu. Menghabiskan waktu dengan alam membantu memperbaiki gejala depresi dan menurunkan tekanan darah.

7. Lebih sering mensyukuri segala hal yang dimiliki

Studi menunjukkan bahwa mengungkapkan rasa terima kasih dapat meningkatkan kebahagiaan dan harapan. Luangkan waktu untuk menyiapkan daftar hal-hal yang benar-benar Anda hargai dan syukuri dalam hidup Anda. Setiap kali Anda merasa sedih, lihat daftarnya dan ingatkan diri Anda tentang semua yang Anda miliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.