Sukses

Makna Cerpen Menunggu Kematian Paman Gober Karya Seno Gumira Ajidarma, Representasi Orde Baru

Cerpen yang ditulis oleh Seno Gumira Ajidarma ini menampilkan sebuah kritik dari realitas sosial pada masa orde baru.

Liputan6.com, Jakarta - Seno Gumira Ajidarma adalah seorang penulis yang memiliki ciri khas tersendiri karena gaya penulisan yang digunakan Seno Gumira Ajidarma ini terbilang unik, siapapun yang membaca karya beliau entah itu novel ataupun cerpen pasti setuju dengan ini. Semua karya beliau selalu meninggalkan pesan yang mendalam kepada pembaca sehingga siapapun yang membaca tulisan beliau akan langsung mengenal bahwa karya tersebut ditulis olehnya.

Karya yang dibuat oleh Seno Gumira Ajidarma tidak terlepas dari kritik terhadap kekuasaan, politik, dan bahkan kritik sosial masyarakat yang terjadi. Tema-tema yang diangkat oleh Seno Gumira Ajidarma juga membahas realitas sosial yang terjadi di masyarakat, seperti korupsi, perbedaan kelas sosial, dan bahkan ketamakan manusia.

Seno Gumira Ajidarma berhasil untuk mengembangkan suatu permasalahan menjadi suatu bacaan yang kompleks dan berkualitas sehingga membuat pembaca secara tidak sadar untuk berpikir kritis dan menilainya. Setiap cerpen yang ia buat juga digambarkan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini yang menjadi keunggulan karya beliau, walaupun digambarkan dengan sederhana, namun seperti mengajak para pembaca untuk masuk dalam dunia ceritanya lewat rangkaian konflik yang disusun.

Sebuah karya sastra lahir dari pengamatan penulis, dengan sederhananya karya sastra tersebut merupakan bentuk keterlibatan pengarang terhadap kehidupan masyarakatnya. Pendekatan sosiologi sastra beranggapan bahwa sastra tersebut mencerminkan dan mengekspresikan kehidupan, salah satunya adalah realitas sosial dan kritik yang terjadi pada cerpen “Menunggu Kematian Paman Gober” karya Seno Gumira Ajidarma.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Cerpen Menunggu Kematian Paman Gober

Cerpen “Menunggu Kematian Paman Gober” berkisahkan mengenai suasana kehidupan di Kota Bebek yang dipimpin oleh Paman Gober. Paman Gober ini digambarkan sebagai sosok yang kaya raya dan berkuasa, tetapi sangat pelit dan kejam. Tetapi, herannya ia menjadi tokoh yang sangat dicintai.

Kematian Paman Gober ini tampaknya telah ditunggu-tunggu oleh warga Kota Bebek. Paman Gober dinilai telah terlalu lama berkuasa, dan walaupun sudah sangat tua, ia tidak ada tanda-tanda untuk mengundurkan diri. Paman Gober digambarkan sebagai orang tidak mengenal belas kasihan. Ia selalu mengancam siapapun yang berani mengkritiknya, maka dari itu hampir tidak ada yang berani untuk mengkritik dirinya.

Banyak cara yang telah dilakukan, namun entah mengapa ia terpilih lagi untuk menjadi seorang pemimpin seolah-olah seperti tidak ada calon yang lain lagi. Akhirnya, warga Kota Bebek menyerah dan yang dilakukannya setiap hari adalah menunggu kematian Paman Gober, karena mereka berpikir hanya kematianlah yang mampu menghentikan Paman Gober, setiap hari mereka menunggu dan berharap saat itu akan tiba.

3 dari 4 halaman

Makna Cerpen Menunggu Kematian Paman Gober, Representasi Orde Baru

Karya sastra merupakan realitas dan keterlibatan pengarang terhadap kehidupan masyarakatnya. Seno Gumira Ajidarma menulis cerpen ini pada tahun 1994, yaitu pada zaman Orde Baru.

Pada saat itu, Soeharto menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Soeharto juga menjabat selama 32 tahun sebagai Presiden, dan itu bukan waktu yang sebentar. Persoalan utama yang dibahas dalam cerpen adalah mengenai kepemimpinan yang tidak berganti dengan alasan bahwa ia pun tidak menolak jika diberi kehormatan.

Namun, hal tersebut menimbulkan pro dan kontra oleh masyarakat. Sebagian masyarakat banyak yang memandang sinis dan tidak suka, oleh karena itu Seno Gumira Ajidarma menulis cerpen ini, cerpen yang memusatkan pada pandangan masyarakat pada zaman Orde Baru.

Realitas masyarakat pada saat itu tidak berani untuk memprotes atau mengutarakan pendapat karena adanya ancaman dan intimidasi dari pemerintah, bahwa siapa saja yang pada saat itu berani untuk mengkritik dan mempertanyakan kebijakan pemerintah, akan ada akibat yang ia dapat. Hal itu tertulis jelas pada percakapan dalam cerita pendek berikut ini.

 

“Kamu bebek tidak tahu diri, sudah dibantu masih meleter pula.”

“Apakah saya tidak punya hak bicara?”

“Punya, tapi asal jangan meleter, nanti kamu kusembelih.”

 

4 dari 4 halaman

Soeharto Metafora Paman Gober, Benarkah?

Dalam cerpen ini, dijelaskan bahwa ancaman digunakan oleh pemerintah untuk membungkam masyarakat dalam mengkritisi kebijakan pada masa pemerintahan Orde Baru. Masyarakat juga memilih diam untuk menyelamatkan dirinya sendiri, sambil menunggu perubahan yang akan terjadi dalam lima tahun sekali.

Tetapi hal itu tentunya tidak pernah terjadi, karena seperti yang ditulis oleh Seno Gumira Ajidarma dalam cerpennya “Menunggu Kematian Paman Gober”, pemilihan umum (pemilu) ini sudah direncanakan dan bersifat pura-pura (tidak bersifat demokratis), oleh karena itu masyarakat yang sudah sangat jenuh dengan kondisi pemerintahan hanya menginginkan suatu berita yaitu kapan Paman Gober meninggal dunia. Hal ini selalu ditunggu oleh warga bebek, ketika membaca koran pada pagi hari.

Kisah yang ditulis oleh Seno Gumira Ajidarma, walaupun setting yang digambarkan adalah dunia unggas, namun secara jelas menggambarkan tokoh Soeharto. Cerpen ini sebenarnya adalah sebuah kritik, walaupun tidak terlalu liar dan vulgar karena penulis menggambarkannya dalam tokoh binatang. Tetapi, siapapun yang membacanya pasti seketika mengetahui sosok yang menjadi tujuan dalam cerpen ini.