Sukses

Pernah Memimpikan Orang yang Sudah Meninggal, Apa Maknanya?

Mungkin banyak dari kalian yang pernah memimpikan orang-orang terdekat yang Anda kenal sebelumnya. Mungkin Anda memutuskan hubungan dengan orang itu. Atau mungkin mereka meninggal. Jika ada, apa arti mimpi seperti ini?

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak teori yang berkaitan dengan apakah mimpi itu berarti atau tidak. Banyak ahli yang juga berpendapat bahwa ada banyak hal yang bisa dipelajari dari mimpi. Mereka mengatakan ada panduan yang memberi Anda wawasan tentang kehidupan. 

Namun, banyak ilmuwan hanya mengatakan bahwa otak Anda bekerja melalui berbagai hal. Ini mungkin terlihat seperti pengulangan hari Anda, kesempatan untuk menghadapi ketakutan Anda, atau kesempatan untuk menyegarkan pikiran Anda selama masa stres. Mungkin banyak dari kalian yang pernah memimpikan orang-orang terdekat yang Anda kenal sebelumnya. Mungkin Anda memutuskan hubungan dengan orang itu. Atau mungkin mereka meninggal. Jika ada, apa arti mimpi seperti ini?

Dilansir dari Mystical Raven, pertama-tama, memimpikan orang yang dicintai yang telah meninggal dapat memunculkan berbagai emosi. Anda mungkin merasakan kedamaian dan cinta. Atau rasa sedih, bisa jadi karena mereka menyakiti Anda dalam hidup, atau karena Anda merindukan mereka. Memimpikan seseorang yang baru saja meninggal adalah kejadian umum secara global.

Mimpi semacam ini sering dipandang sebagai bagian dari proses berduka. Namun, menurut Healthline, jika orang yang Anda impikan meninggal beberapa waktu lalu, ini bisa menjadi cerminan transisi dalam hidup Anda sendiri. Kematian dalam mimpi tidak selalu mewakili hal itu. Terkadang itu adalah cara otak menghadapi fase baru dalam hidup Anda. Apakah Anda baru saja pindah? Apakah Anda baru saja diberi tawaran pekerjaan baru? Atau mungkin Anda baru saja lulus dan melihat semua pilihan Anda saat Anda memetakan masa depan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mimpi seringkali merupakan simbol dari sesuatu yang lain

Menurut para ahli, saat mencoba menafsirkan mimpi, sebaiknya Anda tidak berfokus secara khusus pada detail kecil. Sebaliknya, evaluasi perasaan Anda. Sentimen yang Anda dapatkan dari mimpi akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang hal itu daripada apa pun yang mungkin Anda pikirkan atau lihat. Selain itu, mimpi seringkali merupakan simbol dari sesuatu yang lain.

Rubin Naiman Ph.D. seorang ahli psikologi dan telah menghabiskan bertahun-tahun mempelajari pola dan kebiasaan tidur. Dia berkata tentang mencoba memahami apa arti sebuah mimpi, “Penafsiran mimpi adalah tentang memecahkan kode mimpi. Itu mencerahkan kita dan memperluas kesadaran kita secara psikologis, [menawarkan] perluasan kesadaran.” 

Memimpikan orang yang dicintai yang telah meninggal dunia, seringkali dapat mewakili perubahan dalam hidup Anda dan kecemasan atau kedamaian yang mungkin Anda rasakan dengan keputusan yang Anda buat terkait perubahan tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Bisa jadi alasan Anda sedang berduka

Naiman juga mengatakan bahwa, banyak ahli saraf kontemporer percaya selama tidur REM, otak terlibat dalam tugas-tugas pemeliharaan dan pada akhirnya, bermimpi dianggap sama sekali tidak berarti. 

Di sisi lain dia menjelaskan, “Tujuan lainnya adalah mimpi lebih penting daripada bangun. Dan kami melihat ini dalam 'budaya mimpi', seperti penduduk asli Australia, yang percaya bahwa mimpi adalah hakiki keberadaan spiritual kita.”

Para ahli mengkategorikan mimpi semacam ini menjadi beberapa alasan yang pertama adalah Anda berduka. Seseorang meninggal baru-baru ini dan otak Anda mencoba mengatasi rasa sakit karena kehilangan.

 

 

4 dari 4 halaman

Makna lain dari memipikan orang yang telah meninggal

Anda memproyeksikan emosi Anda sendiri. Ketika orang yang dicintai tampak marah atau kecewa dengan Anda, ini sering kali merupakan cerminan dari perasaan Anda terhadap diri sendiri. Anda mungkin merasa seolah-olah ada hal-hal yang tidak terucapkan atau Anda merasa bersalah karena tidak memperbaiki sesuatu sebelum mereka meninggal.

Penyebab terakhir dari mimpi semacam ini adalah kunjungan. Beberapa orang percaya bahwa orang yang kita cintai dapat mengunjungi kita dari luar. Mereka mungkin membagikan beberapa peringatan atau menunjukkan beberapa perubahan yang mungkin diperlukan dalam kehidupan kita. 

Cara untuk mengetahui apakah mimpi semacam ini adalah dengan mengamati orang yang Anda cintai. Jika mereka terlihat hebat, bahagia, dan sehat, mimpi ini bisa menjadi kunjungan. Cara lain untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa perasaan Anda. Jika Anda merasa damai dan merasa terhibur dengan kunjungan ini, mungkin orang yang Anda cintai “mampir” untuk menyapa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.