Sukses

9 Makanan Favorit Bisa Ungkap Kepribadian Anda Secara Umum

Sebuah penelitian menyatakan bahwa selera makan seseorang mungkin bisa mengungkap tentang kepribadian mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita yang mungkin mengenal seseorang dengan preferensi makanan yang tidak biasa atau ekstrem. Mungkin mereka menuangkan garam ke segala makanan. Bisa juga mereka makan kue untuk makan malam. Atau, mereka meminta kepedasan maksimal di semua makanan mereka.

Apakah ini hanya preferensi? Atau mungkinkah itu bisa mengungkapkan lebih banyak tentang kepribadian seseorang?

Sebuah artikel di laman Science Direct tahun 2022, mengulas penelitian terkini tentang kepribadian dan preferensi makanan seseorang. 

Hal itu menyatakan sembilan hal yang mungkin diungkapkan oleh selera makan seseorang tentang kepribadian mereka. Berdasarkan penelitian tersebut, berikut ulasannya dilansir dari Psychology Today, Kamis (12/1/2023).

1. Makanan pahit

Jika suka makanan pahit, Anda mungkin orang yang “pahit” pula. Dengan kata lain, Anda mungkin memiliki tingkat sifat antisosial atau psikopat yang lebih tinggi. 

Sebuah studi melakukan survei terhadap 953 orang Amerika dan menemukan bahwa setelah mengendalikan preferensi untuk rasa manis, asam, dan asin, preferensi untuk makanan pahit memprediksi sifat antisosial, khususnya psikopati, agresi, dan terutama kesadisan sehari-hari, atau mengalami kesenangan dari rasa sakit orang lain dalam kehidupan sehari-hari.  

Selain itu, preferensi untuk rasa pahit dikaitkan secara negatif dengan keramahan. Preferensi ini bertentangan dengan naluri biologis, karena kepahitan sering kali menunjukkan toksisitas. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan bahwa preferensi pahit dapat dipelajari.

Misalnya, orang yang lebih psikopat mungkin menikmati makanan pahit karena rasa tidak enak yang ditimbulkan oleh makanan tersebut kepada orang lain. Selain itu, makan makanan pahit telah ditemukan dalam penelitian sebelumnya dapat menyebabkan permusuhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Makanan manis

Jika suka makanan manis, Anda mungkin orang yang penyayang. Berbeda langsung dengan preferensi pahit, preferensi untuk rasa manis dikaitkan dengan prososialitas yang lebih besar.

Kami lebih jauh menstereotipkan mereka yang menyukai makanan manis sebagai orang yang lebih ramah. Seperti makanan pahit, ada hubungan dua arah antara makanan manis dan kepribadian sehingga makan makanan manis bisa membuat kita lebih menyenangkan dan suka membantu.

Para peneliti menunjukkan bahwa rasa manis secara universal menghibur dan bermanfaat, dan kita sering menyebut orang yang kita cintai dengan nama panggilan manis seperti “sweetheart,” “sweetie pie,” dan “honey bun.

3. Makanan sehat

Jika suka makan makanan sehat, Anda mungkin orang yang terbuka, ekstrovert, atau teliti, atau Anda mungkin lebih bahagia.

Sebuah studi terhadap lebih dari 1.000 orang dewasa muda menemukan bahwa makan buah dan sayuran terkait dengan keterbukaan yang lebih besar, ekstraversi, dan pada tingkat yang lebih rendah, kesadaran; tetapi bukan neurotisme atau keramahan. 

Para peneliti berpendapat bahwa orang yang lebih cerdas, ingin tahu, dan bersosialisasi memilih makanan yang lebih sehat, mungkin karena orang dengan sifat ini lebih bersedia bereksperimen dengan buah dan sayuran yang berbeda.

Selain itu, sebuah studi terpisah menemukan bahwa orang yang berada dalam suasana hati yang lebih positif lebih menyukai makanan yang lebih sehat.

3 dari 4 halaman

4. Makanan pedas

Anda mungkin lebih hebat dalam menahan rasa pedas. Ada sesuatu yang mendebarkan tentang mendorong diri sendiri hingga batasnya. Dalam banyak budaya, laki-laki lebih cenderung didorong ke tingkat ekstrim seperti itu dalam hal pedas.

Oleh karena itu, sebuah penelitian laboratorium terhadap 114 pria menemukan bahwa mereka yang memiliki testosteron air liur lebih banyak menggunakan lebih banyak saus tabasco pada makanan mereka.

5. Makanan yang berbahaya seperti alkohol atau kerang

Anda mungkin lebih suka mencari sensasi. Sebuah studi terhadap 303 peserta menemukan melalui kuesioner bahwa orang yang lebih menyukai makanan/minuman yang berpotensi berbahaya (yaitu, makanan yang dapat membuat kita sakit), termasuk alkohol dan kerang, lebih tinggi dalam mencari sensasi.

4 dari 4 halaman

6. Makanan hambar

Anda mungkin lebih rendah dalam mencari sensasi. Tidak mengherankan, penelitian yang sama menemukan bahwa orang yang lebih suka makanan hambar, atau makanan "aman" (yaitu, makanan yang tidak akan membuat kita sakit), seperti roti dan jagung, lebih rendah dalam mencari sensasi.

7. Kafein

Anda mungkin lebih hebat dalam mencari sensasi. Sebuah studi laboratorium terhadap 20 orang dewasa menemukan bahwa preferensi kafein memprediksi pencarian sensasi yang lebih besar, mungkin karena efek stimulasi kafein.

8. Makanan asin

Anda mungkin lebih menyukai hal baru. Sayangnya, temuan aneh ini belum dijelaskan dan harus direplikasi dalam penelitian selanjutnya.

9. Memilah makanan

Anda mungkin lebih cemas. Pilih-pilih makan mencerminkan kepribadian cemas. Sebuah studi terhadap 318 mahasiswa menemukan bahwa individu yang lebih cemas memiliki jumlah penolakan makanan yang lebih besar, mungkin karena neurotisisme dan kurangnya "kontrol emosi".

Picky eater juga bisa menjadi supertaster, atau orang yang memiliki lebih banyak selera dan dengan demikian merasakan rasa dengan intensitas yang lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.