Sukses

10 Fakta Unik Google Ulang Tahun ke-25, Berawal dari Garasi hingga Punya Anjing Perusahaan

Berikut ini beberapa fakta unik Google yang berulang tahun ke-25

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 27 September 2023 menjadi ulang tahun Google ke-25. Sebagai perusahaan teknologi multinasional Amerika, faktanya Google bermula dari sesuatu yang sederhana.

Sesuai informasi yang tersedia di situs Google, Sergey Brin dan Larry Page pertama kali bertemu di Universitas Stanford pada Januari 1997. Pertemuan ini terjadi ketika Sergey Brin yang sudah bergelar Ph.D. mahasiswa di universitas, diminta untuk membawa Larry Page berkeliling kampus saat Page sedang mempertimbangkan Stanford untuk studinya. Dan, perjalanan Google dimulai.

Setahun kemudian, keduanya mulai bekerja sama, di kamar asrama mereka, untuk mengembangkan mesin pencari. Dan, mereka berhasil membuat prototipe pertamanya. 

Penemuan mereka mulai menarik perhatian investor terkemuka di Silicon Valley, dan pada bulan Agustus 1998, Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems, memberikan cek senilai 100 ribu dolar AS kepada Sergey Brin dan Larry Page, dan Google Inc. secara resmi lahir. 

Dengan investasi penting ini, tim yang baru dibentuk pindah dari asrama mereka ke kantor pertama mereka, yang kebetulan merupakan sebuah garasi yang terletak di pinggiran kota Menlo Park, California.

Pada tahun-tahun berikutnya, Google menyaksikan pertumbuhan pesat, yang menyebabkan relokasi ke kantor pusatnya yang sekarang, yang dikenal sebagai 'Googleplex' di Mountain View, California.

Saat ini, mesin pencari favorit kebanyakan orang itu memiliki dan mengoperasikan pusat data di seluruh dunia, menjaga ketersediaan internet 24/7. Hebatnya, indeks Google Penelusuran telah diperluas hingga mencakup ratusan miliar halaman online, melebihi ukuran yang luar biasa yaitu lebih dari 100 juta gigabyte.

Dari awal yang sederhana sebagai prototipe mesin pencari pertama, Google telah mengalami ekspansi yang signifikan, memperluas jangkauannya melampaui fungsi pencarian.

Berikut beberapa fakta unik Google yang patut kamu ketahui seperti dihimpun dari Moneycontrol:

 

2 dari 3 halaman

Bermula dari persilisihan dua pendiri

1. Menurut laporan Google, pertemuan pertama antara Sergey Brin dan Larry Page, ditandai dengan perselisihan di hampir semua topik.

2. Mesin pencari ini awalnya mengandalkan analisis link untuk menilai pentingnya halaman web individual dalam World Wide Web. Ini pertama kali diberi nama 'Backrub' karena fokusnya pada evaluasi 'back link' untuk mengukur pentingnya sebuah situs web. Selanjutnya mengalami perubahan nama menjadi Google

3. Nama Google merupakan permainan cerdas dari ekspresi matematika yang mewakili angka 1 diikuti 100 angka nol.

4. Menurut ICANN, organisasi yang bertugas mendaftarkan nama domain pada saat itu, Google.com didaftarkan pada tanggal 15 September 1997. Namun, Google, baru meluncurkan situs webnya pada bulan September 1998.

5. Kantor pertama Google pada tahun 1998 dioperasikan dari sebuah garasi yang terletak di Menlo Park, California, yang kebetulan dimiliki oleh karyawan mereka no. 16 Susan Wojcicki. Dia kemudian menjadi CEO YouTube, platform berbagi video online resmi di bawah Google.

 

3 dari 3 halaman

Memiliki anjing perusahaan pertama

6. Google memperkenalkan Yoshka sebagai anjing perusahaan pertama, anjing pertama yang mengunjungi kampus Google ketika kantornya pindah ke lokasi Mountain View. Yoshka mati pada tahun 2011, namun ingatannya tetap hidup. 

Pada bulan Desember 2011, sebuah upacara diadakan di sebuah kafe yang sebelumnya tidak disebutkan namanya di kampus Google Mountain View. Kafe yang tidak disebutkan namanya di gedung 43 selanjutnya dikenal sebagai Kafe Yoshka, untuk menghormati anjing tersebut.

7. Tradisi menjaga suasana warna-warni di kantornya terus berlanjut hingga saat ini.

8. Pada tahun 2006, istilah 'Google' menjadi kata kerja dalam kamus. Kamus Merriam-Webster memasukkan kata 'Google' dengan arti: "menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi tentang (seseorang atau sesuatu) di World Wide Web"

9. Pada tanggal 25 Februari 2009, Google mengirimkan tweet pertamanya, yang ditulis dalam kode biner dan bila diterjemahkan ke bahasa Inggris menyampaikan pesan, "Saya merasa beruntung."

10. Google memberikan beasiswa kepada pelajar dalam upaya mendorong mereka mengejar karir di bidang teknologi.