Sukses

Catat, Tips Memilih Warna Pakaian Saat Interview Kerja Supaya Lebih Percaya Diri

Mau interview kerja? Jangan salah pilih warna pakaian yang dikenakan karena kesan pertama cukup menentukan kelancaran wawancara.

Liputan6.com, Jakarta - Anda sedang mencari pekerjaan? Memang tidak bisa dipungkiri kalau wawancara kerja atau interview menjadi tahap yang cukup menentukan. Bila Anda lolos interview kerja, maka bisa dilanjutkan ke proses berikutnya.

Namun jika gagal, Anda berarti harus mencari peluang pekerjaan lain di tempat yang berbeda. Oleh karenanya, segala sesuatunya perlu dipersiapkan dengan baik. 

Salah satu yang paling penting tapi sering diabaikan yaitu memilih pakaian saat wawancara. Tidak cuma mempersiapkan jawaban dari beberapa kemungkinan pertanyaan yang mungkin dilontarkan dan memberikan CV yang terbaik, nyatanya penampilan yang rapi saat diwawancari sangat berpengaruh.

Terutama warna pakaian yang Anda kenakan saat itu. Nah, ketika memilih pakaian yang digunakan untuk interview, apakah Anda memerhatikan warna baju yang digunakan? Rupanya, warna pakaian bisa menghasilkan kesan pertama yang bisa memengaruhi kelancaran proses wawancara selanjutnya.

Apa saja warna yang sebaiknya dipakai? Lalu adakah warna yang harus dihindari? Berikut tips memilih warna terbaik untuk wawancara kerja Anda, seperti melansir dari Liveabout, Senin (29/5/2023).

Pakaian Terbaik untuk Wawancara Langsung

Warna yang tepat dan sesuai bisa membantu untuk "menyampaikan" rasa percaya diri, profesionalisme, serta kemampuan Anda dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja nantinya. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih warna yang tepat untuk wawancara kerja:

1. Pilih pakaian yang tidak berpola atau memiliki pattern

Satu aturan yang penting dan perlu diingat yaitu kenakan sesuatu yang membuat pewawancara akan fokus pada keterampilan dan kualifikasi Anda daripada gaya berpakaian.

Untuk itu, penggunaan warna solid pada pakaian tidak akan mengganggu Anda menjalani interview. Jika ingin tetap memakai pakaian berpola, carilah pola kecil, seperti garis-garis tipis, juga tidak masalah.

2. Pilih warna netral daripada warna terang

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan warna pakaian. Jika Anda mengenakan jas atau pakaian yang berwarna sangat cerah, bisa dipastikan Anda akan dikenang karena pakaian yang dikenakan, bukan karena kualitas Anda.

Kenakan warna netral seperti biru navy, abu-abu, hitam, dan cokelat. Pakaian berwarna putih juga merupakan warna netral yang bagus sebagai blus atau kemeja berkancing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakaian Terbaik untuk Online Interview

Saat ini, masih ada beberapa perusahaan yang menerapakan WFH (Work from Homeatau WFA (Work from Anywhere) kepada pegawai mereka. Maka tidak mengherankan jika Anda akan diwawancara melalui Zoom atau layanan lainnya. 

Lalu, apa warna terbaik untuk dipakai untuk wawancara Zoom? Brie Reynolds, manajer dan pelatih pengembangan karier di FlexJobs dan Remote.co, membagikan sarannya seperti berikut:

  • Jika backgorud berwarna putih atau berwarna terang, warna kontras atau yang lebih gelap bisa membuat Anda lebih menonjol dan tampil lebih bersinar.
  • Warna yang bisa dipakai yaitu biru tua, hijau, hitam, abu-abu, cokelat, dan ungu.
  • Warna cerah seperti kuning, jingga, merah, dan pastel, sebaiknya tidak digunakan karena bisa membuat tampilan wajah terlalu terang.
  • Selain itu, sebaiknya tidak menggunakan pakaian berpola dapat tampak terlalu "penuh" pada layar video dan dapat mengalihkan perhatian pewawancara dari Anda. 
  • Baiknya, pilih pola yang sederhana atau kenakan warna solid.
3 dari 4 halaman

Warna Pakaian Terbaik untuk Interview

Nah, warna pakaian yang digunakan ketika interview kerja ternyata dapat membentuk persepsi rekruter terhadap kepribadian Anda! Ini dia daftar warna terbaik yang bisa digunakan untuk interview serta penjelasan singkat mengenai arti warna tersebut:

1. Biru

Terutama biru tua atau navy adalah warna netral yang cocok dipakai saat interview. Dengan mengenakan pakaian warna ini, bisa memberikan perasaan yang tenang, serta rasa percaya diri — suatu kualitas yang bagus untuk dirasakan oleh pewawancara dalam diri Anda.

Biru juga merupakan warna favorit banyak orang. Jadi ketika Anda mengenakan warna biru akan selalu memberikan kesan pertama yang baik.

2. Putih

Selain biru, warna putih menjadi warna paling aman yang bisa digunakan untuk interview. Maka, tidak mengherankan kalau banyak pelamar kerja yang menggunakan warna ini. Artinya pun semacam menyampaikan kebenaran serta kesederhanaan tanpa terlalu berlebihan.

Nah, ketika menggunakan warna putih, Anda bisa mengombinasikannya dengan celana atau rok warna apapun.

3. Abu-abu

Abu-abu menjadi warna netral lain dan bagus untuk pakaian wawancara. Ketika mengenakan warna ini, Anda bisa memberikan first impression yang baik bagi rekuiter. Coba padu-padankan dengan setelan blazer atau gaun warna hitam untuk memberikan kesan anggun tapi juga netral.

4 dari 4 halaman

4. Cokelat

Warna cokelat adalah warna netral yang bisa membangkitkan perasaan tenang. Ini menjadi warna yang bagus untuk dipakai wawancara. 

5. Hitam

Tidak cuma putih, warna hitam menjadi warna populer dan pantas dipakai. Namun, hitam bisa menjadi warna yang begitu dominan sehingga saat memakainya Anda terkesan memiliki otoritas dan power.

Warna ini cocok dipakai bagi Anda yang ingin melamar ke lingkungan pekerjaan seperti kantor hukum atau bagi Anda yang diwawancara untuk posisi eksekutif tingkat tinggi. Sayangnya, jika kantor tempat Anda melakukan wawancara merupakan start up atau perusahaan yang lingkungan kerjanya santai, bisa memberikan kesan Anda tampak sulit didekati. 

6. Merah

Merah adalah warna cerah dan menyala, hingga memberikan kesan kuat dan bergairah. Jika Anda ingin mengenakan warna merah, sebaiknya gunakan pada syal sehingga tidak memberikan kesan galak dan emosional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.