Sukses

Viral Video Diduga Meteor Jatuh Melintasi Pulau Jawa, Bikin Warganet Heboh

Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukan adanya sebuah benda langit yang mirip dengan meteor jatuh dan diduga melintasi pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukan adanya sebuah benda langit yang mirip dengan meteor jatuh. Yang membuat heboh meteor tersebut diduga melintasi pulau Jawa. Video tersebut viral di media sosial dan salah satunya diunggah oleh akun @beritakotabandung.

"Meteor/sampah luar angkasa? Terlihat di atas langit Pulau Jawa Malam tadi (14/9/23) sekitar pukul 23.00 dan momennya banyak yang berhasil direkam oleh warga. Ada yang liat juga?" tulis akun tersebut seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (15/9/2023).

Dilansir dari Merdeka.com menurut Peneliti Senior LAPAN, BRIN, Thomas Djamaluddin, berdasarkan laporan dari PRFM kejadian di Bandung (CCTV pk 22:55:49) dan Garut (video objek terang) kemungkinan besar bukan rekayasa.

"Dengan objek yang tampak lebih terang, bisa disimpulkan itu meteor terang. Banyaknya laporan dari CCTV di Bandung dan Yogyakarta serta beragam video oleh warga meyakinkan itu bukan rekayasa,"ujar Thomas Djamaluddin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Diketahui Secara Pasti Lokasi Jatuhnya Meteor

Kendati begitu, Thomas mengakui belum mendapatkan laporan secara mendetail lokasi jatuhnya meteor tersebut. Namun dugaannya, meteor tersebut kemungkinan jatuh di Samudera Hindia.

"Kalau tidak ada laporan jatuh di darat, kemungkinan besar jatuh di Samudera Hindia. Dugaan saya jatuh di Samudera Hindia," kata dia.

Meteor sendiri merupakan salah satu benda langit atau serpihan dari asteroid, komet, maupun pecahan benda langit lainnya yang disebabkan pengaruh gravitasi Bumi.

3 dari 4 halaman

Buat Warganet Heboh

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Berita Kota Bandung (@beritakotabandung)

Unggahan tersebut sontak saja langsung mendapat beragam respon dari warganet. Tak sedikit yang penasaran apakah fenomena tersebut sungguhan meteor jatuh.

"Titik jatuhnya di mana ya?" tanya akun @ghilmanafs_.

"Beneran?? Satu apa banyak sih, serius nanya," timpal akun @yuliana_ana_sri.

“Kode dari langit supaya warganet pada tobat,” komentar akun @dikiims. 

“Kejadian alami, tak ada kaitannya dengan uang yg kita cari & perlukan setiap hari, yg ngatur rezeki kita tetep Tuhan YME😅🙏,” kata @ale23i. 

4 dari 4 halaman

Hujan Meteor Perseid, Ini Zat yang Terkandung di Setiap Batu Meteor

Warga Bumi akan kembali disuguhkan dengan fenomena alam yaitu hujan meteor Perseid yang diprediksi akan terjadi pada 12 Agustus dan 13 Agustus 2023.

Indonesia termasuk di antara negara yang bisa menyaksikan momen hujan meteor tersebut, setelah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengonfirmasi hal tersebut.

Kepada Kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (11/8/2023) peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang juga profesor di bidang astronomi Thomas Djamaluddin mengungkapkan waktu terbaik untuk mengamati fenomena hujan meteor Perseid ini.

"Ya, bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia. Waktu pengamatan Sabtu malam Minggu," kata Thomas dalam pesan yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (11/8/2023).

Thomas mengatakan, waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor Perseid adalah Sabtu malam Minggu mulai pukul 01.30 - 05.00. Banyak pula yang penasaran. Sebenarnya, meteor ini terdiri dari kandungan apa saja?

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.