Sukses

Studi: Kualitas Tidur yang Baik Lebih Menyehatkan daripada Tidur dalam Waktu Lama

Studi menemukan kualitas tidur yang baik lebih menyehatkan daripada tidur dalam waktu yang lama

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menunjukkan kualitas tidur yang baik mungkin lebih baik untuk hidup sehat dan bahagia daripada berapa lama kita tidur. Para peneliti menemukan mereka yang memiliki tidur malam tanpa gangguan melaporkan peningkatan kesejahteraan hidup.

Tidur yang berkualitas biasanya didefinisikan sebagai mampu tertidur dalam waktu 15 menit dan tidak terlalu sering terbangun.

Penulis Dr Shuai Yuan, dari Institut Karolinska di Swedia, mengatakan seperti dikutip dari Mirror: “Tidur yang lebih baik berarti kualitas hidup yang lebih baik."

“Sementara kapan kita tidur dan berapa lama kita tidur itu penting, individu yang memiliki kualitas tidur yang lebih baik juga memiliki kualitas hidup yang lebih baik, terlepas dari waktu dan lamanya tidur.”

Para ahli merekomendasikan tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Peneliti dari Charles University di Praha dan Czech Academy of Sciences bertanya kepada peserta studi tentang kepuasan, kesejahteraan, kesehatan, kebahagiaan, dan stres kerja.

Mereka mengikuti para peserta selama tiga tahun dan menulis: "Kami menemukan mereka yang tidur nyenyak juga memiliki kualitas hidup yang lebih baik."

Penelitian ini juga mengamati "jetlag sosial" di mana orang-orang begadang dan berbaring di akhir pekan, kemudian beralih kembali ke pola tidur hari kerja.

Para peneliti menulis: "Studi ini menunjukkan, dengan pengecualian yang ekstrem, bahwa durasi tidur di samping perbedaan kebiasaan tidur pada hari kerja dan hari bebas tidak sepenting kualitas hidup seperti apa yang dianggap sebagai tidur malam yang baik."

Mengomentari studi tersebut, Profesor Neil Walsh, dari Liverpool John Moores University, mengatakan temuan tersebut "menunjukkan hubungan yang kuat antara kualitas tidur yang dilaporkan sendiri dan kualitas hidup".

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Plos One.

2 dari 4 halaman

3 Zodiak Ini Paling Sering Susah Tidur dan Alami Insomnia

Semua orang tahu tidur adalah bagian penting dalam hidup, tetapi itu tidak menghentikan beberapa orang untuk begadang sampai jam 3 pagi setiap malam hanya untuk mengikuti FYP di Tiktok mereka atau season terbaru dari acara favorit mereka.

Bagi orang-orang itu, ini mungkin bukan hanya kebiasaan buruk yang dapat diperbaiki dengan jadwal tidur yang lebih baik, melainkan kepribadian mereka. Menurut peramal Ms. Charlotte, jika matahari Anda berada di salah satu dari tiga tanda zodiak ini, ada kemungkinan Anda sering mengalami insomnia atau susah tidur.

"Tidur hanya untuk yang lemah" adalah moto dari tanda-tanda zodiak ini. Mirip dengan bagaimana ada zodiak yang akan menolak undangan ke pesta paling keren sekalipun jika itu berarti mereka harus keluar jam delapan malam, ada zodiak yang dikenal sulit tidur juga.

Jika Anda suka begadang sampai subuh, Anda mungkin ingin memeriksa apakah tanda zodiak Anda ada di daftar ini. Dihimpun dari Bustle, ini dia.

 

3 dari 4 halaman

1. Pisces

Pisces cenderung menyerap emosi dan getaran orang-orang di sekitar mereka, dan sulit untuk bersantai setelah seharian melakukannya.

“Mereka adalah orang-orang yang kompleks dan sensitif yang perlu mengasingkan diri dari dunia di malam hari,” kata Ms. Charlotte.

“Untuk membersihkan sistem polusi energik mereka, mereka begadang sampai dini hari membuat karya seni, merapal mantra, atau melakukan ritual manifestasi.”

2. Scorpio

Charlotte menggambarkan Scorpio sebagai zodiak yang mengatur "malam tahun", alias akhir musim panas, jadi tidak mengherankan melihat tanda air di daftar ini. Menurut Nona Charlotte, Scorpio merasa "paling hidup ketika semuanya sunyi dan gelap," dan menghabiskan waktu mereka "menyelidiki, meneliti, dan bahkan mungkin menguntit sampai larut pagi." Jika Anda mengenal Scorpio, Anda mungkin terlalu akrab dengan kejenakaan larut malam ini.

“Malam hari memberi Scorpio waktu untuk bersantai dan memproses semua informasi yang telah mereka kumpulkan sepanjang hari,” kata Ms. Charlotte. “Malam hari adalah satu-satunya waktu baju zirah dapat dilepas sehingga mereka dapat melepaskan diri dan menikmati kebersamaan mereka sendiri.”

4 dari 4 halaman

3. Sagitarius

agitarius menutup daftar ini sebagai tanda api yang paling sulit tidur. Sagitarius adalah penjelajah alami yang "selalu mencari petualangan berikutnya", dan karena itu, tidak jarang tanda tersebut memprioritaskan pengalaman daripada tidur mereka.

“Mereka mungkin ingin melihat bintang di hutan belantara atau berkendara jauh ke pantai jika mereka mau,” kata Ms. Charlotte. Meskipun mereka berjiwa bebas yang mencari sensasi, Sagitarius juga dikenal menghargai obrolan mendalam tentang kehidupan - dan akan berbicara hingga dini hari jika Anda mengizinkannya.