Sukses

Mengurangi Stres hingga Baik untuk Jantung, Ini 9 Manfaat Berendam Air Hangat bagi Kesehatan

Berikut ini deretan manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari berendam air hangat yang wajib kalian coba.

Liputan6.com, Jakarta Berendam air hangat dan memanjakan diri Anda dengan pijatan setelah hari yang melelahkan pasti dapat mengubah perawatan diri yang sederhana menjadi sebuah spa yang mewah. Manfaat kesehatan dari berendam air hangat adalah sinergi utama dari relaksasi dan peremajaan. 

Mulai dari mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur hingga meredakan nyeri tubuh, berendam air hangat memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan. Dilansir dari Pinkvilla, berikut ini deretan manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari berendam air hangat: 

1. Pemulihan Otot Setelah Latihan

Bak yang berisi air hangat adalah cara yang sangat baik untuk pemulihan otot setelah latihan. Air hangat dan pancuran air yang memijat akan merilekskan dan menenangkan otot, mengurangi rasa sakit dan kekakuan setelah berolahraga.

Rasa panasnya meningkatkan sirkulasi darah, mengantarkan oksigen dan nutrisi ke otot-otot yang lelah sekaligus membuang produk sisa metabolisme seperti kantong-kantong asam laktat. Hal ini mendorong pemulihan otot lebih cepat dan menurunkan kemungkinan kram dan cedera. 

Menggunakan kolam air hangat untuk mengatasi nyeri otot dapat membantu fleksibilitas otot, rentang gerak, dan kinerja olahraga secara keseluruhan. Ini adalah cara yang merevitalisasi dan meremajakan untuk membantu proses pemulihan tubuh Anda.

2 dari 8 halaman

2. Mengurangi Stres

Manfaat kesehatan dari kolam air panas mencakup arena penting untuk mengurangi stres dan kecemasan. Kehidupan perkotaan modern adalah perlombaan melawan waktu, mengakomodasi pekerjaan, keluarga, dan ruang pribadi secara bersamaan. Mencapai keseimbangan yang sulit ini membuat stres sampai-sampai mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.  

Berendam dalam air hangat dan mendapatkan pijatan yang menenangkan dapat menjadi pelarian yang menyenangkan dari kesibukan sehari-hari. Saat air hangat menyelimuti Anda, air tersebut akan melemaskan otot-otot Anda dan menenangkan indera Anda. 

Kecemasan dan stres akan mencair saat pancuran airnya memijat. Suasana yang tenang memungkinkan Anda untuk melepaskan diri, menciptakan surga untuk relaksasi otot dan peremajaan mental. Kehangatan dan gelembung berirama menambah kebahagiaan. Stres mencair dalam oasis yang tenang di kolam air panas, membuat Anda merasa segar dan siap untuk menghadapi dunia.

3 dari 8 halaman

3. Meredakan Nyeri dan Pegal-Pegal pada Otot

Manfaat berendam di kolam air hangat untuk nyeri otot, pegal-pegal, dan kram telah terbukti secara anekdot dan ilmiah. Merendam diri Anda dalam air panas hanya selama 20 menit pada suhu sekitar 37°C (suhu tubuh yang ideal) akan melebarkan pembuluh darah Anda, meningkatkan sirkulasi dan menyediakan oksigen dan nutrisi yang cukup bagi semua organ, otot, tulang, dan kulit. Sirkulasi darah yang lebih baik membantu menghilangkan zat-zat inflamasi dari sendi, otot, dan tendon. 

Bak air hangat menggabungkan efek air hangat dengan semburan air dan gelembung yang mengendurkan otot-otot yang tegang dan melepaskan endorfin, yang bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami. Hidroterapi kolam air hangat telah terbukti meningkatkan pemulihan setelah berolahraga, mengurangi kelelahan, dan mengurangi rasa sakit dan nyeri sehari-hari. Manfaat terapeutik dari terapi kolam air hangat telah meningkat dengan penambahan pancaran pijatan yang kuat yang meniru teknik yang digunakan oleh pemijat berlisensi.

4 dari 8 halaman

4. Meredakan Nyeri Sendi

Manfaat kesehatan dari berendam di kolam air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke persendian, terutama persendian yang mengalami nyeri akibat radang sendi. Hal ini akan menenangkan ligamen dan tendon dan mendorong perbaikan. 

