Sukses

Tips Buat Ketupat Agar Tak Mudah Basi, Mulai dari Cara Memasak hingga Penyimpanannya

Jika salah cara memasak hingga menyimpannya, ketupat bisa mudah basi. Nah, untuk membuat ketupat yang empuk dan tahan lama berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hitungan hari umat muslim di tanah air akan menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Tentunya momen Lebaran menjadi momen yang dinantikan banyak orang. 

Pasalnya di hari ini kita akan berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara. Ada hal yang dinantikan saat Lebaran Idul Fitri tiba, yaitu ada menu khas Lebaran. 

Salah satu makanan yang wajib ada saat Lebaran adalah ketupat. Ketupat menjadi menu andalan saat Lebaran. Ya, sebagian besar masyarakat Indonesia tentu menghidangkan ketupat di Hari Raya Idul Fitri. Ketupat biasanya akan dihidangkan bersama dengan opor ayam atau rendang.

Nyatanya memasak ketupat bisa dibilang susah-susah gampang dan memang perlu cara serta tekniknya sendiri yang tentu berbeda dari yang lainnya. Selain pemilihan daun dan beras yang baik, kita juga perlu memperhatikan cara merebusnya. Pasalnya jika salah cara memasak hingga menyimpannya, ketupat bisa mudah basi. Nah, untuk membuat ketupat yang empuk dan tahan lama berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

Pemilihan Beras

Hal utama yang harus diperhatikan ialah pemilihan beras. Untuk membuat ketupat yang lembut kalian harus menggunakan beras yang pulen. Cara memasaknya pun rendam beras dalam air dingin selama 1 jam. Lalu tiriskan hingga kering. Isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat.

2 dari 4 halaman

Cara Merebus Ketupat

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah cara merebus ketupat. Jika kalian menggunakan panci biasa, pilih panci besar. Kemudian isi air dan masak hingga air mendidih. Baru setelah itu, masukkan ketupat yang sudah diisi beras. Jika air menyusut, tambahkan lagi air mendidih supaya suhunya tetap stabil.

Dengan cara ini, kalian butuh waktu 4-5 jam sampai ketupat benar-benar empuk dan masak. Setelah ketupat matang, tiriskan lalu angin-anginkan terlebih dahulu supaya ketupat lebih tahan lama.

 

3 dari 4 halaman

Cara Penyimpanan Ketupat Agar Tak Mudah Basi

Selanjutnya yang paling penting ialah memerhatikan cara penyimpanan ketupat agar tak mudah basi. Kalian bisa menyimpan ketupat dalam kulkas dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. Untuk menghangatkannya kembali, kalian bisa mengukusnya (jangan direbus). Ketupat yang masih utuh lebih tahan lama dibandingkan ketupat yang sudah dipotong.

4 dari 4 halaman

Warganet Tunggu Kepastian Lebaran Idul Fitri: Bikin Ibu-Ibu Pusing Kapan Harus Masak Opor dan Ketupat

 Masyarakat Indonesia masih menunggu kepastian Lebaran Idul Fitri dari hasil Sidang Isbat yang akan diselenggarakan Kementerian Agama sore ini, Kamis (20/4). Meski demikian, Pengurus Pusat Muhammadiyah telah memutuskan untuk merayakan Lebaran Idul Fitri 2023 pada Jumat, 21 April 2023.

Ketidak pastian hari lebaran idul fitri ini tentu saja cukup mengganggu bagi beberapa orang. Terlebih bagi mereka yang terbiasa memasak makanan tertentu untuk menyambut lebaran idul fitri.

Ini disampaikan oleh warganet yang mengaku ibu mereka masih bingung menunggu kepastian pemerintah kapan lebaran idul fitri. Malahan beberapa warganet mengaku, keputusan pemerintah sangat krusial menyangkut ketersediaan opor dan ketupat di rumah mereka. Berikut beberapa curhat warganet terkait lebaran idul fitri seperti dihimpun dari berbagai sumber:
Â