Sukses

Mengenal Word of Affirmation, Bahasa Cinta yang Dikeluarkan Lewat Kata-Kata

Word of Affirmation adalah salah satu dari love language atau bahasa cinta dimiliki seseorang. Kenali love language lewat artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda atau pasangan merasa selalu butuh penegasan cinta lewat kalimat yang terucap satu sama lainnya? Seperti misalnya, Anda akan merasa kurang dicintai jika salah satunya tidak mengucapkan kata-kata yang romantis dan mesra. Kalau demikian, mungkin saja Anda memiliki bahasa cinta words of affirmation.

Memang bukan rahasia lagi, apabila setiap pasangan selalu punya cara tersendiri untuk menunjukkan rasa cinta untuk membangun koneksi. Seperti misalnya, ungkapan lewat kalimat.

Beberapa orang mungkin menganggap kalau cinta yang disampaikan lewat perkataan hanyalah sebuah ungkapan, apalagi seandainya tidak dibarengi dengan tindakan nyata.

Namun begitu, ada juga sebagian orang yang sangat bahagia saat mendapatkan ungkapan cinta dari pasangan. Ya, karena dia memiliki love language atau bahasa cinta berupa words of affirmation. Maka tidak mengherankan bila kata-kata adalah segalanya untuknya.

Apa Itu Love Language Words of Affirmation? 

Jika membahas tentang love language, maka tidak bisa lepas dari penulis buku The Five Love Languages, Gary Chapman, Ph.D. Dilansir dari laman Verywellmind, Rabu (3/5/2023), words of affirmation adalah bahasa cinta yang paling umum, sekaligus dapat menunjukkan ekspresi verbal.

Words of affirmation adalah kata-kata yang bisa mengkomunikasikan cinta, penghargaan, serta rasa kasih sayang Anda kepada orang lain atau pasangan. Terlebih kalimat sederhana seperti "Saya berterima kasih atas..." atau "Saya suka bagaimana Anda..." akan sangat membantu untuk membuatnya merasa dihargai dan dicintai. Bahkan, tulisan tangan, ucapan pujian, dan rasa syukur, juga penting bagi pemilik bahasa cinta yang satu ini.

Biasanya, orang yang memiliki love language cenderung menjadi orang yang sangat detail dalam memperhatikan dan peduli dengan kehidupan orang lain. Maka tidak mengherankan apabila mereka mungkin menjadi orang yang pertama dalam memperhatikan potongan rambut baru pasangannya. Mereka juga akan mengingat tanggal ulang tahun seseorang ataupun kondisi kesehatan orang lain. 

Pemilik love language words of affirmation biasanya seringkali memiliki perasaan yang sensitif. Karena sangat peduli dengan orang lain, biasanya mereka juga ingin orang tersebut juga melakukan hal yang sama. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kelebihan dari Words of Affirmation

Apakah menggunakan kata-kata afirmasi positif begitu efektif? Ya, terlebih bagi seseorang yang cenderung mementingkan apa yang dikatakan orang lain, terutama pasangan mereka. Saat mendengar kata-kata penegasan seperti itu bisa membantunya merasa dihargai dan lebih bahagia. Dengan kalimat yang bermakna dalam, Anda dapat memperkuat komunikasi berdua bersama pasangan. 

Selain itu, lewat kata-kata pula Anda dapat memberikan pujian kepada pasangan agar dia dapat merasa lebih semangat dan dihargai. Karena bagi pemilik words of affirmation, bentuk kepedulian orang lain menjadi dorongan semangat baginya dan memberikan dampak yang baik dan merasa lebih percaya diri.

Maka, jangan pelit untuk memberikan pujian atau hadiah-hadiah kecil kepada pasangan, ya. 

3 dari 5 halaman

Cara Melakukan Words of Affirmation

Bahasa cinta lewat kata-kata memang dapat digunakan untuk berbagai jenis afirmasi positif yang disampaikan untuk keluarga, pasangan, teman, atau bahkan rekan kerja sekalipun. Berikut ini cara memberikan words of affirmation seperti yang kami lansir dari laman Wellandgood:

  •  Mulai dari sesuatu yang sederhana

Memang tidak semua orang pandai merangkai kata-kata mesra. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Kata-kata afirmasi bisa sesederhana untuk mengatakan terima kasih kepada pasangan.

Contoh lainnya dengan mengatakan agar dia berhati-hati saat berpisah dengan Anda. Walaupun kelihatan sederhana, kalimat itu penting sekali untuk didengar oleh mereka.

