Sukses

Top 3: Niat dan Tata Cara Sholat Tarawih Beserta Doa Kamilin

Artikel tentang niat dan tata cara sholat tarawih, lengkap dengan doa kamilin menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat tarawih merupakan sholat yang hukumnya sunah muakkad (mendekati wajib) karena memiliki keiistimewaan dan keutamaan pelaksanaannya di bulan Ramadhan.

Sholat tarawih dilaksanakan pada malam hari setelah sholat Isya dan sebelum sholat witir. Sholat sunah ini dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Tetapi mereka yang uzur untuk berjamaah dapat melakukan sholat tarawih sendiri baik di masjid maupun di rumah.

Adapun jumlah rakaat sholat tarawih sebagaimana pendapat mayoritas mazhab Syafi’i adalah sebanyak 20 rakaat dengan sepuluh kali salam.

Artinya sekali sholat dilakukan dengan dua rakaat sebagaimana dilansir NU Online, Kamis (23/02/2023). Hal itu berdasarkan hadits Rasulullah saw riwayat al-Baihaqi melalui jalur Ibnu Abbas, yaitu:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فِي غَيْرِ جَمَاعَةٍ عِشْرِينَ رَكْعَةً وَالْوِتْرَ Artinya,

”Sungguh Nabi Muhammad saw melakukan shalat di bulan Ramadhan tanpa berjamaah sebanyak dua puluh rakaat dan (ditambah) sholat witir.”

Berikut lafal niat sholat tarawih selaku ma’mum:

صَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَىArtinya,

“Aku menyengaja sembahyang sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

Artikel tentang niat dan tata cara sholat tarawih, lengkap dengan doa kamilin menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang lima zodiak paling beracun dalam hubungan cinta menurut astrologi.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang bagaimana hukumnya menyikat gigi saat puasa? begini penjelasan para ulama.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Niat dan Tata Cara Sholat Tarawih, Lengkap dengan Doa Kamilin

Lafal niat sholat tarawih sendirian:

صَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَىUshalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.  

Artinya,

“Aku menyengaja sembahyang sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT.”

Lafal niat ini wajib dibaca ketika akan melakukan sholat tarawih sendiri di rumah. Lafal niat ini diharapkan membantu kemantapan seseorang dalam memasang niat ketika takbiratul ihram. Niat ini menjadi penting karena bagi mazhab syafi’i, sholat tarawih tanpa niat yang memadai berdampak pada keabsahan sholat tarawih itu sendiri.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 5 Zodiak Paling Beracun dalam Hubungan Cinta Menurut Astrologi

Dalam menjalin hubungan cinta, setiap individu memiliki keberuntungannya masing-masing. Beberapa individu menjalani hubungan yang sehat dan bahagia, sementara yang lain terjebak dalam hubungan toxic atau beracun. 

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh rasa tidak aman mereka sendiri yang akhirnya membuat hubungan mereka beracun.

Seperti beberapa zodiak ini yang dikenal paling beracun dalam hubungan cinta menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Rabu (22/3/2023).

1. Scorpio

Scorpio dikenal karena intensitas dan semangatnya, yang bisa membuat hubungan menjadi menarik dan intens. Namun, pemilik zodiak ini juga rentan terhadap kecemburuan, sikap posesif dan perilaku mengontrol, yang bisa menciptakan dinamika yang beracun dalam hubungan. 

2. Pisces 

Pisces dikenal karena kedalaman dan kepekaan emosionalnya, yang bisa menjadikan mereka pasangan yang sangat berempati dan mengasuh.

Namun, individu dengan zodiak ini juga rentan terhadap ketergantungan bersama dan kecenderungan untuk mengorbankan kebutuhan dan batasan mereka sendiri demi pasangannya, yang bisa menyebabkan dinamika beracun dalam hubungan.

3. Gemini

Gemini dikenal karena pesona dan kecerdasannya yang bisa menjadikan mereka pasangan yang sangat menarik dan menyenangkan. 

Namun, mereka juga rentan terhadap ketidakkonsistenan dan kecenderungan memainkan permainan pikiran, yang bisa menimbulkan kebingungan dan drama dalam hubungan.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Bagaimana Hukumnya Menyikat Gigi Saat Puasa? Begini Penjelasan Para Ulama

Akhirnya umat muslim telah memasuki bulan suci Ramadhan. Di bulan ini umat muslim yang telah baligh akan berpuasa sejak matahari terbit hingga terbenam selama 30 hari lamanya. 

Yang dimaksud dengan berpuasa ialah menahan makan, minum serta menghindari beberapa perkara yang dapat membatalkan puasa. Salah satu hal yang dapat membatalkan puasa ialah memasukkan benda apapun ke dalam tubuh (jauf) melalui tujuh lubang tubuh manusia. 

Lantas bagaimana hukumnya jika menyikat gigi ketika sedang berpuasa? Tentu banyak pula umat muslim yang bertanya-tanya terkait perkara ini. Tak sedikit yang penasaran bagaimana hukum sikat gigi saat puasa. Terlebih lagi jika menyikat gigi menggunakan pasta gigi dan juga air. 

Dikutip dari NU Online, sudah menjadi hal yang lumrah orang yang berpuasa dilarang memasukkan benda apapun ke dalam tubuh (jauf) melalui lubang tujuh yang dimiliki setiap manusia. Namun bagaimana apabila masuknya benda tersebut merupakan efek samping dari hal yang diwajibkan atau disunnahkan oleh agama?    

Seperti contohnya orang yang berwudhu disunahkan berkumur tiga kali. Bagi orang yang berpuasa, selama berkumurnya hanya sampai batas tiga kali saja pada setiap akan wudhu, itu masih tetap disunahkan oleh syara’.  

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini