Sukses

5 Fakta Kereta Cepat Jakarta - Bandung yang Bisa Dijajal Agustus 2023

Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) tengah melakukan serangkaian uji coba. Berikut beberapa fakta kereta cepat Jakarta - Bandung yang bisa Anda jajal Agustus 2023 mendatang:

Liputan6.com, Jakarta - Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) tengah melakukan serangkaian uji coba sebelum diresmikan pada Agustus 2023 mendatang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berkesempatan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dia memastikan izin operasi untuk KCJB akan keluar sebelum 1 Oktober 2023 mendatang.

Bahkan, dia membuka kemungkinan kalau izin operasi bisa saja keluar sebelum 18 Agustus 2023. Rencananya, pada tanggal itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan operasional KCJB.

"Izin operasi kami berikan paling lambat 1 Oktober. Mungkin juga lebih cepat pada 18 Agustus,” ujar Menhub Budi, mengutip keterangan resmi, Kamis (22/6/2023).

Berikut beberapa fakta kereta cepat Jakarta - Bandung yang bisa Anda jajal Agustus 2023 mendatang:

1. Gratis selama 3 bulan

Pemerintah akan menggratiskan masyarakat yang ingin menjajal kereta cepat Jakarta - Bandung pada tiga bulan pertama masa soft operation.

Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil melalui akun Instagram resminya @ridwankamil pada Jumat (23/6/2023).

“Gratis selama 3 bulan pertama, untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dari 18 Agustus sd Oktober," keterangan dalam unggahan Kang Emil--sapaan akrab Ridwan Kamil.

Menurutnya, Pak Luhut Panjaitan telah menyetujui gagasan ini saat diusulkan ketika mengetes kecepatan kereta cepat ini.

2. Melanju 220 Km/jam

Dalam masa uji coba yang dilakukan PT Kereta Cepat Indonesia China, kali ini rangkaian kereta cepat sudah bisa melaju dengan kecepatan 220 kilometer (km) per jam.

“Saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km per jam. Hal ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi,” ujar Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti dalam keterangannya, Selasa (13/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kereta cepat Jakarta - Bandung punya teknologi canggih

KCJB mengadopsi teknologi tinggi yaitu Grade of Automation atau GOA Level 1. Selain itu juga memiliki desain yang ramping sehingga dapat mendukung akselerasi atau kecepatan dari kereta tersebut yang bisa mencapai 300 km per jam.

Nantinya, KCJB akan melayani sebanyak 68 perjalanan setiap harinya dan berhenti di lima stasiun.

Dengan demikian, waktu tempuh Jakarta–Bandung hanya membutuhkan waktu 36 menit-45 menit atau lebih singkat dibandingkan waktu tempuh sebelumnya yang bisa mencapai 2,5 jam untuk sampai tujuan.

4. Kereta cepat pertama di Asia Tenggara

Pengiriman rangkaian kereta cepat ini menjadi yang pertama kalinya dari China ke luar negeri. Sebagai pionir kereta cepat di Asia Tenggara, kehadiran Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan ditunggu masyarakat indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Fakta kereta cepat Jakarta - Bandung lainnya

5. Tarif kereta cepat

Nantinya, tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dikenakan tarif sekitar Rp250.000 sampai dengan Rp 350.000.

Kisaran tarif akan disesuaikan dengan kelas pelayanan yang terbagi pada delapan rangkaian kereta untuk total kapasitas 601 pelanggan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.