Sukses

Ini Alasan Mengapa Inspirasi Sering Muncul Ketika Sedang di Kamar Mandi

Terkadang, ide-ide kreatif dapat muncul di mana saja, termasuk di kamar mandi.

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang, ide-ide kreatif dapat muncul di mana saja, termasuk di kamar mandi. Hal ini mungkin terjadi karena kamar mandi sering kali memberikan waktu dan tempat yang tenang dan terisolasi dari gangguan atau kebisingan dari luar.

Selain itu, mandi dapat menjadi aktivitas yang monoton atau repetitif, yang dapat membantu pikiran untuk bersantai dan menghilangkan stres. Ketika pikiran menjadi lebih santai, itu dapat memungkinkan ide-ide untuk muncul dengan lebih mudah. Dengan mandi, tidak hanya dapat membuat tubuh Anda rileks, namun juga dapat melepaskas rasa lelah sehingga memunculkan kesadaran dan bahkan kreativitas.

Namun, penting untuk diingat bahwa ide-ide dapat muncul di mana saja, dan tidak selalu terkait dengan lokasi tertentu. Oleh karena itu, jika Anda ingin membangkitkan ide-ide kreatif, cobalah untuk memberikan waktu dan tempat yang tenang dan terisolasi dari gangguan atau kebisingan dan jalankan kegiatan yang membantu Anda merasa rileks dan tenang.

Melansir dari laman Washington Post, Rabu (12/4/2023), dalam sebuah penelitian tahun 2019, fisikawan mencatat ide paling kreatif mereka setiap hari, serta apa yang mereka lakukan dan pikirkan saat ide itu muncul. Meskipun sebagian besar ide muncul di tempat kerja, 20% dari ide kreatif mereka muncul ketika sedang melakukan hal lain, seperti mencuci piring atau mandi.

Ide-ide atau inspirasi yang didapat oleh para penulis dan fisikawan ketika berada di kamar mandi dinilai sama kreatif dan pentingnya dengan ide-ide yang mereka dapat di tempat kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pikiran yang Bebas Dapat Membantu Kreativitas

Pada saat mandi, pikiran Anda akan berada di mana saja kecuali pada tugas yang sedang dikerjakan. Pada saat seperti ini, pikiran Anda akan mengembara.

Di satu sisi, sifat pengembaraan pikiran dapat menganggu kinerja dan dikaitkan dengan ketidakbahagiaan. Namun di sisi lain, pengembaraan pikiran juga penting. Peneliti menemukan bahwa orang yang pikirannya mengembara pada sesuatu yang mereka minati akan lebih bahagia ketika mengerjakan tugas.

Penelitian lain yang dilakukan terhadap lebih dari 1.100 responden melaporkan bahwa mereka mendapatkan inspirasi di kamar mandi sebanyak 30%, dalam perjalanan sebanyak 13%, dan saat berolahraga sebanyak 11%.

Sebuah penelitian lainnya melaporkan bahwa memiliki pemikiran yang mengalir bebas dan spontan selama melakukan aktivitas yang cukup menarik namun tidak membosankan, dapat meningkatkan kreativitas.

"Kesimpulannya, aktivitas seperti mandi, berjalan-jalan, menonton video seperti drama akan menyita perhatian Anda sehingga dapat memengaruhi pikiran. Namun, tidak menyita semuanya sehingga Anda masih memiliki kesempatan untuk membuat ide-ide kreatif dalam melakukan hal tersebut,” ujar Zachary Irving, asisten profesor filosofi ilmu kognitif di University of Virginia.

3 dari 4 halaman

Mengidentifikasi Sumber Kreativitas

Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan pemikiran kreatif mungkin muncul dari default mode network (DMN) di dalam otak, yang merupakan konstelasi wilayah otak yang aktif ketika pikiran sedang diarahkan ke dalam, seperti ketika sedang berpikir.

Bukti peran DMN dalam kreativitas selama ini bersifat korelasional, tetapi sebuah penelitian pada Januari 2022 melaporkan bukti langsung pertama bahwa DMN secara kausal terkait dengan pemikiran kreatif .

Dalam penelitian tersebut, 13 pasien menjalani operasi otak untuk mengangkat tumor mereka. Mereka harus terjaga agar para ahli bedah dapat memetakan korteks dengan stimulasi listrik, yang menghabat area otak yang sangat spesifik.

Ketika para ahli bedah menstimulasi area otak di dalam DMN, kemampuan pasien untuk memikirkan ide-ide kreatif untuk sementara berhenti. Pada awalnya, seorang pasien menghasilkan banyak kegunaan kreatif dari ban untuk dijadikan hiasan. Tetapi ketika para peneliti menghambat bagian dari DMN-nya secara elektrik, ia berjuang untuk memikirkan cara-cara baru untuk menggunakan sebuah pensil.

4 dari 4 halaman

Cara Melatih Pikiran Untuk Meningkatkan Kreativitas

1. Beri diri Anda Istirahat.

Beri diri Anda istirahat dengan berjalan-jalan atau mandi. Tidak hanya menghilangkan stress, tetapi juga dapat membantu Anda masuk ke dalam cara berpikir yang berbeda.

2. Carilah Perubahan

Mengubah lingkungan kita dapat membawa kita pada wawasan baru dengan memberikan rangsangan baru pada otak kita. Namun pastikan hal tersebut adalah sesuatu yang cukup menarik

3. Lakukan Secara Rutin

Kreativitas yang Anda dapatkan akan lebih baik dengan latihan yang berulang-ilang dan dilakukan secara rutin.

4. Pikirkan tentang apa yang membuat Anda berada dalam mode berpikir kreatif

Dengan memikirkan tentang apa yang membuat Anda berada dalam mode berpikir kreatif, Anda dapat mencari pengalaman yang membuat pikiran Anda berada dalam kondisi yang lebih kreatif. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.