Sukses

6 Tipe Teman yang Harus Anda Miliki Agar Hidup Lebih Bahagia

Nedra Glover Tawwab, Terapis, Penulis Terlaris NYT, Pakar Hubungan dalam postingan Instagram terbarunya berbicara tentang 6 tipe teman yang harus kita miliki.

Liputan6.com, Jakarta - Sangat mudah untuk berteman tetapi sulit untuk mempertahankan ikatan dengan mereka selama bertahun-tahun. Persahabatan tidak terlalu rumit di masa muda ketika ruang mental kita tidak terlalu padat dengan tanggung jawab dan tugas sehari-hari. 

Namun seiring bertambahnya usia, prioritas bergeser dan meskipun jiwa kita sangat ingin terhubung dengan teman, seringkali kita tidak dapat melakukannya. 

Namun, tanpa teman, hidup bisa jadi sulit dan kita sebagai makhluk sosial harus tetap terhubung dengan mereka. Tidak semua orang adalah sahabat dan beberapa datang ke hidup kita untuk suatu tujuan saja.

Itu mengapa penting untuk memilih teman Anda dengan hati-hati karena seperti putusnya hubungan, putusnya persahabatan juga bisa memilukan.

Banyak dari kita yang karena keinginan untuk tetap terhubung dengan teman namun malah terjebak dalam persahabatan yang beracun dalam hidup kita. Ini berarti kita mencurahkan perasaan kita, membagikan rahasia kita atau meminta saran dari orang yang sebenarnya bukan simpatisan kita.

Melanjutkan persahabatan semacam ini bisa membawa lebih banyak kerugian daripada kebaikan dan harus dihindari. 

Nedra Glover Tawwab, Terapis, Penulis Terlaris NYT, Pakar Hubungan dalam unggahan Instagram terbarunya berbicara tentang 6 tipe teman yang harus kita miliki dilansir dari The Hindustan Times, Senin (15/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Teman yang tidak memerlukan kontak terus-menerus

Nedra menyarankan agar Anda memiliki teman yang tidak memerlukan kontak terus-menerus. Mereka juga sebaiknya akan memeluk Anda dengan tangan terbuka saat kalian terhubung. 

Hal ini lantaran hidup Anda pasti sibuk, berteman dengan seseorang yang akan selalu mengerti Anda itu penting.

2. Teman yang tidak memaksa Anda untuk berubah

Tetaplah berhubungan dengan teman yang memungkinkan Anda menjadi otentik tanpa menantang Anda untuk menjadi apapun selain diri Anda. Sangat istimewa memiliki hubungan dengan seseorang yang memahami Anda ketika ada perbedaan antara Anda dan mereka.

3 dari 4 halaman

3. Teman yang mendorong batasan sehat

Selanjutnya Anda disarankan untuk dekat dengan teman yang memiliki batasan sehat. Melihat batasan tempat seseorang sangat menginspirasi dan dapat mendorong Anda untuk membangun batasan yang sehat.

4. Tetap dekat dengan teman yang tidak menutup diri 

Pilihlah teman yang tidak akan menutup diri mereka saat Anda mengangkat topik yang sulit dan memiliki masalah yang berat. Tentunya Anda juga harus bersikap yang sama terhadap mereka.

4 dari 4 halaman

5. Teman yang menginginkan yang terbaik untuk Anda

Tetap dekat dengan teman-teman yang dengan hati-hati meminta pertanggungjawaban Anda. Memiliki orang-orang yang menginginkan yang terbaik untuk Anda mengubah hidup.

6. Teman yang mendukung Anda

Terakhir, tetap dekat dengan teman yang selalu siap untuk mendukung Anda baik dalam suka maupun susah. Tentunya tipe teman yang satu ini wajib dimiliki oleh semua orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.