Sukses

Ladies, Yuk Kembalikan Semangat Kerjamu dengan Membuat Sunshine Folder

Siapa yang sedang merasakan kurang semangat bekerja? Anda bisa membuat sunshine folder agar kembali bersemangat. Yuk, cek selengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang wanita pekerja, tidak jarang Anda cenderung merasa rendah diri. Selain karena terlalu fokus dengan pencapaian orang lain, tidak jarang Anda pun sering mengkritisi diri sendiri, terutama tidak mencari peluang di tempat kerja - sebuah fenomena yang disebut juga sebagai ‘confidence gap’ atau kesenjangan kepercayaan. 

Tidak jarang, hal ini bisa menyebabkan demotivasi atau kehilangan semangat dalam bekerja. Hal ini memang normal terjadi dan pasti sering dialami, tapi bukan berarti Anda membiarkannya begitu saja dan tanpa mencari solusi.

Terlebih jika Anda kesulitan untuk mengambil cuti atau rehat sejenak dari pekerjaan, rasa burnout dan mendengar soal gagasan terhadap kesuksesan kadang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Namun, bagaimana caranya untuk mengatasi ketidaknyamanan dalam pekerjaan ini? Terutama sebenarnya kesuksesan ini memang pantas Anda dapatkan? Menurut para ahli, jawabannya bisa membuat sunshine folder

Apakah sunshine folder itu? Melansir dari Stylist, Rabu (7/6/2023), sunshine folder adalah sebuah ruang digital atau fisik untuk mencatat semua feedback yang positif dan kesukesan yang Anda dapatkan di tempat kerja.

Di mana Anda dapat merasakan folder ini seperti seorang cheerleader yang Anda butuhkan saat merasa tidak bersemangat untuk menjalani pekerjaan Anda. Bahkan, sunshine folder sudah banyak dipakai orang-orang dan sangat direkomendasikan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Sunshine Folder?

Mari kita membahas sedikit tentang sunshine folder. Mungkin sebagian dari Anda penasaran, apa sebenarnya sunshine folder itu? Lalu apa saja yang ada di dalamnya?

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, sunshine folder adalah folder yang ada di dalam laptop atau dalam buku jurnal Anda sebagai pengingat feedback positif dan pencapaian yang Anda terima.

Hal ini mungkin sekilas mirip seperti gratitude journal, tapi semua bentuk apresiasi ini merupakan sesuatu yang didapatkan hanya di tempat kerja Anda. Baik itu berasa dari rekan kerja atau atasan.

Semua yang tercatat, tidak harus selalu pencapaian besar. Hal-hal kecil berupa ucapan selamat pagi dari manajer Anda pun juga bisa dimasukkan dalam folder ini, lho. Selain itu, saat Anda mendapatkan pencapaian yang lebih besar atau substansial seperti mendapatkan penghargaan atau pengakuan dari atasan, juga wajib dimasukkan ke dalam sunshine folder.

Metode sunshine folder seperti ini, menjadi kumpulan dan petunjuk terhadap semua keberhasilan yang Anda lakukan, seperti softskill dalam bentuk komunikasi dan kerja tim. Dengan cara mencatat seperti ini, Anda bisa kembali bersemangat demi mencapai prestasi yang lebih baik lagi. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Sunshine Folder dalam Pekerjaan

Memiliki ruang atau sebuah wadah untuk merekam semua kesuksesan dan keberhasilan Anda menjadi cara yang baik dalam membawa hidup yang positif ke dalam hidup. Namun juga bisa memiliki peranan penting dalam perkembangan karier Anda sendiri.

“Membuat sunshine folder bukan hanya latihan dalam membangun rasa positif dan memuji diri sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik,” ujar Lidia Rumley, brand strategist sekaligus pendiri The Brand Storyteller. “Ini juga bisa menjadi alat yang dapat Anda gunakan untuk membangun personal branding Anda, baik bagi Anda yang bekerja ataupun menjadi wiraswasta.”

Ya, sunshine folder memang bisa menjadi rekam jejak dalam melihat segala pencapaian dan kesuksesan yang sudah berhasil didapatkan. Hal ini juga bisa menjadi personal branding yang cukup menarik dan baik, jika Anda ingin meningkatkan peluang karier. Seperti untuk mengejar promosi, kenaikan gaji, atau bahkan peluang baru di tempat lainnya.

Personal branding Anda adalah kumpulan keterampilan, pengalaman, dan kepribadian unik dalam membentuk identitas Anda. Hal ini bisa menunjukkan kepada orang-orang tentang diri Anda dan bagaimana Anda menonjol dari orang lain dalam bidang keahlian Anda,” jelas Rumley.

Membuat sunshine folder juga bisa menjadi titik awal yang bagus karena Anda sudah mempersiapkan diri dengan hal-hal positif untuk dibagikan. Jadi, mulai sekarang, yuk, mulai mencatat semua pencapaian tertinggi dalam karier Anda.

4 dari 4 halaman

Hal-hal yang Ada di Dalam Sunshine Folder Anda

Bagaimana, ladies? Setelah mengenal metode sunshine folder, Anda mungkin menjadi tertarik untuk mencobanya sendiri. Namun, bingung harus memulainya dari mana? Berikut ini beberapa sontekan yang bisa ditulis dalam sunshine folder:

  • Prestasi pribadi, seperti mendapatkan proyek besar atau hasil statistik yang dapat menunjukkan hasil kerja Anda yang sukses.
  • Pujian dari atasan, seperti manajer atau staf senior lainnya.
  • Mendapatkan feedback eksternal, seperti ulasan positif dari orang di luar lingkungan kerja.
  • Ketika Anda mendapatkan nominasi penghargaan atau kemenangan tertentu dari kolega atau rekanan dari industri yang sama.
  • Momen ketika Anda merasa diakui di dalam instansi atau kelompok tertentu.
  • Jika Anda juga menjalani sebuah bisnis, Anda juga dapat menyertakan ulasan dan feedback yang positif dari pelanggan atau klien.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa Anda ketahui dari sunshine folder ini. Dengan membuat daftar-daftar pencapaian, baik yang kecil hingga besar, semoga semakin membuat Anda termotivasi dalam bekerja. Selamat mencobanya sendiri, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.