Sukses

Viral Kisah Menyeramkan Pria Nyaris Jadi Tumbal Ibu Kosnya Sendiri

Seorang warganet mengutarakan kisahnya nyaris menjadi tumbal ibu kosnya sendiri. Kisah tersebut kemudian viral di media sosial

Liputan6.com, Jakarta Bagi mahasiswa yang merantau ke tempat baru atau bagi mereka yang belum memiliki rumah, mencari kos-kosan adalah pilihan sebagai tempat tinggal. Namun tentu saja, mendapatkan kos-kosan yang nyaman sebagai tempat tinggal bukanlah perkara mudah. 

Untuk mendapatkan kos-kosan yang tepat, seseorang harus memikirkan banyak pertimbangan. Baik dari segi lokasi, biaya, fasilitas, dan faktor-faktor lainnya. Setelah hal tersebut terpenuhi, baru lah kos-kosan itu bisa terasa seperti rumah sendiri.

Akan tetapi, bagaimana bila kos-kosan yang kamu tempati ternyata memiliki kisah menyeramkan? Apakah kamu akan tetap bertahan karena ada pertimbangan lain atau memilih langsung pindah dan mencari tempat baru?

Seorang warganet menceritakan kisahnya nyaris menjadi tumbal ibu kosnya sendiri. Kisah yang disebarkan di media sosial tersebut kemudian viral dibicarakan oleh warganet lainnya.

Menurut warganet tersebut, kos-kosan yang dimiliki oleh ibu kosnya tergolong murah dengan fasilitas yang komplit. Namun dia tidak menyangka kalau ia nyaris menjadi tumbal di tempat itu.

Fasilitas yang didapatkan oleh warganet dengan akun @gard_syan itu adalah kasur spring bed, kipas, bantal gulis, karpet, meja belajar, lemari, air, listrik, dan wifi yang gratis. Dengan semua fasilitas itu ia cukup membayar 450 ribu rupiah sebulan. Ia mengaku bahwa saat itu ia memang telat mencari kos-kosan dan kebanyakan tempat sudah penuh atau terlalu mahal. 

Meski menyadari bahwa fasilitas dan harga yang tidak masuk di akal, warganet itu memberanikan diri. Ia mengaku tidak masalah bila harus mendapatkan gangguan dari makhluk halus. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rumah yang terkesan jadul

Lebih jauh, warganet itu mengaku bahwa rumah tempat ia mengekos itu tampak 'jadul'. Tampak seperti model rumah tahun 80-ab. Tak hanya itu, beberapa ruangan juga tampak usang dan lapuk. Namun, ia mengaku tidak masalah sebab bagian lainnya tampak rapi dan bersih.

Di dapur kosan itu bahkan terdapat peralatan masak yang dapat dipakai penghuni kos. Dengan rumah yang memiliki delapan kamar, tujuh kamar terpakai oleh anak kos, dan terdapat satu kamar kosong yang digembok dan dirantai. Kamar itu lah yang menyita perhatian si warganet.

Menurut dia, bila mengintip ke dalam kamar kosong tersebut lewat jendela, tidak ada hal yang aneh terlihat. Sama seperti kamar kosong yang tidak terpakai. 

Seperti dugaannya, kejadian-kejadian aneh sering terjadi di tempat tersebut. Seperti suara ibu-ibu masak di dapur yang begitu ramai, tapi saat didatangi ternyata tidak ada siapa-siapa. Atau kadang pada tengah malam terdengar suara piring pecah di dapur, hingga suara kamar mandi terkunci sendiri dari dalam.

3 dari 6 halaman

Penghuni kos memberanikan diri

Meski kerap mengalami kejadian aneh, namun pria tersebut tidak terlalu mempermasalahkan hal itu. Begitu pula penghuni lainnya. Bahkan bila ada kejadian ganjil seperti suara orang mandi di dalam kamar mandi tapi tidak ada siapa-siapa, maka mereka cukup mengetuk pintu tiga kali serta meminta izin, maka kamar mandi dapat kembali digunakan dan suara orang mandi tersebut hilang. 

Kemudian pada suatu kali, datanglah penghuni kosan baru. Karena tujuh kamar sudah penuh, maka penghuni baru itu kemudian diberi kamar kedelapan yang biasa digembok dan dirantai. Penghuni baru itu juga telah diberi tahu keanehan-keanehan tempat tersebut oleh penghuni lainnya dan tidak masalah akan hal itu.

