Sukses

7 Alasan Menikah di Pantai Bisa Jadi Pilihan untuk Anda

Sedang mencari lokasi pernikahan? Yuk, simak alasan kenapa Anda harus mencoba merencakan pernikahan di pantai seperti berikut.

Liputan6.com, Jakarta Bagi setiap pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan, pastinya punya pesta impian tersendiri dan tidak bisa disamakan dengan orang lain. Pastinya Anda dan pasangan sudah mempunyai bayangan tentang tempat yang cocok, gaun pernikahan, tema dan dekorasi pernikahan, cinderamata untuk para tamu, serta banyak hal lain yang harus dipikirkan matang-matang. 

Karena pesta pernikahan inginnya diadakan sekali dalam seumur hidup, tentunya membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. Salah salah satunya mengenai lokasi pernikahan. Ada beberapa pasangan yang memilih untuk memilih lokasi di indoor misalnya di dalam gedung atau menyewa ballroom, tapi ada juga yang senang dengan pesta outdoor seperti di taman bahkan di pantai. 

Ya, mengadakan acara menikah di pantai pun nampaknya juga memiliki daya tarik tersendiri bagi beberapa calon pasangan. Halusnya pasir pantai, angin yang sepoi-sepoi, serta pemandangan yang cantik, bisa membuat suasana pernikahan menjadi hangat, spesial, dan akrab dengan para tamu yang datang. Tidak cuma sampai di situ, acara pernikahan juga dapat memberikan kesan yang berbeda bagi para keluarga serta tamu yang datang.

Walaupun begitu, faktanya masih belum banyak orang yang memilih pantai sebagai tempat untuk mengadakan pesta. Penyebabnya karena faktor ketidaknyamanan, cuaca yang tidak menentu, atau bisa jadi memakan lebih banyak biaya. Nah, tentunya hal ini juga perlu diperhitungkan juga, ya.

Namun, bagi Anda yang berencana menikah, tapi masih bingung menentukan lokasinya, pinggir pantai bisa dijadikan pilihan, lho. Dilansir dari Inspiredbride, berikut 7 alasan pernikahan di pantai sangat menarik dilakukan. Selain itu, ada juga tips pernikahan yang perlu diperhatikan agar momen bahagia Anda benar-benar dirasakan dan tidak terlupakan. Apa saja itu? Yuk, simak informasinya secara lengkap berikut ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bisa Bulan Madu Langsung Setelah Menikah

Salah satu alasan kenapa Anda bisa memilih menikah di pantai yaitu Anda bisa memiliki kesempatan untuk menggabungkan acara pernikahan sekaligus bulan madu. Seperti misalnya jika melangsungkan pernikahan di Bali atau Lombok, Anda bisa tinggal selama beberapa hari ekstra sambil menikmati waktu berdua. Jadi, setelah pesta pernikahan selesai, bisa langsung melanjutkan bulan madu, deh.

Apalagi sekarang ini banyak resor yang menawarkan paket pesta pernikahan. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah termasuk dengan kegiatan bulan madu. Walaupun mungkin bisa jadi lebih mahal, tapi ini semua sepadan, termasuk tidak membuang-buang waktu. 

2. Biaya Bisa Jadi Lebih Murah Dari yang Dibayangkan

Pesta pernikahan yang diadakan di luar kota dan outdoor mungkin akan didengar lebih mahal dan memakan biaya. Padahal, sebenarnya hal ini bisa jadi lebih terjangkau karena ada banyak paket yang dapat dipilih. Terutama jika memilih pantai sebagai tempat pestanya. Salah satunya dekorasi dapat dibuat sederhana dan bisa mencari katering lokal yang terpercaya.  Dengan begitu, Anda bisa memiliki hari pernikahan yang indah, tapi tetap bebas stres.

3 dari 4 halaman

3. Bisa Mengadakan Intimate Wedding

Jika Anda menginginkan pesta yang sederhana dan tamu yang datang tidak terlalu banyak, menikah di pantai bisa menjadi pilihan yang bagus. Karena pesta menjadi lebih terkesan intim dan privat karena tamu yang hadir adalah keluarga, teman, sahabat, serta orang-orang yang Anda dan pasangan kenal. Tidak perlu khawatir tentang orang lain yang kesal karena tidak diundang, sebab Anda punya alasan tersendiri dan bisa menjelaskan hal tersebut.

4. Berkesan Lebih Santai dan Tidak Tegang

Menikah di pantai menawarkan sensasi yang cukup santai dibandingkan harus menikah di dalam ruangan. Anda bahkan bisa menikah tanpa mengenakan alas kaki, mengenakan gaun pengantin yang sederhana, serta tidak perlu khawatir tentang riasan makeup serta tatanan rambut. Ini cukup bagus bagi pasangan yang menyukai hal-hal yang terkesan kasual dan tidak kaku.

5. Pemandangan Laut dalam Foto Pernikahan

Tidak diragukan lagi, menikah di pantai akan memberi Anda beberapa foto paling luar biasa yang tidak dapat dibandingkan dengan lokasi lain. Seperti misalnya foto matahari terbenam merupakan pemandangan yang terbaik. Bahkan jika resepsi diadakan di siang hari sekalipun, latar belakangnya akan sangat menakjubkan.

Ingatlah untuk menyewa seorang fotografer hebat yang memiliki pengalaman dengan fotografi pantai. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan akan banyak momen yang tertangkap dengan baik.

4 dari 4 halaman

6. Perencanaan yang Sederhana

Keuntungan lain dari acara menikah di pantai adalah tidak terlalu ribet dan pusing dalam merencanakan pernikahan. Apalagi jika Anda dibantu oleh wedding organizer maka akan diurus semua persiapannya untuk Anda. Karena lokasinya cukup istimewa dan cantik, dekorasi yang heboh pun tidak terlalu dibutuhkan, sehingga dapat menghemat biaya. Selain itu, Anda mendapatkan kesempatan untuk mengenakan pakaian yang jauh lebih informal dan sederhana.

7. Dinaungi Matahari yang Hangat

Alasan terakhir kenapa menikah di pantai bisa menjadi pilihan yaitu ada matahari yang bisa Anda nikmati sehingga membuat suasana terasa hangat dan sejuk. Namun, Anda harus berhati-hati dan memilih musim terbaik. Meskipun saat musim kemarau atau pancaroba dirasa cocok, tapi bisa saja curah hujan di lokasi acara juga cukup tinggi. Untuk itu, pastikan Anda sudah memiliki rencana B, seperti memesan gazebo terdekat, agar berjaga-jaga jika terjadi keadaan darurat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.