Sukses

Mengenal Charles Ponzi, Pencipta Skema Ponzi yang Bikin Korban Investasi Robot Trading Wahyu Kenzo Merugi

Mengenal Charles Ponzi yang menciptakan Skema Ponzi yang bikin korban investasi Wahyu Kenzo merugi.

Liputan6.com, Jakarta Crazy Rich Surabaya Wahyu Saptian Dyfrig alias Wahyu Kenzo ditangkap oleh Polres Malang Kota pada Sabtu (4/3/2023). Pria yang juga Founder Robot Trading Auto Trade Gold (ATG) itu ditangkap atas dugaan penipuan.

Menurut Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Tono Harmanto, dugaan kasus investasi robot trading yang melibatkan Wahyu Kenzo memiliki kerugian mencapai Rp 9 triliun.

"Dari hasil keterangan proses penyidikan sementara, diperkirakan kerugian korban mencapai hampir Rp 9 triliun, dengan perkiraan jumlah korban kurang lebih 25 ribu orang," ujar Irjen Tono di Mapolda Jatim, Rabu 8 Maret 2023.

Di sisi lain, Kepala Polresta Malang Kota Komisaris Besar Polisi Budi Hermanto mengatakan, skema penipuan investasi oleh Wahyu Kenzo yang menggunakan robot trading kurang lebih serupa skema ponzi.

"Lebih kurang seperti Ponzi. Mereka menyampaikan bahwa uang yang didepositkan itu akan dikelola di luar negeri, namun ternyata bukan seperti itu," kata Kapolresta yang akrab disapa Buher, Kamis (16/3) di Kota Malang, Jatim.

Istilah skema Ponzi atau skema piramida adalah istilah keuangan yang melekat pada Charles Ponzi. Dihimpun dari Investopedia, skema Ponzi biasa digunakan untuk menjelaskan penipuan investasi di mana uang dari arus konstan investor baru digunakan untuk melunasi investor sebelumnya sekaligus memperkaya si pembuat skema.

Skema Ponzi atau penipuan ini berlanjut hingga skema tersebut ambruk saat tidak ada lagi investor baru. Meski Charles Ponzi bukan orang pertama yang memanfaatkan penipuan ini untuk menghasilkan uang, dia yang paling terkenal dan karena itu namanya dinamai atas skema ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kehidupan awal dan pendidikan Charles Ponzi pencipta Skema Ponzi

Charles Ponzi lahir dengan nama Carlo Pietro Giovanni Guglielmo Tebaldo Ponzi pada tanggal 3 Maret 1882, di kota Lugo di Italia utara. Orang tuanya, Oreste dan Imelda Ponzi adalah bagian dari keluarga kaya Italia yang telah menjadi miskin pada saat dia dilahirkan. Ponzi dikatakan telah menunjukkan kecenderungan kriminal sejak dini, mencuri dari orang tuanya, dan bahkan pastor paroki.

Sebagai seorang pemuda, dia kuliah di Universitas Sapienza di Roma, di mana, menurut pengakuannya sendiri, dia bukanlah siswa teladan. Akibatnya, setelah empat tahun, Ponzi terpaksa pergi tanpa uang dan tanpa gelar.

Selama tahun-tahun universitasnya, dia telah mendengar cerita tentang orang Italia lain yang pergi ke Amerika untuk mencari ketenaran dan kekayaan dan memutuskan bahwa ini adalah satu-satunya cara yang terbuka untuknya untuk menjadi kaya.

Ponzi tiba di Boston pada November 1903 dengan kapal S.S. Vancouver. Dalam otobiografinya, The Rise of Mr. Ponzi, dia mengklaim bahwa dia meninggalkan Italia dengan US$200 tetapi tiba di Amerika dengan jauh lebih sedikit. Selama beberapa tahun berikutnya, Ponzi berhasil belajar bahasa Inggris dan melakukan pekerjaan serabutan.

 

3 dari 4 halaman

Skema Ponzi

Pada tahun 1920, Ponzi mengorganisir sebuah perusahaan bernama Securities Exchange Co. di mana dia menjual saham (promissory notes) mengiklankan bunga 50% setelah 90 hari. Dana yang diperoleh dari investor seharusnya digunakan untuk membeli kupon balasan internasional (IRC) untuk ditebus di AS. Sebaliknya, Ponzi menggunakan dana yang didapat dari investor baru untuk melunasi investor lama.

Setelah mengetahui tentang skema penebusan kuponnya, Ponzi mencoba menghindari penangguhan dan beralih ke skema "Si A untuk membayar si B".

Untuk sementara, skema itu berhasil. Dia meraup US$15 juta dalam delapan bulan pertama tahun 1920. Dia melanjutkan skema dengan memberi tahu investor bahwa dia telah menciptakan jaringan agen yang rumit yang membeli IRC untuknya di luar negeri yang dapat dia tebus di AS untuk keuntungan yang lumayan.

Nyatanya, tidak ada jaringan pembeli kupon yang rumit; dia menggunakan investasi baru untuk membayar investor lama.

 

4 dari 4 halaman

Skemanya terungkap

Kebohongan terhadap Ponzi muncul akibat investigasi yang dilakukan oleh Boston Post. Dia akhirnya dihukum atas tuduhan penipuan surat federal dan menjalani hukuman 3,5 tahun penjara.

Setelah pembebasan bersyarat, dia dihukum atas tuduhan negara, melompati jaminan, ditangkap, dan masuk penjara lagi, keluar pada tahun 1934. Saat itu, dia dideportasi ke negara asalnya Italia, karena tidak pernah menjadi warga negara AS.

Garis bawah

Charles Ponzi adalah praktisi awal yang paling flamboyan dari skema di mana penipu menciptakan investasi yang masuk akal, mengumpulkan investor, lalu menggunakan uang dari investor yang lebih tua untuk melunasi yang lebih baru, sambil meraup keuntungan yang lumayan. Dia bukan orang pertama yang memikirkan hal ini, tetapi dia adalah orang yang memberikan namanya pada praktik ini—teknik yang sama yang terkenal digunakan oleh Bernie Madoff, yang mencuri US$65 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.