Sukses

4 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Pasanganmu Selingkuh Menurut Pakar

Pakar hubungan mengatakan bahwa yang harus Anda lakukan hanyalah mengamati beberapa isyarat fisik halus dari pasanganmu untuk mengetahui apakah dia selingkuh.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda curiga pasanganmu selingkuh, Anda akan mengintai melalui ponselnya. Namun, terkadang itu tidak menunjukkan hasil.

Dalam banyak kasus, pakar hubungan mengatakan bahwa yang harus Anda lakukan hanyalah mengamati beberapa isyarat fisik halus dari pasanganmu untuk mengetahui apakah dia tidak setia denganmu.

Oleh karena itu, ketahui beberapa tanda bahasa tubuh yang menunjukkan pasangan selingkuh menurut pakar, seperti melansir dari Best Life, Senin (15/5/2023).

1. Dia membelakangi tubuhnya dari Anda

Sama seperti menghindari kontak mata, menjauhkan tubuh dari pasangannya saat berbicara, bahkan secara halus, bisa menjadi peringatan bahwa pasanganmu selingkuh.

"Saat bersikap jujur dan terbuka, kita memiliki sikap terbuka; berpaling berarti mereka menyembunyikan sesuatu darimu," saran Kiara Ivory, LMFT, terapis wanita dan pendiri Empower You Solutions.

Menurut Dr Tara, profesional komunikasi seksual di California State University Fullerton dan ahli hubungan di Luvbites, menggeser tubuh seseorang adalah akibat dari mereka yang tidak terlibat.

"Ini karena mereka telah mendapatkan keintiman seksual dan emosional di tempat lain dan tidak memiliki energi untuk mengembangkan lebih banyak di rumah," ucapnya.

Dr Tara mengatakan untuk juga mencari tanda bahasa tubuh ini ketika pasanganmu menggunakan perangkatnya.

"Misalnya, mereka berpaling ketika sedang berkirim pesan atau ketika sedang berada di media sosial sehingga Anda tidak terlihat. Jika tidak ada yang disembunyikan atau dicari, tidak perlu berpaling untuk memastikan pasangannya tidak bisa melihat layar," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Dia menghindari kontak mata

Seringkali, ketika seseorang menyembunyikan sesuatu, perubahan jumlah dan frekuensi kontak mata bisa menjadi hal pertama yang berubah.

"Kontak mata bisa menjadi tidak nyaman bagi pasangan yang selingkuh. Saat mereka melakukakn kontak mata dengan pasangannya, hal itu sering mengingatkan mereka akan rahasia yang mereka sembunyikan dan emosi tidak nyaman bisa muncul," kata dokter dan pemilik Katy Counseling for Men, Jason Drake, LCSW-S, BCN.

Seperti yang dijelaskan Drake, seringkali pasangan yang berselingkuh merasa sangat malu, dan dengan menghindari kontak mata, mereka bisa merasa bahwa pasanganyya kurang fokus pada mereka.

3. Dia terlalu banyak melakukan kontak mata

Di sisi lain, beberapa individu sangat menyadari bahwa kontak mata adalah hal pertama yang harus dilakukan saat menyimpan rahasia, jadi mereka akan mengimbanginya dengan meningkatkannya.

"Orang ini percaya bahwa mereka hanya mempertahankan tingkat kontak mata yang sama seperti sebelumnya. Namun, perubahan halus dalam peningkatan kontak mata bisa menjadi tanda upaya mereka untuk menyembunyikan rahasia," kata Drake.

 

3 dari 3 halaman

4. Dia menyilangkan tangan

Selain menggeser tubuh seseorang, pihak yang bersalah juga membuat isyarat lain yang menandakan bahwa mereka tertutup bagimu.

"Bahasa tubuh defensif ditunjukkan oleh keengganan seseorang untuk membuka tubuhnya," jelas Callisto Adams, PhD, pakar kencan dan hubungan bersertifikat di HeTexted.

"Mereka secara tidak sadar melindungi diri mereka sendiri, melindungi dengan menyilangkan tangan, atau mempraktikkan gerakan menenangkan diri seperti lengan kiri dengan ringan, terutama saat dihadapkan pada topik seperti perselingkuhan," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.