Sukses

Terungkap, Ini Kepribadian Orang Dominan Otak Kanan dan Pekerjaan Bergaji Tinggi yang Cocok untuk Mereka

Berikut ini penjelasan kepribadian orang dominan otak kanan dan pekerjaan bergaji tinggi yang cocok

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun 1981, Roger Sperry memenangkan Hadiah Nobel atas karyanya tentang teori otak kanan vs otak kiri. Sperry berteori bahwa otak bagian kanan bertanggung jawab mengendalikan emosi, motivasi, dan kreativitas, sedangkan otak kiri mengendalikan fungsi-fungsi seperti bahasa, penalaran, dan logika.

Bahkan jika Anda yakin bahwa Anda bukan seorang yang berotak kanan atau berotak kiri, Anda mungkin tertarik pada “karier yang berotak kanan”. Ini adalah peran yang diasosiasikan orang dengan “kreatif”, tetapi tidak semua pekerjaan yang berotak kanan ada dalam seni.

Orang yang berotak kanan tidak tersesat dalam detail; mereka secara alami memvisualisasikan gambaran keseluruhan dan menyukai pekerjaan yang membutuhkan perencanaan visioner, memotivasi orang lain, dan berpikir di luar kotak.

Orang yang berotak kanan senang mencoba cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dan melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Banyak inovasi paling menarik di dunia merupakan hasil dari kekuatan berpikir kreatif individu yang berotak kanan.

Meskipun setiap orang menggunakan kedua sisi otaknya dalam pekerjaan (dan dalam kehidupan), orang yang menganggap dirinya berotak kanan memiliki kepribadian cenderung kreatif, emosional, dan intuitif. Mereka lebih cenderung menjadi pemikir yang imajinatif dan inovatif dan sering kali tertarik pada bidang di mana mereka dapat mengekspresikan diri secara bebas dan membantu orang lain.

Bertentangan dengan anggapan umum, menjadi orang yang berotak kanan tidak berarti Anda tidak analitis atau logis. Meskipun orang yang berotak kanan tidak suka bekerja dengan angka, mereka mencari pola dan suka mengelompokkan sesuatu berdasarkan kesamaan atributnya. Ciri-ciri otak kanan lainnya antara lain:

  • Dipandu oleh emosi mereka
  • Memiliki tingkat kecerdasan emosional dan empati yang tinggi
  • Melihat “gambaran besar”
  • Lebih suka komunikasi visual

Karena banyak pencari kerja yang berotak kanan tertarik pada bidang kreatif, orang sering salah mengira bahwa menjadi seniman adalah jalur karier yang tak terelakkan. Namun, tidak selalu demikian. Ada banyak pekerjaan bergaji tinggi yang menawarkan mobilitas dan kemajuan karier.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pekerjaan yang cocok untuk orang dominan otak kanan

Orang yang berotak kanan cenderung tidak menyukai hierarki dan aturan yang ketat. Meskipun hal ini tidak berarti mereka harus menjadi bos bagi diri mereka sendiri, mereka mungkin akan lebih baik dalam pekerjaan yang tidak memiliki struktur kekuasaan formal atau banyak birokrasi.

Pekerjaan yang memungkinkan ekspresi kreatif dan mendorong ide orisinal adalah pekerjaan yang cocok untuk orang yang berotak kanan, begitu pula karier visual seperti ilustrasi, televisi, atau pemasaran. Dhimpun dari Flexjobs, di bawah ini adalah contoh pekerjaan untuk pemikir otak kanan:

1. Arsitek

Arsitek mendesain bangunan dan ruang luar lainnya (seperti lapangan golf dan taman). Ini mungkin proyek besar atau proyek kecil, proyek publik atau swasta. Namun, hasil akhirnya adalah ruang yang nyaman, aman, dan fungsional.

2. Desain Grafis

Desainer grafis menggunakan warna, bentuk, logo, dan bahkan tekstur untuk membentuk identitas visual suatu merek. Bidang yang kuat ini dapat berkisar dari desain cetak, yang mungkin mencakup pengerjaan sampul buku, pengemasan, dan tekstil atau barang dagangan, hingga desain digital, yang mungkin mencakup pengerjaan produk, grafik situs web, antarmuka yang menghadap konsumen, dan banyak lagi.

 

 

3 dari 3 halaman

Pekerjaan yang cocok untuk orang dominan otak kanan

3. Psikolog

Salah satu pekerjaan dengan gaji lebih tinggi bagi pemikir otak kanan, psikolog bekerja dengan pasien dengan masalah kesehatan mental. Psikolog membantu mengembangkan rencana perawatan bagi kliennya untuk membantu mereka mengelola emosi dan bergerak menuju kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

4. Animator

Animator menggambar, membuat, dan menceritakan kisah melalui seni bergerak. Kreasi mereka dapat berupa bagian dari video game, video pendidikan, atau film. Meskipun animator dapat membuat dan menjual karya mereka sendiri, banyak animator yang bekerja lepas untuk klien atau bekerja untuk perusahaan pembuat konten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.