Sukses

Jangan Abai, Kenali 4 Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Wajah

Kolesterol tinggi tidak hanya mempengaruhi jantungmu, tapi juga bisa berdampak negatif pada wajahmu.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar kasus kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala apa pun, dan hanya terdeteksi ketika seseorang melakukan pemeriksaan rutin.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah seseorang, yang diperlukan untuk membangun sel-sel sehat. Namun, nama buruk yang diperoleh kolesterol selama bertahun-tahun adalah karena hubungannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Tapi yang penting diperhatikan adalah bahwa hanya kadar kolesterol yang tinggi yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seseorang.

Kolesterol tinggi tidak hanya mempengaruhi jantungmu, tapi juga bisa berdampak negatif pada wajahmu.

Jadi, penting untuk memperhatikan tanda-tanda ini dan segera mendapatkan perawatan yang sama. Oleh karena itu, ketahui beberapa tanda kolesterol tinggi yang muncul di wajah, seperti melansir dari Times of India, Rabu (19/4/2023).

Xanthelasmas​

Apakah Anda pernah memperhatikan benjolan lunak di kelopak mata? Ini bewarna jingga dan sangat lembut saat disentuh.

Ini disebut xanthoma dan kondisinya dikenal sebagai ​xanthelasmas​. Dalam kondisi ini, endapan lilin menumpuk di bawah kulit kelopak mata.

Namun, tidak semua orang dengan kolesterol tinggi mengalami xanthelasmas​, tapi kebanyakan terlihat pada mereka yang memiliki profil lipid yang tidak seimbang.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter ketika Anda memperhatikan hal ini.

Arkus kornea

Ini adalah garis putih tipis yang terlihat di sekitar kornea. National Heart, Lung and Blood Institute AS (NHLBI) mengatakan bahwa arcus korea adalah indikator besar kolesterol tinggi. Dikatakan individu yang memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi cenderung mengembangkan arcus kornea.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Eruptive xanthoma

Benjolan bewarna jingga atau kulit di wajah, pipi dan dahi juga menandakan kolesterol tinggi. Benjolan ini juga muncul di bokong, siku, tangan dan lutut.

Adanya eruptive xanthoma pada tubuh menandakan tingginya kadar trigliserida di dalam tubuh.

Psoriasis

Jika Anda melihat bercak-bercak merah dan gatal pada kulit di wajah dan bagian tubuh lainnya, segera lakukan pengobatan.

Ini disebut psoriasis, kondisi peradangan kulit yang juga terlihat pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah.

3 dari 3 halaman

Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Mata

Menurut klinik Cleveland, salah satu cara paling umum kolesterol bisa mempengaruhi mata Anda adalah adanya xanthelasma, timbunan lemak kecil bewarna kekuningan di kulit di sekitar matamu. Paling sering terbentuk di kelopak mata.

“Kehadiran kolesterol jahat yang tinggi dalam darah Anda bisa menyebabkan masalah ketika mulai berkumpul di matamu,” kata ahli the Independent optician Care Optics.

Care Optics mengatakan bahwa ada tiga tanda utama yang menandakan kolesterol jahat menumpuk di matamu. Tanda-tandanya di antaranya:

  • Deposit putih, abu-abu dan kuning terbentuk di sekitar kornea
  • Penglihatan kabur
  • Benjolan kuning di sekitar mata

Pada awal tanda-tanda ini, para ahli merekomendasikan untuk segera menguji diri sendiri.

Lebih lanjut, Care Optics mengklaim bahwa tanda-tanda ini paling sering menyebabkan masalah mata yang lebih parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.