Daya apung dari semburan air dan gelembung-gelembungnya, mengurangi ketegangan pada persendian, mengurangi tekanan dan memungkinkan mobilitas yang lebih baik. Terapi ini memiliki efek pijatan yang merangsang pelepasan endorfin, yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami. Kombinasi panas, daya apung, dan pijatan di kolam air panas menawarkan pendekatan holistik untuk meredakan nyeri sendi dan meningkatkan fungsi sendi.

5 dari 8 halaman

5. Meningkatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Tidur yang nyenyak adalah obat terbaik untuk sebagian besar rasa sakit dan nyeri kronis. Hal ini mempersiapkan Anda secara fisik dan mental untuk keesokan harinya. Tidur sangat penting bagi tubuh untuk mengisi ulang, memperbaiki, dan tumbuh. Berendam air hangat diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah di seluruh bagian tubuh, sehingga memungkinkan pembuangan panas.

Ini sangat ideal untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur. Semburan hidroterapi menginduksi kondisi relaksasi yang kondusif untuk tidur dengan meredakan otot-otot yang tegang dan mendorong pelepasan endorfin. Rasa tenang yang ditimbulkan oleh berendam dalam air panas, sangat cocok untuk meningkatkan kualitas tidur.

6 dari 8 halaman

6. Membuat Kulit Bersinar

Terapi kolam air panas menginduksi keringat, hal ini membantu pembersihan dan detoksifikasi kulit, sekaligus membuka pori-pori yang tersumbat. Proses ini memfasilitasi pengangkatan sel-sel kulit mati, sehingga kulit Anda terlihat segar dan segar kembali. 

Ini adalah alternatif penguapan wajah yang sempurna yang akan membuat Anda tetap sehat dan membuat kulit Anda bersinar. Penelitian juga membahas manfaat air hangat dalam menyembuhkan masalah kulit kronis tertentu, dengan meningkatkan sirkulasi darah dan membersihkan pori-pori kulit.

7 dari 8 halaman

7. Membantu Penurunan Berat Badan

Manfaat terapi kolam air hangat mengalami lompatan besar ketika sebuah penelitian menemukan bahwa berendam di kolam air panas membakar jumlah kalori yang sama dengan jalan cepat selama 30 menit. Namun, hidroterapi tidak dapat menggantikan manfaat olahraga secara keseluruhan untuk menurunkan berat badan, tetapi dapat menjadi sekutu yang berguna dalam prosesnya. 

Panas dari air meningkatkan suhu tubuh, yang meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran kalori. Daya apung air juga meningkatkan mobilitas sendi, membuat olahraga menjadi lebih nyaman dan mudah dilakukan. 

Terapi kolam air hangat jika dikombinasikan dengan diet sehat dan olahraga, dapat berkontribusi pada penurunan berat badan secara keseluruhan dan meningkatkan tingkat kebugaran.

8 dari 8 halaman

8. Baik untuk Kesehatan Jantung

Berendam air hangat dapat mengurangi risiko kardiovaskular dan kematian, terutama pada orang yang sulit berolahraga. Penelitian telah menemukan bahwa berendam di bak mandi air panas selama 10 menit dapat menurunkan tekanan darah dan kemungkinan aman bagi kebanyakan orang dengan hipertensi yang sedang dalam pengobatan. 

Air panas dan pancuran air yang berdenyut membantu pembuluh darah melebar, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah. Pelebaran ini juga meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke jantung dan mengurangi ketegangan pada otot-otot yang mendukung fungsinya.

9. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat berendam di kolam air panas sangat diperlukan untuk mengatasi sakit kepala yang mengganggu dan terus-menerus. Bak mandi air panas meredakan ketegangan otot, yang merupakan faktor penting dalam sakit kepala. 

Daya apung dari semburan air juga mengurangi tekanan pada daerah kepala dan leher, mengurangi ketegangan dan mendorong relaksasi dengan merilekskan otot-otot. 

Selain itu, hangatnya air dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mengurangi peradangan, dan mendorong pengiriman oksigen dan nutrisi ke otak, yang berpotensi meringankan gejala sakit kepala. Untuk saran khusus tentang cara mengatasi sakit kepala, sangat penting untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum mencoba terapi kolam air hangat.

Video Terkini