Sukses

8 Tradisi Unik Saat Perayaan Hari Valentine yang Belum Banyak Orang Tahu

Inilah delapan tradisi unik perayaan Valentine yang mungkin belum banyak orang tahu.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari lagi kita akan merayakan Hari Valentine. Membeli kartu dengan pesan yang menyentuh hati, makan malam romantis, atau memberikan sekotak cokelat berbentuk hati menjadi hal yang dilakukan banyak orang untuk merayakan Valentine. 

Namun rupanya masih ada cara dan tradisi lain di berbagai negara yang dilakukan saat merayakan Hari Valentine. Tradisi perayaan Valentine ini mungkin cukup aneh bagi negara lain namun populer di negara tersebut. Dilansir dari History, inilah 8 tradisi Valentine unik yang mungkin belum banyak orang tahu. 

1. Mengemas Makna Menjadi Bunga yang Berbeda

Rupanya mawar tidak selalu menjadi bunga favorit saat Hari Valentine. Pada abad ke-19, karangan bunga bisa berisi berbagai macam bunga, masing-masing dipilih untuk menyampaikan makna tertentu.

Elizabeth White Nelson, seorang profesor sejarah di University of Nevada, Las Vegas, dan penulis Sentimen Pasar: Budaya Pasar Kelas Menengah di Amerika Abad ke-19, mengatakan kamus bunga abad ke-19 mengkategorikan dan memberi makna pada setiap bunga. Dia menjelaskan bahwa untuk Hari Valentine, “Idenya adalah Anda bisa memberikan karangan bunga yang bukan sekadar karangan bunga. Itu memiliki seluruh pesan yang dikodekan ke dalam bunga.

Buket dengan akasia kuning (yang berarti "cinta tersembunyi"), jonquils ("Saya menginginkan kembalinya kasih sayang") dan bunga snowdrop ("harapan") mengirimkan pesan bahwa Anda diam-diam memuja penerima dan berharap perasaan itu dapat dibalas.

2 dari 5 halaman

2. Menghadiahkan Dompet Teka-Teki

Pada abad ke-18 dan 19, dompet teka-teki menjadi hadiah Valentine yang populer di Inggris dan Amerika Serikat. Dompet teka-teki terdiri dari selembar kertas yang dilipat dengan rumit dengan bagian pesan atau ayat yang ditulis di sudut yang berbeda.

Karena dompet teka-teki dimaksudkan untuk dibaca dalam urutan tertentu, lipatan biasanya diberi nomor sehingga penerima tahu bagaimana melanjutkannya. Membuka satu bagian itu berarti melepaskan teka-teki dan mengungkapkan satu bagian tulisan. Terkadang ada juga hadiah kecil yang menunggu di tengah.

3. Merayakan Black Love Day pada 13 Februari

Ayo Handy-Kendi, pendiri Asosiasi Liburan Afrika-Amerika, terinspirasi untuk memulai Hari Cinta Hitam atau Black Love Day pada tahun 1993 setelah melihat pembunuhan Malcolm X digambarkan dalam film biografi Malcolm X. Dia mengatakan ingin liburan untuk fokus meningkatkan perdamaian dan menghentikan kekerasan.

Untuk Hari Cinta Hitam, Handy-Kendi melembagakan "sistem nilai berdasarkan prinsip, seperti Kwanzaa". 

Dia berkata, "Lima prinsip menunjukkan cinta kepada pencipta, menunjukkan cinta untuk diri kita sendiri, menunjukkan cinta untuk keluarga kulit hitam, komunitas kulit hitam, dan ras." Black Love Day dirayakan pada tanggal 13 Februari, bukan tanggal 14. 

“Sebagian besar liburan [di Amerika Serikat] berevolusi dari budaya Eropa,” jelas Handy-Kendi. “Anda merayakan budaya orang lain secara teratur.”

Traci Parker, seorang profesor studi Afro-Amerika di University of Massachusetts, Amherst, mengatakan tentang Black Love Day, “Untuk memiliki tempat di mana cinta dapat dirayakan, terutama di komunitas yang secara historis telah diserang, sangatlah penting.”

Dia menambahkan, “Melihat sejarah cinta kulit hitam di negara ini, jika kita kembali ke perbudakan, itu adalah sesuatu yang dipersenjatai melawan orang Afrika-Amerika. Itu adalah sesuatu yang tidak dianggap sebagai sesuatu yang harus dipegang oleh orang Afrika-Amerika karena orang Afrika-Amerika bahkan tidak dianggap sebagai manusia.

