Sukses

Selain Jadi Tradisi, Ini 7 Alasan Orang Jepang Duduk di Lantai Saat Makan

Duduk di lantai saat makan bukan hanya karena rumah orang Jepang biasanya berukuran sangat kecil, tapi ini telah menjadi tradisi Jepang zaman dulu yang hingga kini masih melekat.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan keluarga Jepang duduk di lantai saat makan dan kemungkinan besar Anda tidak akan menemukan kursi, bahkan di restoran bintang 5 di Jepang.

Duduk di lantai saat makan bukan hanya karena rumah orang Jepang biasanya berukuran sangat kecil, tapi ini telah menjadi tradisi Jepang zaman dulu yang hingga kini masih melekat.

Duduk di kursi yang empuk saat makan memang sangat nyaman, tapi itu belum tentu baik untuk kesehatan. Tak heran jika kebiasaan duduk di lantai saat makan memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin ingin Anda coba.

Berikut beberapa alasan orang Jepang duduk di lantai saat makan, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (15/8/2023). 

1. Membantu pencernaan

Saat Anda duduk di lantai dengan menyilangkan kaki dan makan, Anda dengan mudah melakukan yoga pada saat yang bersamaan.

Posisi bersila ini disebut pose “mudah,” atau sukhasana, dan diyakini bisa meningkatkan aliran darah ke perut, membantumu mencerna makanan dengan mudah dan mendapatkan vitamin dan nutrisi paling banyak.

Saat Anda membungkuk ke depan untuk mengambil makanan dari piringmu dan kemudian kembali ke posisi awal untuk menelannya, Anda memperkuat otot-otot di perutmu, yang pada gilirannya bisa mencegah kembung.

2. Membuatmu lebih fleksibel

Duduk di kursi terlalu lama bisa menyebabkan punggungmu sakit dan akhirnya membuat cakram di tulang belakang tegang, duduk di lantai meregangkan lutut dan pinggulmu. 

Karena posisi ini membantumu untuk duduk lebih tinggi dengan setiap gigitan yang Anda lakukan, posisi ini mencegahmu membungkuk dan membuat punggung dan bahumu lebih kuat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Membantu menurunkan berat badan

Duduk di lantai sambil makan membantu saraf vagus Anda berfungsi lebih baik. Saat sistem pencernaanmu melepaskan hormone yang disebut leptin, ia mengirimkan sinyal ke saraf vagus bahwa Anda kenyang dan fungsi saraf ini yang tepat bisa mencegah Anda makan berlebih.

4. Membantu Anda hidup lebih lama

Jika Anda bisa dengan mudah bangkit dari posisi bersila tanpa dukungan apa pun, kemungkinan Anda bisa hidup lebih lama. 

Ternyata, duduk di lantai sambil makan dan bangun beberapa kali sehari adalah salah satu cara termudah untuk menambah tahun ekstra dalam hidupmu.

5. Menjaga kesehatan sendi

Saat Anda duduk di kursi dalam waktu lama, itu membuat pinggulmu kaku. Namun, duduk di lantai memungkinkan Anda untuk meregangkan pinggul dan pergelangan kaki, membuat persendianmu lebih fleksibel.

Beberapa postur tubuh, seperti berlutut dan jongkok, membuat ototmu bekerja bahkan saat Anda sedang beristirahat, karena mendorongmu untuk melibatkan otot yang tidak aktif saat Anda duduk di kursi.

 

3 dari 3 halaman

6. Memperbaiki postur tubuh

Ketika sebuah kursi tidak menopang punggungmu, itu mendorongmu untuk melibatkan otot intimu, yang pada gilirannya menguntungkan postur tubuhmu. Namun, pastikan untuk menghindari membungkuk, karena bisa menyebabkan sakit punggung.

7. Menenangkan pikiran

Melakukan yoga sambil makan juga menenangkan pikiranmu. Ketika pikiran Anda tenang, Anda bisa lebih menikmati makanan sampai kenyang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.