Sukses

Terikat dan Tak Mau Lepas, 5 Zodiak Ini Paling Clingy dalam Hubungan Menurut Astrologi

Beberapa zodiak ini yang cenderung sangat clingy dalam hubungan menurut astrologi.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa individu tidak bisa menjauh dari pasangannya tanpa terlalu dekat dengan mereka setiap saat. Yang dimaksud di sini yaitu clingy.

Orang-orang seperti itu tidak menghargai ruang pribadi pasangannya dan tidak peduli apakah pasangannya menyukai clingy mereka atau tidak.

Saat dikonfrontasi, mereka memberikan alasan untuk bersikap romantis dan menawan, padahal kenyataannya, mereka hanya ingin selalu dekat.

Seperti beberapa zodiak ini yang cenderung sangat clingy dalam hubungan menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Sabtu (13/5/2023).

1. Taurus

Taurus dikenal sangat berkomitmen dan setia dalam menjalani hubungan. Mereka bisa menjadi clingy ketika merasa tidak aman atau takut kehilangan pasangannya.

Tanda-tanda pemilik zodiak ini menghargai stabilitas dan mungkin mencari kepastian terus- menerus dan kasih sayang fisik yang konstan untuk merasa aman dalam hubungannya.

Mereka juga tidak akan meninggalkan sisi pasangannya, dan tidak memberi mereka ruang.

2. Cancer

Cancer dikenal karena kepekaan emosional yang dalam dan keinginan untuk kemanan dalam hubungan.

Individu dengan zodiak ini menghargai hubungan emosional dan kadang-kadang bisa menjadi terlalu clingy karena takut ditinggalkan.

Selain itu, mereka juga mencari kepastian dan kedekatan yang konstan untuk merasa aman dalam hubungannya.

3. Libra

Libra sangat fokus pada hubungan dan juga menghargai hubungan cintanya. Namun, mereka juga bisa menunjukkan perilaku clingy saat merasakan ikatan emosional yang kuat.

Pemilik zodiak ini akan mencari persahabattan dan kepastian terus-menerus, kadang-kadang menjadi tergantung pada pasangannya untuk harga diri mereka sendiri. 

 

2 dari 3 halaman

4. Scorpio

Scorpio adalah individu yang bersemangat dan intens yang bisa membentuk kerikatan emosional yang mendalam.

Mereka mungkin menunjukkan perilaku clingy ketika mereka merasa kuat terhadap seseorang, karena mereka ingin menyatu dengan pasangannya pada tingkat yang mendalam.

Kecenderungan posesif Scorpio terkadang bisa menyebabkan ketergantungan dalam hubungan.

5. Pisces

Individu Pisces dikenal berempati, romantis dan sangat idealis. Mereka menjadi clingy dalam hubungan karena keinginan kuat mereka untuk hubungan emosional dan takut ditolak.

Individu dengan zodiak ini cenderung memberikan segalanya dalam cinta, terkadang mencari validasi dan kepastian terus-menerus dari pasangannya.

3 dari 3 halaman

Cara Mengurangi Rasa Clingy pada Pasangan

Merasa clingy atau membutuhkan perhatian bisa berasal dari kurangnya harga diri atau rasa takut akan penolakan. Sebagian besar dari kita akan menjadi clingy, terutama di awal-awal hubungan dan masih sedang hangat-hangatnya.

Clingy adalah sebutan untuk seseorang yang selalu ingin berada di dekat pasangan. Clingy juga bisa diartikan kelekatan, yakni tindakan untuk terus lengket dan melekat di sekitar pasangan. Menjadi clingy dapat mempererat kedekatan dan perasaan dibutuhkan bagi kedua pasangan.

Namun, menjadi clingy dapat membuat seseorang terlalu bergantung pada pasangan untuk mendapatkan dukungan emosional dan rasa aman.

Individu yang clingy mungkin merasa putus asa untuk melekat pada teman atau pasangannya dan bergantung pada mereka untuk selalu mengecek, memberi kabar terbaru, dan responsif terhadap semua kebutuhan. 

Banyak individu menggunakan kelekatan sebagai mekanisme koping untuk merasa lebih aman. Mereka menjaga teman atau pasangannya sedekat mungkin untuk mengurangi kemungkinan selingkuh atau kecemburuan.

Untuk mengakhiri sifat clingy, tentunya tak mudah dan perlu beberapa upaya. Berikut cara mengurangi rasa clingy untuk mencintai dan menyukai orang lain tanpa bergantung pada mereka untuk mencari rasa aman, dilansir dari Science of People.

Cari Tahu Apakah Kamu Benar-Benar Clingy

Kadang-kadang kelekatan itu tergantung pada preferensi pribadi. Orang yang berbeda tidak masalah dengan berbagai tingkat kelekatan dan keintiman mereka. Setiap individu, budaya, dan situasi memiliki cara yang berbeda dalam mendefinisikan apa itu "lengket" dan apa yang tidak.

Untuk mengetahuinya, kamu dapat menanyakan langsung pendapat orang-orang dalam hidupmu. Kamu juga bisa mengamati bagaimana mereka meresponsmu dalam situasi yang berbeda.

Gali Penyebab hingga Akar

Ketergantungan adalah gejala lahiriah yang paling umum dari masalah yang lebih dalam. Kelekatan biasanya merupakan hasil dari kebutuhan kamu sendiri akan kepastian atau validasi.

Sayangnya, sikap melekat yang tidak aman bisa mengakibatkan siklus kebutuhan yang beracun. Kamu mungkin merasa takut dihakimi, sehingga kamu mencari lebih banyak dukungan dan validasi dari teman-temanmu.

Salah satu cara untuk memutus sifat ini tak lain adalah dengan mengambil tanggung jawab ke tanganmu sendiri, alih-alih mengandalkan orang lain untuk “memperbaiki” mu.

Jika kamu ingin mengetahui dasar dari sikap clingy-mu, mulailah dengan beberapa refleksi dan jurnal,  latihan ini adalah titik awal yang bagus dan diisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berguna untuk diajukan ketika mencoba mencari akar penyebab clingy.