Sukses

4 Tanda Pasangan Anda Tidak Akan Pernah Selingkuh Menurut Ahli

Alih-alih mencari tanda-tanda pasangan Anda berselingkuh, carilah tanda-tanda seseorang yang tidak akan pernah selingkuh.

Liputan6.com, Jakarta - Berada bersama seseorang yang ternyata tidak setia bisa menjadi pengalaman yang sangat sulit dan menegangkan, memengaruhi stabilitas emosi dan kesehatan orang yang menerima perselingkuhan.

Selingkuh akan menghancurkan kepercayaan, menimbulkan kecemasan, dan sering tidak pernah bisa dimaafkan.

Jadi, saat mencari pasangan, masuk akal jika banyak individu mencari tanda bahaya yang menandakan perselingkuhan.

Alih-alih mencari tanda-tanda pasangan Anda berselingkuh, carilah tanda-tanda seseorang yang tidak akan pernah selingkuh.

Para ahli membagikan beberapa tanda yang menunjukkan pasangan Anda tidak akan pernah selingkuh, seperti melansir dari Best Life, Kamis (4/5/2023).

1. Kalian punya tingkat keintiman emosional yang tinggi

Hubungan Anda juga ikut berperan. Jika solid, selingkuh mungkin tidak terlalu menjadi masalah.

"Pasangan yang telah membangun hubungan emosional yang kuat lebih cenderung merasa puas dan terpenuhi dalam hubungan tersebut, yang bisa membantu mereka melawan godaan untuk mencari orang lain," kata pekerja sosial klinis berlisensi, Steve Carleton.

Hal utama yang harus dicari adalah keintiman emosional. "Tanda-tanda keintiman emosional termasuk mampu mengungkapkan perasaan dan pikiran secara terbuka, mampu berbicara melalui perbedaan pendapat tanpa argumen, dan merasa nyaman dan aman dalam hubungan," lanjutnya.

Memiliki keintiman emosional juga berarti setiap individu merasa diterima oleh orang lain dan tidak takut dihakimi atau dikritik.

Pasangan seharusnya berbagi kerentanan, kepercayaan dan pemahaman. Jika mereka merasa ada yang tidak beres dalam hubungannya, mereka akan mengungkitnya dan berkomunikasi secara terbuka tentang hal itu.

 

2 dari 3 halaman

2. Dia memiliki sifat-sifat kepribadian ini

Kepribadian umum pasanganmu juga bisa memprediksi potensi perselingkuhannya. Seorang terapis di Live Another Day, Michelle Giordano menemukan bahwa dalam pengalamannya, beberapa ciri menandakan orang cenderung tidak melakukan perselingkuhan.

Ciri-ciri tersebut adalah ketelitian, pengendalian diri, empati, gaya keterikatan yang aman, dan harga diri yang tinggi.

Mereka sering berarti orang-orang yang bertanggung jawab, dapat diandalkan, selaras dengan emosi orang lain, nyaman dengan keintiman emosional, percaya dan mampu menahan godaan.

"Namun, penting untuk dicatat bahwa sifat-sifat ini bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi seseorang berselingkuh dan tidak ada cara yang sangat mudah untuk memprediksi perselingkuhan," tambah Giordano. Untuk hasil terbaik, percayalah pada insting Anda.

3. Dia tidak pernah selingkuh di masa lalu

Jika seseorang tidak pernah selingkuh di masa lalu, kemungkinan kecil dia akan melakukannya di masa depan.

"Ini karena perilaku seseorang di masa lalu seringkali merupakan prediktor yang sangat baik untuk perilaku di amsa depan, terutama dalam pertanyaan tentang integritas dan keyakinan pribadi," terapis perkawinan dan keluarga berlisensi, Marley Howard.

Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa Anda tidak akan pernah tahu pasti. "Perilaku dan keadaan orang berubah dari waktu ke waktu, dan banyak alasan bisa menyebabkan perselingkuhan," lanjutnya.

Namun, jika Anda memasuki masa sulit, Anda akan tahu bahwa pasanganmu tetap setia di masa lalu, yang menunjukkan nilai-nilai dia secara positif.

 

3 dari 3 halaman

4. Dia tidak menyembunyikan ponselnya

Carleton mengatakan seseorang yang berselingkuh akan melingdungi ponselnya, baik dengan menyembunyikannya atau menggunakan tidakan pengamanan seperti kata sandi yang berlebihan, teknologi sidik jari dan aplikasi terenkripsi.

Jika pasangan Anda cenderung tidak selingkuh, dia akan lebih santai dengan ponselnya.

"Karena mereka tidak punya alasan untuk menyembunyikan apa pun, mereka cenderung lebih santai dengan cara mereka menggunakan ponselnya dan tidak khawatir seseorang mengakses informasi yang tidak ingin mereka lihat," ucap Carleton.

Jika pasangan memiliki pertanyaan atau permintaan terkait penggunaan ponselnya, dia bersedia untuk berbagi detail tanpa ragu.

Jika dia tidak memiliki rahasia, maka tidak ada yang perlu dilindungi.