Sukses

5 Ciri Orang dengan Kepribadian Pekerja Keras, Anda Salah Satunya?

Berikut ini beberapa ciri seseorang memiliki kepribadian pekerja keras, mulai dari tepat waktu hingga selalu memberikan yang terbaik saat bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Jika ingin sukses di masa depan tentu kita harus menjadi orang yang pekerja keras. Bekerja keras sendiri adalah keterampilan yang dapat dipelajari, tetapi membutuhkan latihan dan niat bertahun-tahun. Orang sering mulai mengembangkan keterampilan ini selama masa kanak-kanak. 

Sementara itu kemampuan untuk bekerja keras mungkin lebih alami bagi sebagian orang. Ya, ada beberapa orang memang memiliki kepribadian atau karakteristik pekerja keras. Pekerja keras dapat menuai hasil di luar reputasi yang baik. 

Bagi karyawan yang bekerja keras, manfaat dari kerja keras adalah perasaan diri yang kuat dan pengetahuan bahwa mereka melakukan yang terbaik. Pada gilirannya, mereka memahami bahwa mereka membuat dampak positif pada kehidupan profesional dan pribadi mereka.

Sementara itu ada beberapa ciri seseorang memiliki kepribadian pekerja keras. Dilansir dari Live, Bold & Bloom, Senin (14/8/2023), berikut ini ulasannya.

1. Tepat waktu

Dapat mengerjakan pekerjaan atau tugas sesuai dengan deadline dan juga selalu dapat tepat waktu adalah dua kualitas terbaik dan ciri orang pekerja keras. Orang yang pekerja keras akan mengisi setiap hari kerja mereka dengan tepat waktu. 

Seseorang yang bekerja keras tidak akan tidur atau berjalan terlambat sepuluh menit bahkan lebih memasuki ruang kantor mereka. Mereka mulai hari dengan tepat waktu dan selalu siap, dengan notepad atau laptop menyala, di awal rapat. Pekerja keras umumnya percaya bahwa datang lima menit lebih awal adalah tepat waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Fokus

Orang-orang yang bekerja keras fokus pada tugas dan jarang teralihkan dari tujuan mereka. Mereka tidak angkuh, tetapi mereka akan bekerja keras untuk menyelesaikan proyek dan menghindari pengaruh luar yang dapat merusak fokus mereka pada suatu tugas.

3 dari 5 halaman

3. Dedikasi

Setiap pekerjaan dilengkapi dengan aspek yang disukai pekerja dan kemudian tugas yang tidak terlalu menyenangkan. Seseorang dengan etos kerja yang rajin akan menangani setiap tugas dengan dedikasi untuk kebaikan perusahaan atau organisasi yang lebih besar.

Mereka percaya pada kekuatan kerja keras, dan mereka mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Mereka juga berdedikasi untuk rekan kerja mereka. Ya, bahkan yang mungkin tidak mereka sukai secara pribadi. Mereka tidak membiarkan masalah pribadi mempengaruhi perilaku kerja mereka.

4 dari 5 halaman

4. Kolaboratif

Orang yang pekerja keras jarang memiliki sifat yang toxic. Mereka tidak ikut bergosip atau mengeluh karena, sejujurnya, mereka terlalu sibuk bekerja. Mereka akan membangun tim yang berjuang untuk menjalin ikatan atau mungkin memberikan kata-kata penyemangat untuk memotivasi rekan kerja. Orang-orang ini akan selalu membantu rekan kerja yang kesulitan atau menyapa karyawan baru.

5 dari 5 halaman

5. Memberikan yang Terbaik

Dalam profesi apapun, akan ada saatnya seseorang harus datang lebih awal atau terlambat. Mungkin mereka harus tetap menerima panggilan telepon sang bos di akhir pekan. 

Pekerja keras tidak akan mengeluh karena pekerjaan mengganggu hari libur mereka. Ketika mereka diminta untuk bekerja lebih keras untuk memenuhi tenggat waktu atau mengesankan klien, mereka akan siap melakukannya. Mereka bahkan tak jarang harus bekerja hingga larut malam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.