Semua berjalan normal hingga suatu kali ibu kos yang selama ini tidak ada di tempat tersebut datang. Ibu kos tersebut mengadakan semacam syukuran yang hanya untuk anak-anak kos tersebut. Mendapat makanan gratis, tentu para anak kos tersebut tidak menolak. Tapi siapa sangka itu lah justru awal mula kejadian mengerikan di tempat tersebut.

4 dari 6 halaman

Mimpi menyeramkan

Setelah makan-makanan tersebut, pada malam harinya si empunya cerita mengaku mengalami mimpi aneh. Dalam mimpi itu, ia seperti mengulang hari tersebut. Akan tetapi pada malam harinya, pria itu mengaku didatangi sosok menyeramkan. 

Dalam mimpinya, sosok tinggi besar itu masuk ke dalam kamar pria itu sambil mencari-cari sesuatu. Pria tersebut ketakutan setengah mati dan mengaku tidak tahu apa-apa. Bahkan kemudian sosok tinggi besar itu marah-marah karena tidak menemukan apa yang dicari. Untungnya setelah membaca doa, warganet itu terbangun dari tidurnya.

Akan tetapi, betapa kagetnya pria itu saat keluar kamar, makanan yang ia makan bersama penghuni kosan lainnya semalam tampak busuk, basi, dan menghitam. Saat penghuni kamar lainnya keluar, mereka semua juga tampak pucat dan ternyata mengalami mimpi yang sama.

Namun, berbeda dengan yang lain. Penghuni kamar nomor 8 mengaku bahwa sosok di dalam mimpinya berkata 'ketemu' sambil mengusap keningnya dan setelah itu pergi.

5 dari 6 halaman

Sakit tiba-tiba

Tidak hanya itu, di punggung penghuni kamar nomor 8 itu juga tampak seperti bekas cakar yang tidak berdarah. Kemudian pada malam harinya, tiba-tiba saja penghuni kamar nomor 8 dan nomor 7 mengaku demam dan kesakitan. Kedua pria itu seperti kesurupan sampai-sampai warga lainnya datang. 

Kedua orang itu kemudian dibawa pulang ke rumah mereka sementara penghuni kamar lainnya disarankan oleh warga untuk segera pindah jika ingin tetap hidup. Diduga, sosok menyeramkan yang datang di mimpi mereka adalah genderuwo yang mencari tumbal yang dijanjikan oleh si pemilik kos.

Menurut warganet itu, setelah pindah dari tempat itu, sayangnya penghuni kamar nomor 8 kemudian meninggal. Bahkan, penghuni kamar nomor 7 juga ikut menyusul setelah sebelumnya sakit-sakitan. Pria itu mengaku, sampai sekarang kosan itu masih menerima anak kosan dan masih ada yang mengekos di sana. Jika memang tidak punya pilihan, pria itu menyarankan untuk tidak menerima makanan dari pemilik kosan tersebut.

6 dari 6 halaman

Respons warganet

Warganet lainnya mengomentari kisah menyeramkan tersebut. Menurut beberapa orang, sebaiknya memang curiga bila ada tempat dengan fasilitas bagus namun memberikan harga murah untuk anak-anak kos. Bahkan, sebaiknya jangan tinggal di tempat yang memiliki kamar kosong dikunci atau digembok.

"Ini bisa jadi bener sih. Pernah nonton di KHW Nadia Omara kyknya, tumbal yg kayak gini tu makhluknya katanya emg kurang pinter. Jd kalo sembunyi (dan berdoa) bisa selamat. Trus kalo targetnya ga kena, kemungkinan malah makhluknya ngambil si ibu kos, mkanya benci bgt kalo ga dapet," cuit akun @gabutproduktif.

"Jd inget jaman kuliah, sering main ke kontrakan tmn yg horor. Bentukannya emg rumah lama & disewain murah. Kata dia, suka ada sugus nongol di dapur dan toilet, tp temen gue ini agamanya kuat jd dia bomat. Usut punya usut, ternyata dulunya rumah itu bekas punyanya duk*n sant*t," cuit @HRSKLVR.

"Jadi inget cerita emak yg disuguhi nasi kuning terus, krn curiga, berdoa lah dan jd lintah, trus krna terlanjur makan temennya meninggal pas dimandiin keluar naskun sama lipan, katanya buat tumbal pesugihan," cuit @rajmahveen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.