  • Menulis surat cinta

Tidak jarang, beberapa orang sering merasa kesulitan dalam memberikan perhatian secara lisan. Namun tidak usah cemas, Anda bisa mengungkapkan rasa cinta kepada pasangan lewat surat cinta.

Nah, supaya lebih romantis, coba pakai pena dan kertas lalu tulislah sebuah surat untuk mengungkapkan perasaanmu. Meskipun terkesan biasa, tapi pasangan Anda juga akan merasa senang saat membacanya.

  • Kutip kalimat dari puisi atau lagu

Kalau sulit mengungkapkan atau menuliskan perasaan yang dirasakan, tidak ada salahnya untuk mengutip langsung quotes yang populer serta menggambarkan hubungan kalian berdua. Bahkan, seorang pakar hubungan dan seks, Jess O’Reilly, PhD, menyarankan untuk memberikan buku kepada pasangan dan menggarisbawahi bagian-bagian yang bertuliskan tentang hubungan yang dialami. 

  • Tinggalkan catatan kecil

Saat pasangan Anda pergi, selipkan sesuatu catatan tempel berukuran kecil atau post it ke dalam tas atau dompetnya. Di dalamnya, Anda bisa menuliskan ungkapkan bahwa kehadiran pasangan sangat berarti bagi hidup Anda.

  • Ekspresikan perasaan yang tulus

Bila pasangan Anda memiliki words of affirmation, cobalah mengerti dan memahami perasaannya. Apalagi ketika dia sedang sedih atau marah, jadilah lebih berempati kepadanya. Lalu, tunjukkan bahwa kamu mengetahui bagaimana perasaannya, serta tunjukkan dukungan kamu agar dia tidak larut dalam kesedihan. 

4 dari 5 halaman

Detail Sederhana untuk Pemilik Words of Affirmation

Seperti dilansir dari Cosmopolitan, ada beberapa detail sederhana yang bisa Anda ungkapkan kepada pasangan yang memiliki bahasa cinta words of affirmation, seperti:

  • Katakan, "Aku mencintaimu" dan jelaskan apa yang Anda sukai dari pasangan
  • Ekspresikan perasaan Anda sesering mungkin
  • Ucapkan selamat atas kemenangan, baik besar ataupun kecil. Misalnya saja saat mendapatkan promosi kerja atau sekadar berhasil untuk parkir paralel
  • Puji rambut, pakaian, parfum, senyum pasangan
  • Berterima kasih kepada pasangan karena telah melakukan sesuatu yang terbaik
  • Biasakan diri Anda dengan menuliskan sesuatu seperti catatan kepada pasangan saat ulang tahun atau hari libur
  • Beri tahu betapa Anda saat bangga terhadap pasangan untuk sesuatu yang spesifik
  • Fokus pada kata-kata dan komunikasi yang positif, termasuk ketika masa sulit sekalipun
  • Unggah foto berupa caption yang lucu atau romantis pada hari mereka ulang tahun ke media sosial
  • Selalu berikan pasangan validasi dan pujian secara verbal
  • Akui ketika pasangan melakukan sesuatu yang mengesankan dan baik
  • Kirimi pasangan chat sepanjang hari untuk mengesankan bahwa Anda selalu memikirkan pasangan

Nah, kira-kira itulah beberapa detail sederhana yang bisa Anda lakukan kepada pasangan. Selalu ingat bahwa bagi pemilik words of affirmation, kata-kata adalah "teman," jadi sebisa mungkin hindari pembicaraan yang negatif atau tuduhan tertentu karena dapat berdampak lama dan tidak mudah dilupakan.

5 dari 5 halaman

Jika Anda Memiliki Words of Affirmation

Untuk Anda yang justru memiliki words of affirmation, sebaiknya Anda juga memberitahukan pasangan terkait hal ini. Apalagi jika pasangan memiliki bahasa cinta yang berbeda dan mereka sukar untuk mengungkapkan kata-kata lisan atau tertulis.

Bahkan, seandainya pasangan sudah tahu love language Anda sekalipun, ada beberapa orang yang memang tidak pandai melakukannya. Jadi, jangan sampai terberpikiran bahwa Anda tidak merasa dicintai. 

Satu hal yang paling penting yaitu love language dapat berubah dari waktu ke waktu, semua tergantung situasi dan kondisi tertentu. Misalnya saja, setelah hari yang buruk, Anda mungkin lebih memilih pelukan ketimbang obrolan ringan. Atau saat bertemu pasangan, Anda mungkin hanya ingin menghabiskan waktu berkualitas berdua daripada mendiskusikan perasaan Anda. 

Itulah gunanya komunikasi bersama pasangan, sehingga kalian berdua juga mengetahui apa yang dibutuhkan saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.