Sukses

Tips Mudah Mendapatkan Rambut Sehat dan Berkilau Secara Alami

Memiliki rambut yang sehat secara alami adalah keinginan setiap orang. Berikut merupakan tips mudah untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau secara alami yang dapat Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut sehat dan berkilau menjadi dambaan bagi setiap orang. Rambut sehat adalah keinginan semua orang karena rambut yang sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri, penampilan, dan kesehatan secara keseluruhan.

Rambut yang sehat juga menandakan bahwa tubuh kita dalam kondisi yang baik dan sehat karena rambut yang tidak sehat bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan seperti kekurangan nutrisi, gangguan hormonal, atau bahkan penyakit tertentu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan rambut sangat penting untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut menjadi kusam, seperti polusi dan debu yang menempel pada rambut, terlalu sering menggunakan bahan kimia pada rambut seperti cat rambut, dan kekurangan asupan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk pertumbuhan rambut serta terlalu sering menggunakan alat styling seperti hair dryer, catokan, atau alat penggulung rambut yang dapat merusak kutikula rambut.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan rambut dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat, menjaga pola makan yang sehat, menghindari paparan bahan kimia dan sinar matahari yang berlebihan, serta menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut merupakan tips mudah untuk mendapatkan rambut sehat dan rambut berkilau secara alami, seperti melansir dari laman Health Line, Senin (17/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gunakan Sampo Pembersih

Sampo pembersih dirancang untuk membersihkan penumpukan produk. Produk rambut yang belum sepenuhnya dibersihkan dari rambut Anda dapat menyumbat pori-pori di kulit kepala Anda. Oleh karena itu, pentingnya menggunakan sampo pembersih untuk membuat rambut Anda lebih sehat dan berkilau.

Penting untuk memilih sampo pembersih yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala kita, serta tidak menggunakan sampo pembersih terlalu sering agar rambut dan kulit kepala tetap sehat. Sebaiknya, gunakan sampo pembersih secara teratur tapi tidak terlalu sering, dan jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setelahnya untuk menjaga kelembaban dan kelembutan rambut.

2. Bilas Rambut dengan Air Dingin

Meskipun panas membuka kutikula rambut Anda, air dingin akan menutupnya. Membilas rambut Anda dengan air dingin membantu mengunci kelembapan. Selain itu, membilas rambut dengan air dingin akan mengencangkan pori-pori kulit kepala, sehingga membantu mencegah kerontokan rambut.

3 dari 4 halaman

3. Perbanyak Makanan yang Menyehatkan Rambut

Asam lemak yang ditemukan dalam makanan seperti ikan, alpukat, dan zaitun memiliki lemak sehat yang bermanfaat untuk kulit dan rambut. Pilihan makanan sehat untuk rambut lainnya seperti blueberry, kacang-kacangan, telur, dan bayam.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan, mengonsumsi minyak ikan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut, terutama pada wanita.Meskipun suplemen ini tidak akan membuat rambut Anda berkilau, suplemen ini dapat meningkatkan kesehatan rambut Anda sehingga membantu membuat rambut Anda menjadi lebih berkilau.

4. Menggunakan vitamin dan serum rambut

Penggunaan vitamin rambut dapat membantu memperkuat rambut dan mencegah kerontokan rambut, serta meningkatkan kesehatan kulit kepala. Vitamin rambut sebaiknya juga digunakan sebagai tambahan dari pola makan sehat dan seimbang, serta perawatan rambut yang baik. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan zat besi dapat membantu memperkuat rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

5. Fokus pada kulit kepala

Rambut yang sehat dimulai dari kulit kepala yang sehat. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala adalah dengan memijat kulit kepala. Memijat kulit kepala Anda dapat membantu menstimulasi aliran darah untuk mendorong produksi minyak alami dan melonggarkan penumpukan minyak. 

4 dari 4 halaman

Hal yang Harus Dihindari untuk Menjaga Rambut Tetap Berkilau

1. Kurangi penggunaan pengering rambut

Menggunakan pengering rambut terlalu sering dapat merusak rambut karena panas yang dihasilkan dari pengering rambut dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah patah. Selain itu, pengering rambut juga dapat merusak kulit kepala dan menyebabkan iritasi. Jika Anda sering menggunakan pengering rambut, sebaiknya menggunakan suhu yang lebih rendah dan jangan mengarahkannya terlalu dekat ke kulit kepala.

2. Hindari penggunaan sulfat dan silikon

Bahan-bahan ini menciptakan busa yang melimpah dan kesan bersih, tetapi dapat membuat rambut Anda kering dan menimbulkan penumpukan dalam jangka panjang.

3. Cobalah untuk tidak menggunakan kondisioner yang berat

Kondisioner yang kental dan lembut bekerja paling baik pada rambut yang tebal dan sangat kering. Jika Anda memiliki rambut halus, kondisioner yang berat dapat membebani rambut dan menimbun minyak. Untuk itu, sebelum menggunakan kondisioner, ketahui terlebih dahulu tipe rambut Anda.

4. Jangan bilas rambut dengan air panas

Sebaiknya, gunakan air dingin atau hangat saat membilas rambut. Air dingin atau hangat dapat membantu menutup kutikula rambut dan membuat rambut terlihat lebih berkilau dan mudah diatur. Selain itu, air dingin atau hangat juga dapat membantu menjaga kelembapan alami rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.