Sukses

4 Alasan Mengapa Tak Perlu Mencuci Muka Sebelum Mandi

Banyak individu memilih mencuci wajah terlebih dahulu sebelum mandi dan keramas.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap individu memiliki urutan yang berbeda saat mandi. Banyak individu memilih mencuci wajah terlebih dahulu sebelum mandi dan keramas.

Namun, itu ternyata bukan ide terbaik. Sebab, saat membilas rambut, produk sampo yang Anda gunakan akan melewati wajahmu.

Jadi, lebih baik membersihkan wajah setelah selesai mandi untuk membilas produk sampo atau sabun mandi yang menempel di area wajah.

Ternyata ada beberapa alasan mengapa tidak harus mencuci muka sebelum mandi. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Kamis (19/1/2023).

1. Menyumbat pori-porimu

Memilih produk perawatan rambut yang tepat menjadi kunci Anda terlihat memesona, tapi hampir tidak mungkin jika Anda menghindari produk jatuh ke wajahmu saat membilas rambut.

Banyak produk perawatan rambut mengandung bahan-bahan yang bekerja sangat baik untuk rambutmu, tapi bisa berdampak buruk pada kulitmu.

Misalnya, minyak membantu melembabkan rambutmu, tapi begitu minyak sampai ke kulitmu, minyak bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat.

2. Mengiritasi kulit

Banyak dari kita seringkali tak sengaja membersihkan wajah dengan sampo saat keramas.

Padahal, produk rambut yang bersentuhan dengan kulit saat membilas rambut, dan banyak bahan buatan dalam sampo bisa menyebabkan kulitmu mulai bereaksi hingga mengiritasi kulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membuat kulitmu sensitif

Kulit yang lebih reaktif dari biasanya mudah teriritasi oleh produk kosmetik bahkan sinar matahari atau angin.

Kulit yang terlalu sensitif bisa cepat memerah dan terasa gatal serta tidak nyaman.

4. Membuat Anda berjerawat

Banyak bahan dalam sampo dan kondisioner yang luar biasa untuk rambutmu. Tapi jika Anda menggunakannya saat mandi, bisa memicu jerawat.

Sebaiknya gunakan sabun cuci muka sebagai langkah terakhir dalam rutinitasmu untuk memastikan tidak ada residu produk yang tertinggal di kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menguapi Wajah dengan Air Hangat

Berbagai cara dilakukan individu, khususnya kaum hawa untuk memiliki kulit wajah yang sehat, cerah dan memesona. Untuk memiliki kulit wajah yang diidamkan, biasanya wanita melakukan perawatan wajah hingga menggunakan berbagai produk kecantikan.

Namun, ada cara alami dan mudah yang bisa kamu lakukan di rumah untuk perawatan wajahmu. Kamu hanya perlu menguapi wajah dengan air hangat untuk membuat kulitmu sehat dan cantik memesona. 

Menguapi wajah dengan air hangat diklaim bisa membersihkan, menenangkan dan membalikkan kerusakan pada kulit wajah.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang didapat jika rutin menguapi wajah. Berikut ulasannya, seperti melansir dari Bright Side, Minggu (15/1/2023).

Menghambat Munculnya Keriput

Memiliki wajah mulus tanpa keriput tentu didambakan banyak wanita. Menguapi wajah menjadi alternatif untuk menghambat munculnya keriput. 

Melakukan hal ini pada wajahmu akan mempercepat sirkulasi, sehingga meningkatkan produksi kolagen dan elastin, memberimu kulit elastis dan menunda munculnya kerutan.

4 dari 4 halaman

Menyerap Produk Perawatan Kulit dengan Lebih Baik

Menguapi wajahmu bukan menjadi penyembuh masalah kulitmu. Namun, ini menjadi bagian penting dari keseluruhan rejimen perawatan kulitmu.

Hal terbaik jika kamu rutin menguapi wajah yakni produk kecantikan yang diaplikasikan ke wajah akan menyerap dengan baik. Keuntungan ini disebabkan oleh peningkatan sirkulasi dan oksigenasi kulitmu.

Karena pori-pori gratis, mereka bisa menyerap lebih banyak. Selain itu, aliran darah yang lebih kuat membuat wajahmu akan lebih reaktif terhadap produk.

Karena kulitmu benar-benar dilembabkan, ketika kamu menambahkan serum, itu semua akan memiliki dampak yang lebih besar.

Menghidrasi Secara Alami

Melepaskan semua sebum dan minyak memaksa tubuhmu untuk menghasilkan lebih banyak minyak alami yang melembabkan kulit dan meningkatkan tingkat hidrasimu. 

Selain itu, menguapi wajah bisa meningkatkan permeablitas kulitmu sehingga memungkinkan kelembaban melewatinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.