Sukses

7 Hal yang Bisa Anda Pelajari dari Toxic Relationship

Berikut beberapa pelajaran cinta yang bisa Anda pelajari dari toxic relationship.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menjalani hubungan asmara tak semua orang beruntung dapat memiliki hubungan yang sehat. Banyak pula yang sebagian justru terjebak dalam hubungan yang buruk dan beracun atau toxic relationship

Rupanya ada banyak pelajaran hidup tentang cinta sejati yang bisa dipelajari dari hubungan yang tidak sehat loh. Pelajaran ini akan mempersiapkan Anda untuk sukses ketika Anda menemukan orang yang tepat.

Tapi, pelajaran apa yang kamu pelajari? Beberapa di antaranya mungkin bukan hal pertama yang Anda pikirkan saat mencari cinta sejati, tetapi itu penting. Dilansir dari Yourtango, Selasa (10/1/2023), berikut adalah 7 pelajaran cinta yang bisa Anda pelajari dari toxic relationship.

1. Pelajari seperti apa toxic relationship itu

Dalam hubungan yang toxic umumnya ada sinyal-sinyal yang perlu kalian waspadai. Sinyal tersebut menunjukkan bahwa ada sesuatu yang buruk di depan. Sayangnya, seringkali kita mengabaikan mereka. 

Seperti apa red flags dalam hubungan yang beracun? Contohnya seperti dia sering membicarakan mantannya atau dia memiliki hubungan yang buruk dengan ibunya.

Mungkin dia menyatakan bahwa dia tidak menginginkan hubungan yang serius atau tidak memiliki anak. Atau mungkin dia memberi tahu Anda bahwa teman laki-laki Anda itu harus pergi.

Mudah-mudahan, hubungan yang tidak sehat akan membantu Anda menyadari bahwa tanda bahaya itu bisa akurat dan bahwa, jika Anda hanya memperhatikannya di awal, Anda bisa terhindar dari rasa sakit yang sangat besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Tahu apa yang tidak boleh dilakukan

Satu pelajaran yang bisa dipetik dari berada dalam hubungan yang beracun adalah apa yang tidak boleh dilakukan lain kali. Banyak dari kita memiliki perilaku yang kita ulangi dalam setiap hubungan, dan banyak dari kita berada dalam hubungan beracun karena itu.

Bagi banyak orang, kita cenderung mempersonalisasi hal-hal yang terjadi dalam suatu hubungan. Jadi, jangan tersinggung ini bukan tentang Anda. Hal lain yang cenderung dilakukan orang dalam hubungan yang tidak sehat adalah bersikap pasif agresif dan memusuhi.

Alih-alih menghadapi masalah secara langsung, banyak dari kita membuat komentar sinis, berharap pasangan kita akan mendengar ketidakpuasan kita dan menindaklanjutinya.

Ini hanyalah dua perilaku yang menggagalkan banyak hubungan. Ada yang lain. Perhatikan baik-baik apa peran Anda dalam hubungan ini hubungan yang tidak sehat jarang terjadi karena perilaku satu orang. 

3 dari 7 halaman

3. Tahu bahwa kita tak harus selalu mendukung pasangan

Pernahkah Anda berada dalam hubungan dan Anda mencoba menyelamatkannya dengan bersikap suportif? Banyak dari kita, khususnya wanita, percaya bahwa jika kita dapat mendukung pribadi kita, hubungan itu akan bertahan.

Jika Anda terus memalingkan muka saat pasanganmu mengabaikan Anda karena pekerjaan atau membentak Anda karena rasa tidak amannya sendiri, Anda memberi tahu pasanganmu bahwa perilakunya baik-baik saja.

Dan jika pasanganmu menganggap perilakunya baik-baik saja, mereka tidak akan pernah berubah. Jika pasangan Anda memiliki perilaku yang membuatmu tidak bahagia, berhentilah mendukungnya. Yang seharusnya dilakukan ialah berbicara dengan mereka atau berjalan pergi meninggalkannya.

