Sukses

Sedang Mempersiapkan Pernikahan? Cek 8 Tips Ini Agar Tidak Menjadi 'Bridezilla'

Persiapan pernikahan memang membuat lelah. Namun, ikuti tips ini supaya Anda tidak membuat orang lain kesal.

Liputan6.com, Jakarta Akhirnya setelah lama menunggu kepastian, Anda dilamar oleh kekasih. Saatnya sudah mulai mempersiapkan pernikahan nih! Anda mungkin sudah memiliki rencana untuk hari pernikahan yang sempurna, lengkap dengan bayangan akan tempat pernikahan, dekorasi, gaun pengantin, dan banyak hal lainnya.

Sayangnya, sebagai calon pengantin, bukan berarti Anda sebagai pembuat keputusan yang pertama dan utama. Karena pasti ada keinginan anggota keluarga, seperti keluarga inti atau keluarga pihak pria yang juga ingin mengambil andil dari pernikahan ini. Hal ini tentunya akan membuat Anda pusing, emosional, marah, sedih, hingga bisa berubah menjadi seorang bridezilla.

Memang dalam persiapan pernikahan, bisa membuat semua orang stres, termasuk bagi Anda, sang calon pengantin wanita. Oleh karenanya, bridezilla yang merupakan persilangan antara bride (pengantin wanita) dan gozila (makhluk sejenis dinosaurus yang suka melakukan teror) sangat mungkin bisa saja terjadi. 

Namun sebenarnya, Anda bisa kok tidak harus menjadi seperti itu. Tetap tenang, bahagia, melakukan komunikasi dengan baik, serta beberapa perencanaan yang matang, stres sendiri bisa dihindari dengan baik.

Seperti menghimpun dari Loverly, Sabtu (22/7/2023), ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredakan drama dan menjadikan pernikahan Anda berjalan lancar. Selain itu yang paling penting adalah Anda pun tidak akan berubah menjadi bridezilla, kan! Yuk, ikuti tipsnya dalam ulasan lebih lengkap di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Membandingkan Pernikahan Anda

Hal pertama dan wajib dilakukan adalah Anda tidak perlu membandingkan pernikahan orang lain yang Anda hadiri sebagai tamu atau dihadiri sebelum acara pernikahan Anda. Ini adalah ide yang sangat buruk. Setiap pernikahan tentunya memiliki keunikan masing-masing, dan ketika Anda mulai membandingkan hal tersebut justru bisa mengarah pada stres.

Hanya Anda yang Akan Memperhatikan Detailnya

Jika Anda panik karena sesuatu tidak sesuai dengan warna biru yang diinginkan atau karena font pada undangan tidak sesuai dengan yang dipikirkan, penting untuk mengingatkan diri sendiri bahwa tidak ada orang lain yang akan mempermasalahkannya hal tersebut. Sebab, hanya Anda yang hanya tahu tentang detail lengkapnya.

Sadari bahwa Tidak Ada yang Sempurna

Dalam hidup, selalu ada yang salah dan tidak sempurna. Seperti misalnya hujan turun saat Anda menginginkan cuaca cerah, keluarga dari pengiring pengantin mungkin ada meninggal sehari sebelum pernikahan Anda, dan hasil foto yang tidak sesuai ekspektasi Anda. Jika Anda menyadari sejak awal bahwa segala sesuatunya mungkin tidak berjalan sesuai rencana, maka Anda akan baik-baik saja.

3 dari 4 halaman

Tidak Perlu Melakukan Diet Ketat Sebelum Menikah

Persiapan pernikahan biasanya tidak lepas dari melakukan diet sebelumnya. Namun bukan berarti Anda perlu melakukan diet yang cukup ketat, sehingga membuat stres dan sakit. Apalagi merencanakan pernikahan itu juga sudah cukup sulit, sehingga tidak perlu menambahkan kesulitan tersebut dengan mencoba mengubah bentuk tubuh Anda yang sebenarnya mungkin tidak membutuhkan perubahan.

Ambil Waktu Jeda untuk Tidak Terlalu Memikirkannya

Sudah bukan rahasia lagi, saat berada di tengah perencanaan pernikahan, segala sesuatunya akan terpusat ke sana. Sebab keputusan yang Anda ambil, bisa memengaruhi pernikahan yang akan datang. Akan tetapi, Anda perlu mengambil "cuti" dari hal tersebut.

Seperti misalnya, sejak awal katakan kepada diri sendiri, Anda hanya akan mencurahkan semuanya hanya dalam waktu 3 bulan dan sisanya akan dibantu oleh jasa lain seperti wedding organizer. Jika Anda tidak memberi diri Anda waktu untuk bernapas, Anda akan merasa stres.

4 dari 4 halaman

Atur Biaya Sesuai Kemampuan

Semua tentu pastinya menginginkan pernikahan yang sempurna, tapi tentunya pernikahan tersebut pastinya memiliki makna yang berbeda-beda. Meskipun begitu, dalam persiapannya khususnya masalah biaya harus memiliki anggaran yang jelas, tapi jangan terlalu ketat atau mepet. Sebaiknya Anda perlu melakukan riset mengenai berapa harga rata-rata barang, lokasi, dan lainnya, lalu sesuaikan dengan melihat kemampuan Anda dan pasangan. 

Abaikan Masukan yang Tidak Perlu

Tidak ada yang lebih menegangkan daripada masukan dari orang lain, terutama dari calon mertua Anda. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa ini adalah hari pernikahan Anda dan pasangan, bukan mereka. Anda bisa meminta bantuan pasangan untuk berbicara secara langsung mengenai rencana pernikahan kalian.

Bersenang-senanglah di Hari Pernikahan

Ketika semua sudah dilakukan dengan baik, yang akan diingat semua orang adalah apakah pernikahan Anda akan berjalan menyenangkan atau tidak. Tidak ada yang akan memedulikan bagaimana tampilan rambut Anda, undangan, atau detail lain yang sempat dikhawatirkan sebelumnya. Jika Anda melakukan seluruh pernikahan dengan benar, jadi buatlah itu menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.