Sukses

Studi Harvard Temukan Hal Nomor 1 yang Buat Kita Bahagia dalam Hidup: Hubungan yang Positif

Studi Harvard menemukan hal nomor 1 yang membuat orang bahagia dalam hidup

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi Harvard selama 85 tahun menemukan hal No. 1 yang membuat kita bahagia dalam hidup: Ini membantu kita 'hidup lebih lama'

Pada tahun 1938, peneliti Harvard memulai studi selama puluhan tahun untuk mencari tahu: Apa yang membuat kita bahagia dalam hidup?

Para peneliti mengumpulkan catatan kesehatan dari 724 peserta dari seluruh dunia dan mengajukan pertanyaan mendetail tentang kehidupan mereka dalam interval dua tahun.

Mengutip dari CNBC, berlawanan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, ini bukanlah pencapaian karier, uang, olahraga, atau pola makan yang sehat. Temuan paling konsisten yang mereka pelajari selama 85 tahun penelitian adalah: Hubungan yang positif membuat kita lebih bahagia, lebih sehat, dan membantu kita hidup lebih lama. 

Kunci No. 1 untuk hidup bahagia: 'Kebugaran sosial'

Hubungan memengaruhi kita secara fisik. Pernahkah Anda memperhatikan penyegaran yang Anda rasakan saat Anda yakin seseorang benar-benar memahami Anda selama percakapan yang baik? Atau kurang tidur selama masa perselisihan romantis?

Untuk memastikan hubungan Anda sehat dan seimbang, penting untuk mempraktikkan "kebugaran sosial".

Kita cenderung berpikir bahwa begitu kita menjalin persahabatan dan hubungan intim, mereka akan menjaga diri mereka sendiri. Tetapi kehidupan sosial kita adalah sebuah sistem yang hidup, dan itu membutuhkan latihan.

Kebugaran sosial membutuhkan penilaian hubungan kita, dan jujur ​​pada diri kita sendiri tentang di mana kita mencurahkan waktu kita dan apakah kita merawat koneksi yang membantu kita berkembang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana mencatat hubungan Anda

Manusia adalah makhluk sosial. Kita masing-masing sebagai individu tidak dapat menyediakan semua yang kita butuhkan untuk diri kita sendiri. Kita membutuhkan orang lain untuk berinteraksi dan membantu kita.

Dalam kehidupan relasional kita, ada tujuh batu kunci dukungan:

  • Keselamatan dan keamanan: Siapa yang akan Anda hubungi jika Anda terbangun ketakutan di tengah malam? Kepada siapa Anda akan berpaling pada saat krisis?
  • Pembelajaran dan pertumbuhan: Siapa yang mendorong Anda untuk mencoba hal-hal baru, mengambil kesempatan, mengejar tujuan hidup Anda?
  • Kedekatan emosional dan curhat: Siapa yang tahu segalanya (atau banyak hal) tentang Anda? Siapa yang dapat Anda hubungi saat Anda merasa sedih dan jujur ​​tentang perasaan Anda?
  • Penegasan identitas dan berbagi pengalaman: Apakah ada seseorang dalam hidup Anda yang telah berbagi banyak pengalaman dengan Anda dan yang membantu Anda memperkuat rasa siapa diri Anda?
  • Keintiman romantis: Apakah Anda merasa puas dengan jumlah keintiman romantis dalam hidup Anda?
  • Bantuan (baik informasi maupun praktis): Kepada siapa Anda berpaling jika Anda membutuhkan keahlian atau bantuan memecahkan masalah praktis (mis., menanam pohon, memperbaiki koneksi WiFi Anda).
  • Kesenangan dan relaksasi: Siapa yang membuat Anda tertawa? Dengan siapa Anda menelepon untuk menonton film atau melakukan perjalanan yang membuat Anda merasa terhubung dan nyaman?
3 dari 4 halaman

Egois dan Tidak Peduli, 4 Zodiak Ini Paling Gak Punya Rasa Empati

Berempati dan memperhatikan perasaan orang lain menjadi perbuatan yang tidak dimiliki semua individu. Sementara beberapa individu tidak mementingkan diri sendiri dan baik hati, beberapa lainnya memilih mementingkan diri sendiri dan egois.

Individu yang terobsesi dengan dirinya sendiri hanya mengkhawatirkan diri mereka dan bekerja hanya untuk memenuhi keuntungannya sendiri, tidak peduli seberapa besar itu menyakiti orang lain.

Mereka selalu meremehkan orang-orang di sekitarnya dan tidak pernah ragu untuk memanipulasi orang lain demi kesejahteraannya.

Ternyata astrologi bisa memengaruhi sifat dan karakter seseorang. Oleh karena itu, berikut beberapa zodiak yang tidak pernah peduli dan berempati dengan orang lain, seperti melansir dari Pinkvilla, Kamis (9/2/2023).

1. Aries

Dikenal individu yang bersemangat, berapi-api dan mendominasi, Aries juga dikenal kurang memiliki empati.

Mereka memilih menyibukkan diri agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Mereka bahkan hanya berhubungan dengan orang-orang untuk keuntungannya sendiri.

Pemilik zodiak ini tidak pernah bekerja ekstra untuk membantu dan membantu orang lain di sekitarnya.

4 dari 4 halaman

2. Capricorn

Membantu orang lain dan bersimpati terhadap orang terdekat dan tersayang adalah hal terakhir dalam kamus Capricorn.

Bahkan jika Anda dalam bahaya, orang dengan tanda zodiak ini akan berdiri dan menikmati pertunjukan daripada keluar dari zona nyaman untuk membantumu.

3. Taurus

Akibat mengalami masa-masa sulit di masa lalu, para Taurus membuat dirinya kaku dan dingin. Orang-orang dengan tanda zodiak ini tidak percaya untuk menunjukkan belas kasih atau pengampunan.

Kepribadiannya yang keras kepala membuatnya percaya akan balas dendam.

Tentu saja, mereka tidak akan menyakitimu dengan sengaja, tapi mereka tidak akan pernah mau membantu orang-orang di sekitarnya yang membutuhkan.

4. Sagitarius

Sagitarius seperti burung bebas yang suka mengikuti arus. Orang dengan tanda zodiak ini dianggap egois karena mereka sangat apatis terhadap kebutuhan, tuntutan, atau perasaan orang lain.

Pemilik zodiak ini tidak mau berkompromi demi orang lain dan berpotensi untuk membuang orang demi keuntungannya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.