4 dari 7 halaman

4. Tahu sifat apa yang Anda inginkan dari pasangan

Salah satu pelajaran paling jelas untuk dipelajari dari hubungan yang toxic adalah apa yang sebenarnya Anda inginkan dari seorang pasangan. Bahkan ketika kita berpegang pada orang-orang beracun, kita mulai melihat dengan sangat jelas kekurangan mereka dan oleh karena itu, kita dapat memahami apa yang idealnya kita inginkan jika kita menguasai dunia.

Seperti contoh ketika Anda memiliki seorang pria yang dicintai yang pemarah, yang hidup dengan banyak ketakutan dan yang keluar masuk pekerjaan. Anda mungkin mencintainya tapi Anda menderita.

Ketika Anda akhirnya melepaskan diri dari hubungan itu, Anda mulai mencari seorang pria yang tahu siapa dia, yang sabar, baik hati, dan mantap. Jadi, apa yang Anda inginkan dari pasangan? Buatlah daftar, tuliskan, dan carilah dari pasangan selanjutnya.

5 dari 7 halaman

5. Melepaskan bukanlah menyerah

Ada dua orang dalam suatu hubungan dan selama Anda satu-satunya yang berusaha, atau bahwa upaya yang Anda berdua lakukan tidak berhasil, maka itu bukan masalah yang bisa diatasi dan harus dilepaskan.

Anda hanya dapat mengontrol upaya Anda sendiri tetapi Anda tidak dapat mengontrol orang lain. Bukan menyerah jika pasangan Anda tidak memberikan segalanya juga.

Ketahuilah bahwa Anda dapat melepaskan cinta yang tidak melayani Anda dan harus terus melanjutkan hidup dengan kepala tegak dan mengetahui bahwa Anda telah melakukan yang terbaik.

6 dari 7 halaman

6. Waspadai seberapa kuat Anda

Bagi kita yang selamat dari hubungan yang toxic, kita tahu seberapa kuat kita. Dengan memiliki ketabahan untuk melepaskan cinta yang tidak melayani Anda, Anda mendapatkan kembali kekuatan Anda sendiri, kekuatan yang mungkin hilang dalam perjuangan yang merupakan hubungan buruk Anda.

Bicaralah dengan seseorang yang telah melarikan diri dari situasi yang buruk dan Anda akan melihat seseorang yang mungkin sedih, mungkin sangat sedih, tetapi seseorang yang merasa kuat telah mampu melakukannya.

Melepaskan hubungan yang tidak sehat sangatlah sulit, jadi lakukanlah dan Anda akan merasa lebih kuat dari sebelumnya.

7 dari 7 halaman

7. Sendiri lebih baik daripada tidak bahagia

Satu hal yang bisa menjadi sangat jelas saat Anda berada dalam hubungan yang toxic adalah betapa lebih baik menyendiri daripada bersama seseorang yang membuat Anda sengsara.

Tidak ada yang lebih buruk daripada hari demi hari menderita karena berada dalam hubungan yang tidak sehat. Sementara Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan saat sendiri. Dan, meskipun Anda mungkin merasa sedih karena sendirian, tapi itu tidak sesengsara yang mungkin Anda rasakan jika Anda menghabiskan hari-hari Anda berjuang dengan hubungan yang buruk.

Mempelajari pelajaran cinta dari hubungan yang tidak sehat adalah bagian penting untuk menemukan cinta dan kebahagiaan. Tujuannya adalah untuk tidak mengulang sejarah, tidak dengan perilaku dan tidak dengan hubungan.

Tujuannya adalah untuk belajar dari kesalahan kita dan bergerak maju untuk menemukan kesuksesan di masa depan.

Jadi, perhatikan baik-baik semua toxic relationship yang Anda alami dalam hidup Anda dan catat pelajaran apa yang telah Anda pelajari sehingga Anda dapat melakukan berbagai hal secara berbeda di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.