Sukses

Lolos ke Final Liga Champions, Ini 6 Poin Penting Laga Manchester City Bantai Real Madrid 4-0

Ini poin penting laga Manchester City vs Real Madrid yang membuat Manchester City lolos final Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Manchester City lolos ke final Liga Champions kedua mereka setelah mengalahkan Real Madrid 4-0 pada Rabu malam. Penampilan babak pertama yang mendebarkan dari tim Pep Guardiola memungkinkan mereka untuk membangun keunggulan dua gol, dengan Bernardo Silva mencetak dua gol.

Dari situ, Manchester City tidak menoleh ke belakang. Gol bunuh diri dari Eder Militao dan gol telat Julian Alvarez menyelesaikan pertandingan, dengan harapan Manchester City memenangkan treble Liga Premier, Liga Champions, dan Piala FA, untuk meniru Manchester United pada 1999.

Manchester City akan menghadapi Inter Milan pada final Liga Champions di Istanbul pada 10 Juni setelah raksasa Italia itu mengalahkan rivalnya, AC Milan, dengan 3-0 di pertandingan semifinal lainnya. Inilah poin-poin penting dari penampilan Manchester City yang tak terlupakan melawan Real Madrid seperti dihimpun dari Mirror.

1. Masih skuad yang sama

Dengan skuad sekuat Manchester City, semua mata tertuju pada Guardiola jelang leg kedua. Dia menyebutkan tim yang tidak berubah dari hasil imbang 1-1 di Madrid pekan lalu, dengan Jack Grealish bermain di depan Phil Foden di sayap kiri dan Riyad Mahrez dicadangkan.

Sedangkan untuk Real Madrid, Militao kembali ke skuat Carlo Ancelotti setelah absen pada leg pertama karena skorsing, dengan Antonio Rudiger duduk di bangku cadangan. Itu adalah panggilan yang berani, karena mantan bek Chelsea Rudiger tampil luar biasa melawan serangan sengit Manchester City seminggu yang lalu.

Pada akhirnya, itu terbukti menjadi panggilan yang salah.

 

2 dari 4 halaman

2. Permainan yang mulai panas

Pertandingan sebesar ini biasanya akan berjalan dengan hati-hati atau malah kacau. Menariknya, ini yang terakhir. Manchester City terbang keluar dari blok untuk mencari gol awal, dengan Real Madrid berusaha mati-matian untuk mengikutinya.

Itu terbukti dari tantangan nakal Eduardo Camavinga terhadap Silva yang terlewatkan oleh wasit Szymon Marciniak, tetapi tidak oleh pendukung tuan rumah yang marah. Pemain andalan Portugal itu membalas dengan mendorong Toni Kroos melewati tiang pojok.

Beberapa saat kemudian, Erling Haaland melewati Thibaut Courtois tetapi sudutnya terlalu sempit untuk sebuah tembakan. Rodri kemudian memiliki peluang bagus untuk menguji kiper tetapi upayanya melebar.

3. Haaland vs Courtois

Setelah bermain imbang di Madrid, banyak yang diharapkan dari Haaland di Manchester City. Penyerang yang produktif itu seharusnya mencetak gol pada menit ke-13, namun gagal dan sundulannya malah tepat mengarah ke Courtois.

Haaland mendapat kesempatan lain beberapa saat kemudian. Kali ini, ia menghasilkan sundulan kuat kembali melintasi gawang yang tampaknya ditakdirkan untuk sudut atas. Tapi, entah bagaimana, Courtois berhasil merebut bola itu.

 

3 dari 4 halaman

4. Silva yang sensasional

Tidak ada yang bisa dilakukan Courtois dengan gol pembuka Silva.

Manchester City membuat terobosan pada menit ke-23, ketika Kevin De Bruyne memasukkan bola di antara dua bek untuk dibelokkan Silva. Mantan pemain sayap Monaco itu kemudian menunggu Courtois melakukan aksinya sebelum menendang bola ke tengah.

Pendukung Manchester City bereaksi liar, tetapi sorak-sorai itu hampir dibungkam ketika Kroos melepaskan tembakan jarak jauh yang menggelegar. Fans tuan rumah lega melihat bola menyentuh ujung jari Ederson sebelum membentur mistar gawang.

Silva kemudian meluncurkan gol kedua. Tembakan Ilkay Gundogan dibelokkan oleh pemain bertahan yang putus asa dan meluncur ke jalur livewire kecil, yang menenangkan diri dan menunggu bola jatuh.

Bola melayang di langit Manchester untuk apa yang tampak seperti waktu yang berhenti, tetapi sepersekian detik itu memberi Silva waktu untuk memilih tempatnya dan dengan tenang memasukkan sundulan ke pojok atas.

 

4 dari 4 halaman

5. Manchester City melibas Real Madrid

Babak kedua berjalan lebih cerdik, tapi City selalu memegang kendali. Haaland hampir membuat skor menjadi 3-0 ketika dia berada di belakang pertahanan, namun Courtois melakukan penyelamatan konyol lainnya untuk menggagalkan usaha pemain Norwegia itu. Reaksi marah Haaland berbicara banyak.

Namun striker City dengan 52 gol itu senang beberapa saat kemudian ketika sundulan Manuel Akanji dialihkan dari Militao dan masuk ke gawang. Ada cukup waktu bagi Alvarez untuk bangkit dari bangku cadangan untuk mencetak gol keempat. Manchester City tampil sangat bagus dan membuat Real Madrid kewalahan.

6. Tepuk tangan para penggemar

Kemenangan Manchester City melawan Real Madrid berarti mereka kini menjalani 26 pertandingan kandang tak terkalahkan di Liga Champions sejak mereka kalah dari Lyon di Etihad pada September 2018.

Yang mengherankan, tim asuhan Guardiola telah memenangkan 24 pertandingan tersebut - begitulah dominasi mereka di Eropa.