Sukses

Alami Panas Dalam? Konsumsi 8 Buah Ini untuk Bantu Meredakannya

Jangan langsung konsumsi obat-obatan, makan buah-buahan ini bisa membantu mengatasi panas dalam.

Liputan6.com, Jakarta Istilah panas dalam pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, ya. Rasa nyeri di tenggorokan, sakit saat menelan, sariawan, dan bibir pecah-pecah yang paling sering menggambarkan kondisi tersebut. 

Namun, dari beberapa sumber yang kami himpun, Kamis (27/4/2023), sebenarnya tidak ada sakit panas dalam dalam dunia medis. Kondisi ini pun juga sebenarnya bukan suatu penyakit, melainkan merupakan kumpulan gejala di tenggorokan atau gejala awal dari adanya infeksi virus dan bakteri. Sayangnya, sudah banyak orang terlanjur menganggap serangkaian gejala yang mereka alami sebagai sebuah penyakit khusus.

Menurut ilmu pengobatan tradisional, panas dalam bisa muncul saat seseorang mengonsumsi terlalu banyak makanan yang diolah dengan suhu tinggi. Misalnya daging bakar, gorengan, atau makanan tertentu seperti durian, cokelat, dan makanan yang berbumbu tajam. Sementara itu, kondisi kelelahan juga bisa menjadi tandai dengan adanya rasa panas di dalam tubuh.

Adapun ciri-ciri atau gejala panas dalam lain yang sering dikeluhkan antara lain sakit gigi, badan pegal, sensasi terbakar di dada, diare, dan badan terasa mengeluarkan panas.

Kondisi panas dalam memang bisa bisa membuat rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, sebelum langsung mengonsumsi obat, tahukah Anda kalau panas dalam sebenarnya bisa diredakan dengan mengonsumsi buah-buahan? Pastinya pengobatan lebih alami dan buah lebih gampang ditemukan di sekitar Anda. Lantas apa saja buah-buahan yang bisa jadi pilihan? Berikut kami rekomendasikan beberapa buah-buahan untuk mengatasi panas dalam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Pilihan Buah untuk Redakan Panas Dalam

Buah-buahan dapat membantu meredakan gejala-gejala panas dalam yang timbul. Berikut di antaranya:

1. Semangka

Semangka mengandung 92% di dalamnya. Oleh karenanya, mengonsumsi semangka tentu bisa membantu meredakan dehidrasi dan mendinginkan suhu tubuh. Bahkan, jika dikonsumsi secara rutin, buah semangka mampu mengendalikan suhu panas dalam tubuh yang bermanfaat untuk mencegah panas dalam.

2. Timun

Sama seperti semangka, timun juga termasuk jenis buah-buahan yang membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, karena kandungan airnya sekitar 95% per buah. Tidak hanya itu, timun pun mengandung serat yang tinggi sehingga bisa mencegah timbulnya sembelit akibat panas dalam. 

3. Belimbing

Belimbing diketahui bisa membantu meredakan infeksi pada tenggorokan beserta sensasi panas yang timbul akibat sakit tenggorokan dan panas dalam. Anda bisa langsung memakannya atau membuatnya menjadi jus buah belimbing supaya nyaman dikonsumsi.

 

3 dari 4 halaman

Berbagai Pilihan Buah untuk Redakan Panas Dalam

4. Jeruk nipis

Sudah bukan rahasia lagi jika jeruk nips mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi. Makanya, minum sari jeruk nipis dapat membantu Anda dalam mempercepat proses penyembuhan di dalam tubuh, meredakan tenggorokan bengkak, serta membuat tenggorokan lebih lega. Untuk meredakan gejala di tenggorokan, Anda bisa minum campuran sari jeruk nipis dan 1 sendok makan madu murni.

5. Delima

Buah delima juga mengandung vitamin C serta antioksidan cukup tinggi. Tidak hanya membuat kulit lebih glowing, kedua nutrisi tersebut bisa membantu meredakan sakit tenggorokan, lho. Buah ini juga membantu melawan penyebab infeksi di dalam tubuh. Anda bisa langsung mengonsumsinya atau membuatnya menjadi jus lebih dulu.

 

4 dari 4 halaman

Berbagai Pilihan Buah untuk Redakan Panas Dalam Selanjutnya

6. Kiwi

Konsumsi kiwi secara rutin dapat membantu Anda untuk memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Selain itu, adanya kandungan serotinin pada kiwi, bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. Dengan istirahat yang cukup, pasti sakit tenggorokan pun lebih cepat diobati.

7. Lemon

Sama seperti jeruk nipis, lemon juga kaya akan sumber vitamin C yang membantu meredakan sensasi panas dalam. Bahkan, saat dikonsumsi, lemon juga membantu meningkatkan oksigen serta elektrolit dalam tubuh. 

8. Nanas

Buah terakhir yang bisa Anda coba konsumsi adalah nanas. Nanas pun termasuk jenis buah yang memiliki kadar vitamin C tinggi dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga dengan konsumsi nanas bisa membantu mempercepat pengobatan radang tenggorokan ketika panas dalam. Anda bisa minum 1 gelas jus nanas 1-2 jam sebelum istirahat. Dengan begitu, manfaat jus nanas bisa bekerja dengan lebih baik lagi di dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini