Sukses

5 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan Saat Bertengkar dengan Pasangan Menurut Terapis

Terapis pasangan membeberkan hal-hal yang tak boleh dikatakan saat bertengkar dengan pasangan

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda dan pasangan akan bertengkar dari waktu ke waktu. Ini mungkin sesuatu yang kecil, seperti siapa yang seharusnya mencuci piring malam itu.

Akan tetapi ketika emosi meningkat, perkelahian bisa menjadi lebih dalam. Namun, pertengkaran tidak perlu berubah menjadi perkelahian habis-habisan—dan tidak peduli seberapa besar pertengkaran yang terjadi, memikirkan tentang apa yang Anda katakan sebelum mengatakannya dapat mencegah kata-kata Anda memperburuk keadaan.

Bahkan selama bertengkar (dan mungkin terutama saat itu), penting untuk diingat bahwa perasaan Anda dan pasangan perlu didengarkan dan ditegaskan. Jika keadaan memanas, tidak apa-apa untuk mundur selangkah dan berkumpul kembali sehingga Anda dapat mengumpulkan pikiran Anda sebelum kembali ke ruang di mana Anda siap untuk berbicara.

Melansir dari Bestlife, berikut ini hal-hal yang sebaiknya tidak Anda katakan saat bertengkar dengan pasangan.

1. "Kamu itu #$@!%."

Mengatakan kata-kata yang menyakitkan mungkin terjadi di saat-saat panas, tetapi yang terbaik adalah mencoba dan menghindari panggilan nama yang buruk. Meneriaki dan memaki pasangan Anda atau mengatakan hal-hal seperti "kamu idiot" pada akhirnya menciptakan lingkungan yang sangat tidak bersahabat.

"Ini juga dapat menciptakan dinamika kekuatan di mana Anda memegang kekuatan yang berbahaya bagi pasangan Anda dengan meremehkannya," kata Deen.

Saat hinaan ikut berperan, pasangan Anda mungkin mencoba meredakan situasi saat ini, daripada berfokus pada masalah yang menyebabkan pertengkaran, yang hanya akan memperpanjang masalah lainnya. Jika insting pertama Anda adalah melempar barang, Anda mungkin ingin mundur selangkah dari diskusi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. "Kamu bereaksi berlebihan."

Pernyataan yang tidak valid seperti "kamu bereaksi berlebihan", "tenang", atau "itu bukan masalah besar" dapat dengan cepat menambah bahan bakar yang tidak perlu ke dalam api.

Lee Phillips, LCSW, terapis seks dan pasangan bersertifikat, menjelaskan bahwa meskipun Anda mungkin tidak setuju dengan pasangan Anda bahwa ada sesuatu yang penting, penting untuk melihat sesuatu dari sudut pandang mereka—dan memvalidasi perasaan mereka adalah salah satu cara untuk melakukannya. .

"Dengan proses ini, Anda bahkan mungkin menemukan bahwa Anda dapat menemukan solusi bersama, di mana tidak peduli apakah salah satu dari Anda benar atau salah... rasa sakit yang mendasari adalah apa yang benar-benar perlu ditangani," katanya.

"Itu kunci untuk mendengarkan pasanganmu tanpa membiarkan perasaanmu mengambil alih."

Natasha Deen, LCPC, pemilik dan terapis di Golden Hour Counseling, menambahkan bahwa ungkapan-ungkapan ini dapat dianggap meremehkan dan menggurui. "Pasangan Anda mungkin menjadi defensif atau terluka, karena Anda merasa tidak peduli dengan apa yang membuat mereka kesal."

 

3 dari 4 halaman

3. "Aku tidak pernah mengatakan itu."

Menyangkal pengalaman pasangan bisa terasa seperti gaslighting, yang tidak hanya manipulatif, tetapi merupakan bentuk pelecehan emosional yang membuat korbannya merasa gila. Berbicara satu sama lain seperti ini hanya akan meningkatkan emosi Anda dan membuat Anda berdua bersikap defensif, Phillips menjelaskan.

"Dengan kata lain, Anda memberi tahu pasangan Anda bagaimana perasaannya, atau Anda menganggap mereka merasakan semacam emosi," katanya. Jika Anda dan pasangan tidak bisa berhenti saling melempar hinaan, mencari bantuan profesional mungkin bermanfaat.

4. "Kamu selalu ___" atau "Kamu tidak pernah___"

Pernyataan ekstrem hampir selalu mengarah pada respons defensif. Lagi pula, seringkali hal-hal ini tidak benar—dan generalisasi yang keras seperti itu tidak menyisakan banyak ruang untuk perasaan yang sebenarnya dan komunikasi yang jujur.

Deen merekomendasikan untuk menggunakan pernyataan "aku", seperti "Aku merasa ___, ketika kamu ___," daripada menyerang pasanganmu.

"Ini lebih jelas menyatakan apa masalahnya, tanpa menyalahkan siapa pun, dan lebih efektif mengomunikasikan perasaan Anda," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

5. "Kita putus saja."

Jika Anda tidak bersungguh-sungguh, mengancam untuk mengakhiri hubungan saat bertengkar adalah ide yang buruk. Seiring waktu, itu mengirimkan pesan ke pasangan Anda bahwa Anda tidak ingin menjalin hubungan lagi.

"Hal ini menyulitkan pasangan Anda untuk percaya bahwa Anda akan bertahan," kata Deen.

Memilih untuk menempuh rute putus dengan ancaman juga menunjukkan bahwa Anda melarikan diri ketika keadaan menjadi sulit, daripada meluangkan waktu untuk benar-benar mengakui masalahnya.

Phillips menambahkan bahwa bahasa tubuh Anda juga penting di sini. "Saya sarankan untuk tidak melipat tangan, berpaling, berjalan menjauh, memutar mata, atau mengangkat telepon saat pasangan berbicara dengan Anda," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.