Sukses

4 Kebiasaan Pagi yang Bikin Gemuk, Segera Sadar dan Berubah!

Momen bangun tidur di pagi hari merupakan awalan untuk kamu melakukan banyak hal di hari itu. Makanya, penting untuk membangun kebiasaan baik.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu seseorang yang memiliki masalah berat badan? Sudah mengurangi jumlah porsi makan dan bahkan tidak mengonsumsi fast food, namun berat badan tak kunjung turun. Mungkin sumber masalahnya ada di kebiasaan pagimu yang kurang sehat. 

Momen bangun tidur di pagi hari merupakan awalan untuk kamu melakukan banyak hal di hari itu. Makanya, penting untuk membangun kebiasaan baik saat kamu masih mengantuk dan mata masih buram. Bila kebiasaan buruk yang dipelihara, bersiaplah merasakan dampak negatifnya, termasuk masalah berat badan.

Lantas apa saja kebiasaan pagi yang ternyata bikin gemuk? berikut ulasannya.

Tidur Terlalu Lama 

Sebuah studi di jurnal PLOS One, menemukan bahwa seseorang yang tidur lebih dari 10 jam dalam semalam, memiliki risiko kenaikan berat badan lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam dalam semalam. 

Itu disebabkan karena tubuh memiliki waktu yang kurang untuk membakar kalori, dari bergerak, terkena sinar matahari, dll. Dengan terlalu lama berbaring di atas kasur, membuat tubuh mengubah kalori menjadi lemak. 

Kurang Terkena Sinar Matahari 

Sinar matahari yang terpancar di pagi hari itu mengandung vitamin d yang terkenal bagus untuk kesehatan tulang. Selain itu, dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi saja dapat menurunkan berat badan, Lho! 

Pernyataan itu hadir dari sebuah penelitian dalam jurnal PLOS One, yang mendapatkan bahwa dengan hanya berjemur selama 20 hingga 30 menit di waktu pagi, dapat mempengaruhi penurunan berat badan seseorang. 

Itu terjadi karena dengan terkena panas sinar matahari di waktu pagi, kandungan sel lemak putih yang berada di bawah kulit akan terbakar. Namun akan lebih baik lagi jika kamu berjemur sambil melakukan gerakan olahraga. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Terbiasa Merapikan Tempat Tidur 

Mungkin kamu merasa bingung saat awal membacanya, apa hubungannya tidak terbiasa merapikan tempat tidur, dapat menambah berat badan? Ini bisa terjadi karena saat kamu terbiasa menata tempat tidur di pagi hari, akan memunculkan perilaku baik lainnya. Seperti mengemas makan siang yang sehat, mampu mengontrol hawa nafsu untuk tidak mengonsumsi junk food, dan lain-lain

Survei National Sleep Foundation menemukan bahwa tidur dalam kondisi tempat tidur yang rapi, membuat 19 persen tidur lebih nyenyak dibanding mereka yang tidur dengan kondisi kasur yang berantakan. 

Melewati Waktu Sarapan 

Mungkin kamu sering mendengar, “Jangan keseringan sarapan, bikin gemuk,” ini keliru, Ya! Sarapan adalah waktu yang tidak kamu lewati di pagi hari. Sebab, saat kamu melewati waktu makan pagi justru akan memicu rasa lapar yang berlebih, dan makan jadi tidak terkontrol di waktu siang. 

Itulah beberapa kebiasaan pagi yang harus kamu hindari, untuk terhindar dari masalah kelebihan berat badan. 

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.