Sukses

Pertama Kali Nonton Konser KPop? Ketahui 7 Hal Ini Sebelum Pergi

Jika Anda belum pernah ke konser KPop sebelumnya dan tidak memiliki teman bareng untuk menonton, Anda perlu menyimak tips berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, bisa menonton konser secara langsung idola mereka seperti mimpi yang berubah menjadi nyata.

Maka tidak mengherankan, bila para penggemar akan mempersiapkan diri hingga bertahun-tahun sampai keluar jadwal konser sang idola. Terlebih bagi penggemar internasional yang memang harus menunggu sebelum kesempatan itu datang.

Nah, Indonesia kini sudah menjadi destinasi utama berbagai konser KPop. Rasanya sejak tahun 2022 lalu sampai pertengahan tahun 2023 ini, sudah banyak idol dari boygroup atau girlgroup yang datang ke sini. Belum lagi fanmeeting dari aktor dan aktris kenamaan. Sebut saja Blackpink, Itzy, WayV, Kim Seon Ho, dan masih banyak lagi.

Perhelatan acara ini tentunya menimbulkan rasa bahagia bagi para fangirls dan fansboy. Setidaknya, kita tidak harus jauh-jauh pergi ke Korea Selatan untuk bertemu langsung dengan sang idola. Tapi jangan sampai Anda tidak memiliki persiapan untuk menonton konser KPop, ya. Terlebih jika ini menjadi salah satu pengalaman pertama Anda.

Bagaimana harus mempersiapkan diri? Apa saja yang mesti dipersiapkan? Seperti apa rasanya "menghirup" udara yang sama dengan idola dan melakukan fangirling atau fanboying yang intens?

Jika Anda belum pernah ke konser KPop sebelumnya dan tidak memiliki teman bareng untuk menonton, Anda perlu menyimak tips berikut. Melansir dari laman Soompi, Kamis (4/5/2023), ini beberapa tips dan hal yang harus dilakukan sebelum menghadiri konser KPop pertama Anda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membeli Tiket Konser

Tiket mungkin menjadi salah satu misi tersulit ketika Anda berencana untuk pergi menonton konser KPop, terutama jika Anda mengincar tiket VIP atau dengan soundcheck.

Mengingat tingginya permintaan terhadap tiket dan keterbatasan tempat membuat orang selalu sigap saat penjualan tiket dibuka. Biasanya setelah pengumuman tur, manajemen artis akan cepat menginformasikan pengumuman tiket juga, jadi inilah waktunya Anda untuk melakukan "war" tiket.

Selalu baca semua informasi dengan cermat dan teliti, seperti pre-registrasi di situs tiket, pembayaran, dan koneksi internet.

Mengingat skill mengamankan kursi bisa berbeda-beda, tidak ada salahnya juga untuk meminta bantuan kawan untuk membantu melakukan ticket war tersebut. Hal ini supaya kemungkinan Anda mendapatkan tiketnya jauh lebih besar.  

2. Siapkan Tiket Akomodasi dan Detail Perjalanan

Tidak semua orang cukup beruntung untuk menonton konser KPop pertama mereka di kota tempat tinggalnya. Terlebih umumnya konser KPop sendiri sering diadakan di sekitaran Jakarta, dengan venue konser yang lebih bervariasi. Kondisi ini yang membuat beberapa fans di daerah luar Jakarta, harus mempersiapkan biaya lebih.

Tidak hanya biaya tiket, tapi ada baiknya siapkan juga tiket perjalanan serta penginapan. Biasanya, setelah pengumuman lokasi, hotel di sekitaran venue akan banyak di-booking, jadi Anda harus persiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, pastikan juga Anda sudah mengetahui daerah di sekitar venue agar Anda tidak perlu menempuh perjalanan jauh dan tidak tersasar.

3. Menghafal Fanchant dan Lagu

Apa perbedaan konser KPop dengan konser lainnya? Salah satunya para penonton meneriakkan fanchant bersama. Biasanya Anda hanya mendengarnya di siaran dan DVD saja, kali ini Anda langsung menjadi bagian dari itu. Nah, ini menjadi salah satu budaya fandom yang menjadi aturan tidak tertulis saat menghadiri konser KPop.

Ada baiknya, Anda meluangkan waktu untuk mempelajari nama-nama anggota grup dan di mana Anda harus bernyanyi selama konser. Jangan sampai Anda ternyata tidak hafal dengan fanchant grup idola atau lagu-lagu yang mereka bawakan. Pelajari dulu setlist lagu yang diketahui secara umum, ya!  

3 dari 4 halaman

4. Menabung untuk Membeli Official Merch

Memang betul Anda sudah menghabiskan banyak uang untuk menonton konser idola. Namun, rasanya akan sangat disayangkan kalau tidak membeli official merch yang ditawarkan di venue konser.

Biasanya, merch tersebut hanya dijual pada saat konser dan dalam jumlah yang terbatas. Jika ingin membeli merch secara langsung, pastikan Anda juga sudah mempunyai tabungan yang cukup, ya. 

Nah, jika membeli merch menjadi salah satu agenda Anda menonton konser, sebaiknya tiba di sana jangan terlambat. Biasanya, beberapa barang akan terjual dengan cepat dan antrean pun akan mengular. Maka, persiapkan juga hal ini dengan semaksimal mungkin.

5. Mencari Info tentang Fan Project

Salah satu bagian terbaik dari menonton konser KPop adalah adanya fan project yang dibuat oleh fandom untuk para idola mereka.

Anda bisa menemukan informasi tentang fan project ini di media sosial, karena biasanya ada fanbase yang menyelenggarakannya. Proyek ini pun juga bermacam-macam, ada yang berupa membuat spanduk, poster, atau proyek ulang tahun. 

4 dari 4 halaman

6. Mencari Teman Baru

Tidak usah khawatir atau cemas saat menonton konser sendirian, karena Anda pun bisa menemukan teman baru selama di sana. Konser menjadi surga nyata bagi setiap penggemar.

Anda akan dikelilingi oleh ribuan orang yang berbagi cinta kepada idola dan ini menjadi kesempatan baik untuk menjalin pertemanan baru. Cobalah untuk bergabung dan terbuka dalam percakapan saat membicarakan tentang idol. Terus tidak lupa untuk bertukar username media sosial untuk saling follow satu sama lain.

7. Nikmati Konser

Hal terakhir dan tidak kalah penting yakni nikmati konsernya! Fokus kepada idola Anda di atas panggung, hanyut dalam musik dan koreografi. Nikmati semua kesempatan ini karena Anda berhak menerimanya. Apalagi ini menjadi salah satu impian, jadi buatlah hal ini berkesan mungkin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.