3 dari 5 halaman

4. Babi dan roti jahe

Hari Valentine, yang disebut Valentinstag, baru berlaku di Jerman setelah berakhirnya Perang Dunia II. Sejak itu, orang Jerman telah melakukan putaran mereka sendiri pada hari itu. Salah satunya dengan memasukkan babi, yang merupakan simbol keberuntungan di Jerman, ke dalam hadiah Valentine.

Orang Jerman juga membagikan kue jahe besar berbentuk hati, yang dikenal sebagai lebkuchen, untuk Hari Valentine. Ini mungkin termasuk pesan pribadi.

5. Merayakan Persahabatan 

14 Februari adalah untuk teman, bukan hanya kekasih, di beberapa bagian Amerika Latin, termasuk Ekuador, El Salvador, dan Meksiko. Dikenal sebagai El Día del Amor y Amistad (Hari Cinta dan Persahabatan), ini dimaksudkan untuk mengakui dan menghormati persahabatan. Di El Salvador, orang menggambar nama dan bertukar hadiah dalam tradisi yang dikenal sebagai Amigo Secreto, Teman Rahasia, pada hari itu.

Pada 1980-an, Estonia dan Finlandia mulai mengakui cinta dan persahabatan platonis bersamaan dengan romansa pada 14 Februari. Alih-alih bertukar kartu atau pergi makan dengan pasangan, orang-orang di kedua negara ini melakukan ini dengan teman. Di Estonia, ini adalah Hari Persahabatan, Sõbrapäev. Hari Teman Finlandia adalah Ystävän Päivä.

4 dari 5 halaman

6. Pernikahan Massal di Filipina

Untuk membantu pasangan yang tidak mampu membiayai pernikahan sendiri, pemerintah daerah di Filipina menyelenggarakan pernikahan massal pada atau sekitar Hari Valentine. Pada 14 Februari 2010, 1.500 pasangan menikah dalam upacara massal di pinggiran kota Manila.

Pasangan bahkan ternyata, meski dalam jumlah yang berkurang, menikah pada Hari Valentine selama pandemi COVID-19 pada tahun 2021. Berkat upaya tersebut, 14 Februari menjadi peringatan pernikahan paling umum di negara ini.

7. Pria Jepang Menerima Cokelat Valentine

Di Jepang, wanita secara tradisional menawarkan cokelat Valentine kepada pria. Salah satu kisah awal untuk ini adalah saran produsen cokelat tahun 1958 agar wanita menggunakan cokelat Valentine untuk menyatakan perasaan romantis. Yang lain mengatakan department store Jepang mempromosikan praktik tersebut pada tahun 1970-an.

Wanita memberi berbagai jenis cokelat. Honmei choco, yang artinya cokelat perasaan sejati, cocok untuk minat romantis pria. Giri choco, cokelat kewajiban, ditawarkan kepada rekan pria atau teman sekelas. Namun, keinginan untuk mendistribusikan cokelat kewajiban telah menurun. Dalam jajak pendapat tahun 2017, kurang dari 40 persen wanita berniat membagikan giri choco.

Tomo choco, cokelat teman, dapat diberikan kepada teman dari jenis kelamin apapun. Wanita Jepang yang mengikuti tradisi khusus gender memiliki harinya sendiri untuk menerima hadiah dari pria dalam hidup mereka saat White Day tiba pada 14 Maret.

5 dari 5 halaman

8. Menamai Kecoa dengan Nama Mantan Anda

Bunga, cokelat, kartu ucapan, bahkan hadiah bertema babi semua ini mungkin indah. Namun terkadang suatu hubungan tidak berhasil, yang dapat membuat Hari Valentine menjadi sulit. Namun, jika mantan yang bertanggung jawab atas patah hati Anda masih ada di pikiran Anda, ada solusinya. 

Beberapa kebun binatang sekarang mengizinkan orang untuk membayar sedikit biaya untuk memberi nama kecoa dengan nama yang mereka pilih. Beberapa kebun binatang di Amerika Serikat memiliki tradisi ini yaitu mengizinkan pengunjung menamai kecoa dengan nama mantan mereka. Semua menawarkan semacam sertifikat untuk memperingati penamaan dan untuk dikirimkan kepada penerima kecoa.