Sukses

Bahasa Cinta yang Ditunjukkan Lewat Tindakan, Ini Dia Act of Service

Act of service adalah salah love language dengan menunjukkan bentuk kasih sayang dalam bentuk tindakan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Dalam diri setiap orang, pasti mempunyai love language atau bahasa cinta yang berbeda. Salah satunya adalah act of service. Seseorang yang memiliki bahasa cinta ini biasanya tidak akan mengungkapkan cinta lewat kata-kata atau perhatian, melainkan sebuah tindakan nyata. 

Biasanya, saat Anda berada dalam sebuah hubungan dan sedang kencan misalnya, tentu ingin mengharapkan sebuah tindakan dari pasangan untuk membantu melakukan beberapa hal bukan? Rasanya pasti senang saat ia membantu tugas, membawakan tasmu, atau sekadar mengelap wajah saat ada saus yang menempel. Kalau iya, berarti bisa jadi Anda sendiri memiliki bahasa cinta act of service. Karena Anda ingin merasa dibantu dan senang dilayani.

Orang dengan act of service ini mungkin sangat menghargai ketika pasangannya melakukan sesuatu yang mungkin tidak terlalu mereka sukai hanya untuk membuat hidup pasangannya lebih mudah. Namun bukan berarti senang dilayani atau melayani tidak membuat Anda menjadi pemalas. Karena bagi Anda atau pasangan, berbicara cinta dengan tindakan jauh lebih baik daripada sekadar kata-kata.

Beverly Palmer, PhD, seorang psikolog klinis, profesor emeritus di California State University, Dominguez Hills, dan penulis Love Demystified kepada Womenshealthmag, Kamis (25/5/2023) mengatakan bahwa, "Ketika seseorang mengucapkan "I love you" tidak benar-benar menjamin bahwa kata-kata itu sungguh-sungguh dirasakannya. Beberapa orang merespons lebih baik saat seseorang bisa menunjukkan perasaannya."

Untuk itu, yuk, kenali lebih dalam tentang bentuk love language yang satu ini! 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jika Bahasa Cinta Pasangan Act of Service

Bila pasangan Anda ternyata memang menyukai love language act of service, ada beberapa cara melakukan acts of service yang bisa dipraktikkan, antara lain:

  • Tanyakan apa yang ia inginkan dan sukai

Agar act of service bisa berjalan dengan lancar, tentu Anda harus menanyakan secara langsung, tindakan apa yang ia sukai atau inginkan dari Anda. Atau Anda bisa juga coba menawarkan bantuan padanya. Seperti misalnya, ketika pasangan Anda memasak, Anda yang mencuci piring kotor dan saat mengecat rumah, Anda juga turut membantunya. Dengan begitu, pasangan akan merasa ia tidak sendiri dan merasa bahwa Anda perhatian dan menyayanginya.

  • Selalu memerhatikan hal-hal kecil

Tips lain agar sukses melakukan act of service, coba selalu memerhatikan hal-hal kecil dari diri pasangan. Seperti misalnya, Anda harus mengingat kebiasaannya saat sedang menonton, buku apa yang dibacanya, kapan jam tidurnya setiap hari, serta kebiasaan-kebiasaan sederhana lainnya.

Jika memungkinkan, coba buat catatan kecil agar lebih mudah mengingatnya. Nah, ketika Anda berhasil mendukung dan mengingat rutinitas pasangan, ia pasti akan merasa bahagia. 

  • Berikan dukungan dan ucapkan terima kasih 

Saat pasangan Anda sudah selesai melakukan sesuatu, jangan lupa berikan dukungan sesederhana mengucapkan terima kasih. Selanjutnya, coba memberitahukannya kalau Anda menghargainya. Ciptakan siklus perhatian yang penuh kasih sayang dan penghargaan satu sama lain, agar Anda berdua merasa diharga dalam hubungan ini.

  • Fokus pada tindakan langsung

Ketika pasangan tidak memiliki banyak waktu dan sibuk, Anda bisa melakukan beberapa tindakan yang membuatnya merasa makin disayang. Salah satunya bisa membuatkan atau memesankan makanan favoritnya. Walaupun sederhana, pasti membuatnya berbunga-bunga. Contoh act of service itu juga bisa sangat berkesan baginya.

3 dari 4 halaman

Beberapa Contoh Act of Service untuk Pasangan

Lalu apa yang harus dilakukan saat pasangan Anda ternyata memiliki bahasa cinta act of services? Cek di bawah ini:

  • Ambil camilan favorit mereka saat berbelanja bahan makanan.
  • Membuat sarapan yang sudah tersedia sebelum ia bangun.
  • Ajak ia ke restoran favoritnya setelah hari yang panjang dan melelahkan.
  • Ikut pergi kencan ke tempat pilihannya, meskipun itu bukan pilihan pertama Anda.
  • Pelajari menu dan resep favoritnya saat ia sedang pergi.
  • Buatkan secangkir kopi di pagi hari.
  • Tunggu ia memiliki waktu luang untuk menonton serial favorit bersama.
  • Berikan pijatan ringan saat ia sedang stres.
  • Bergantian mencuci piring.
  • Tunjukkan minat pada hobinya, seperti ikut menghadiri acara yang ia sukai.
  • Jadwalkan video call ketika kalian berdua sedang terpisah sementara dan jarang bertemu.
  • Membantu luangkan waktu mempersiapkan itinerary saat ingin liburan berdua.

Nah, itulah beberapa tindakan yang pasti disukai pasangan jika ia memiliki act of service. Coba lakukan apa yang diinginkannya, dan perhatikan pasti raut wajahnya lebih senang dan bahagia.

4 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Act of Service dari Pasangan

Seandainya Anda lebih menyukai dan mendapatkan act of service daripada love language lainnya, coba jangan ragu-ragu untuk mengungkapkannya secara langsung. Saat kalian berdua sedang bersantai sambil menikmati secangkir kopi misalnya, katakan dengan lembut dan sabar ketika meminta hal-hal yang diinginkan.

Sebab, tidak seperti bahasa cinta yang lain, act of service memang tidak mudah dilakukan. Apalagi Anda juga tidak boleh berasumsi bahwa pasangan bisa 'membaca pikiran' serta melakukan apa yang diminta.

Soalnya, act of service sendiri juga membutuhkan waktu dan persiapan yang panjang, terlebih jika pasangan Anda tidak terbiasa melakukan perhatian dalam bentuk tindakan tertentu. Selain itu, jangan selalu berharap pasangan Anda bisa melakukaannya setiap waktu. Karena bisa jadi pasangan Anda sedang fokus dengan hal lain yang lebih penting. 

Yuk, jangan merasa malu dalam menunjukkan rasa kasih sayang dengan act service. Semoga hubungan yang Anda dan pasangan jalani saat ini bisa lebih membahagiakan dan romantis, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.