Sukses

DKI Jakarta hingga Makassar, Ini 10 Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Jumlah Penduduknya

Selain DKI Jakarta masih ada beberapa kota di Indonesia yang dipadati dengan jutaan penduduk lainnya. Berikut ini daftar kota terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang sangat luas. Tak tanggung-tanggung, Indonesia diketahui memiliki lebih dari 17 ribu pulau dengan total luas wilayahnya mencapai 5.193.250 kilometer persegi.

Hal ini perlu patut dibanggakan, mengingat Indonesia masuk urutan keenam dalam daftar negara terluas di benua Asia. 

Indonesia juga merupakan negara terluas ke-14 sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki luas wilayah sebesar 1.904.569 km², serta negara dengan pulau terbanyak ke-6 di dunia, dengan total 17.504 pulau. 

Indonesia menjadi negara berpenduduk terbanyak ke-4 di dunia dengan penduduk mencapai 277.749.853 jiwa pada 2022. Ibu Kota Indonesia saat ini adalah DKI Jakarta yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Tanah Air dengan total lebih dari 10 juta jiwa penduduk. 

Selain DKI Jakarta masih ada beberapa kota di Indonesia yang dipadati dengan jutaan penduduk lainnya. Berikut ini daftar kota terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya, dilansir dari berbagai sumber: 

1. DKI Jakarta

DKI Jakarta menjadi kota terbesar di Indonesia pertama berdasarkan populasi penduduk. Jakarta diketahui dipadati oleh lebih dari 10 juta jiwa dengan luas wilayah 661.5 km². Saat ini DKI Jakarta juga menjadi Ibu Kota negara Indonesia dan menjadi pusat dari kegiatan politik dan ekonomi di Tanah Air.

2. Surabaya 

Kota terbesar di Indonesia kedua berdasarkan jumlah penduduknya adalah Surabaya. Menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Surabaya adalah salah satu dari empat kota pusat utama Indonesia, bersama Jakarta, Medan, dan Makassar.

Surabaya yang juga merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur ini memiliki populasi sekitar 3 juta jiwa dengan luas wilayah 326,81 km2.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Bandung

Setelah Surabaya, ada Bandung yang jadi kota terbesar ketiga di Indonesia berdasarkan populasi penduduk. Bandung adalah ibu kota Provinsi Jawa Barat yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan serta perekonomian dari Provinsi Jawa Barat. Bandung memiliki populasi sekitar 2,5 juta jiwa. 

4. Medan 

Medan merupakan kota terbesar keempat di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya dan Bandung. Terletak di Sumatera Utara, Medan memiliki populasi sekitar 2,5 juta jiwa dengan luas wilayah 265,00 km². Kota ini adalah pusat ekonomi dan perdagangan di wilayah Sumatera. 

5. Bekasi

Di posisi kelima ada kota Bekasi dengan populasi sekitar 2,4 juta jiwa. Kota Bekasi memiliki luas wilayah sekitar 210,49 km². Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri.

3 dari 4 halaman

6. Semarang

Selanjutnya ada Semarang yang merupakan kota terbesar keenam di Indonesia. Kota Semarang adalah ibu kota provinsi Jawa Tengah dan memiliki populasi sekitar 1,8 juta jiwa dengan luas wilayah 373.8 km². 

7. Tangerang 

Selanjutnya ada kota Tangerang yang terletak di provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat Jakarta. Pada tahun 2021, jumlah penduduk kota Tangerang sebanyak 1.853.462 dengan luas wilayah 164.6 km².

4 dari 4 halaman

8. Depok

Terletak di Jawa Barat, Depok memiliki populasi sekitar 1,7 juta jiwa. Kota ini juga merupakan bagian dari wilayah metropolitan Jakarta dan memiliki luas wilayah 200.3 km².

9. Palembang 

Terletak di Sumatera Selatan, Palembang memiliki populasi sekitar 1,6 juta jiwa dan luas wilayah 352.5 km². Palembang menjadi pusat kegiatan ekonomi di wilayah Sumatera Selatan.

10. Makassar

Makassar menjadi kota terbesar kesepuluh di Indonesia. Terletak di Sulawesi Selatan, Makassar memiliki populasi sekitar 1,5 juta jiwa dengan luas wilayah 175.8 km². Sementara itu, Makassar menjadi pusat perdagangan dan kegiatan ekonomi di wilayah Timur Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.