Sukses

6 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Berenang Secara Rutin

Para ahli menyarankan bahwa berenang setidaknya selama 30 menit atau menyelesaikan 20-60 putaran bisa meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan.

Liputan6.com, Jakarta Berenang adalah metode latihan yang mudah dan efisien yang bisa bermanfaat bagi siapa saja tanpa kesulitan.

Para ahli menyarankan bahwa berenang setidaknya selama 30 menit atau menyelesaikan 20-60 putaran bisa meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan.

Jadi, berenang secara rutin bisa menghasilkan banyak manfaat tanpa efek samping negatif. Oleh karena itu, ketahui beberapa hal positif yang didapat tubuh jika Anda berenang secara rutin, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (13/5/2023).

1. Kualitas tidur menjadi lebih baik

Latihan aerobik terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur, tak terkecuali berenang. Penelitian menunjukkan bahwa berkeringat saat melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan kualitas tidur.

Berenang menjadi cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kardiovaskular tanpa mengalami keringat berlebih.

Dengan berenang, Anda bisa merilekskan seluruh tubuh, termasuk jantung yang berdetak kencang, yang membantu otak Anda tertidur lebih cepat.

2. Membuat anak lebih pintar

Griffith Institute for Educational Research di Australia baru-baru ini melakukan penelitian yang melibatkan 7.000 anak di bawah usia 5 tahun, membandingkan mereka yang rutin berenang dengan mereka yang tidak.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa anak-anak yang berenang telah meningkatkan keterampilan motorik dan menunjukkan kemampuan untuk belajar bahasa dan matematika dengan lebih cepat.

Temuan ini menunjukkan bahwa mengenalkan renang pada anak sejak dini tidak hanya bisa membantu mereka mengembangkan teknik berenang yang tepat, tetapi juga meningkatkan kemampuan kognitif mereka.

 

2 dari 3 halaman

3. Meningkatkan kapasitas paru-paru Anda

Berenang adalah latihan kardiovaskular yang sangat baik karena membutuhkan jantung untuk memompa oksigen ke otot untuk memfasilitasi gerakan.

Saat Anda terus berenang, otot Anda membutuhkan lebih banyak oksigen, menyebabkan detak jantungmu meningkat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selain itu, paru-paru Anda bekerja lebih keras untuk memasok tubuhmu dengan oksigen yang dibutuhkan untuk mempertahankan aktivitas, sehingga kapasitas paru-paru meningkat dari waktu ke waktu.

Konsistensi dan mengikuti program renang terstuktur sangat penting untuk menuai manfaat penuh dari latihan ini.

4. Dapat memperlambat proses penuaan

Meskipun tidak ada yang sepenuhnya bisa membalikkan proses penuaan, berenang bisa memberikan banyak efek positif.

Berenang secara teratur bisa membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan massa otot, meningkatkan oksigen dan aliran darah secara keseluruhan, serta meningkatkan keseimbangan bagi manula.

Selain itu, individu yang mengalami nyeri sendi bisa melihat peningkatan yang signifikan dengan berenang secara konsisten.

 

3 dari 3 halaman

5. Membantu mengatasi asma

Orang dengan asma mungkin kesulitan untuk berolahraga di udara dingin atau kering karena bisa menyebabkan saluran bronkial di paru-paru mereka berkontraksi, membuat sulit bernapas.

Namun, berenang adalah olahraga berdampak rendah yang bisa mengatasi masalah ini.

Lingkungan kolam renang yang lembap membantu menggantikan kelembapan yang hilang selama pernapasan aktif, sehingga memudahkan pengidap asma untuk berolahraga dengan nyaman.

6. Bisa meningkatkan energi Anda secara keseluruhan

Aktivitas fisik diakui secara luas karena kemampuannya untuk meningkatkan umur panjang dan meningkatkan tingkat energi. Berenang, khususnya, bisa dinikmati oleh individu dari segala usia dan tingkat kebugaran.

Menggabungkan hanya 30 menit berenang, 3 kali per minggu bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Berenang juga bisa meningkatkan metabolisme, membantu individu tetap bugar dengan sedikit usaha.