Sukses

5 Cara Makanan Membantumu Atasi Patah Hati

Patah hati bukanlah sesuatu yang patut untuk ditangisi hingga berlarut-larut. Makanan bisa menjadi pilihan tepat sebagai cara mengatasi patah hati.

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan seseorang yang sangat kamu cintai, baik karena waktu, jarak, atau putus cinta, bisa menjadi salah satu perasaan terburuk yang pernah kamu rasakan selama hidupmu. Mungkin kamu pernah menjadi korban dari putus cinta, gelombang patah hati yang luar biasa pasti akan melanda hingga kamu merasa duniamu seolah-olah akan berakhir karena merasa belum sanggup hidup tanpa dia. 

Ketika kamu menunggu perasaan kamu untuk tenang, ketahuilah bahwa ada cara sederhana agar kamu dapat menemukan kenyamanan kembali, termasuk fokus pada perawatan diri dan mengelilingi diri kamu dengan sistem pendukung, salah satunya adalah melalui makanan. Berdasarkan informasi yang dilansir dari halaman Healthline pada Senin (09/10/23) terdapat beberapa cara mengatasi patah hati dengan makanan yang bisa kamu coba.

1. Tenangkan Jiwamu dengan Makanan yang Menenangkan 

Makanan yang menenangkan dapat memberikan kamu kenyamanan. Menyiapkan makanan favorit akan meningkatkan suasana hatimu. Bagi segelintir orang, sepiring mac and cheese bisa membangkitkan nostalgia. Riset menunjukkan bahwa kenangan yang dipicu ketika bahagia ini sebenarnya dapat meningkatkan suasana hati kamu dan membantu meredakan sebagian rasa sakit hati. 

Bila kenangan tersebut muncul dalam pikiranmu, bayangan tentang perpisahan dengan mantan kekasih dapat tergantikan oleh kebahagiaan yang kamu rasakan ketika dulu kamu menikmati makanan tersebut sehingga perasaan galaumu perlahan akan sirna.

Untuk menjaga kesehatan kamu dan tetap memberikan kenyamanan, carilah cara untuk memodifikasi makanan favorit kamu agar memberikan lebih banyak nutrisi. Contohnya, menambahkan bubur butternut squash ke mac and cheese, memilih pasta gandum, atau memilih es krim rendah gula.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tingkatkan Suasana Hatimu dengan Coklat

Apabila kamu meminta rekomendasi makanan yang mampu memperbaiki suasana hati, mungkin coklat akan menjadi makanan yang paling sering direkomendasikan oleh orang-orang sekitarmu. Ternyata, hal tersebut bukan bualan belaka karena mengkonsumsi coklat memang merupakan cara mengatasi patah hati yang sangat ampuh.

Studi tahun 2006 menemukan bahwa makan coklat dapat meningkatkan kegembiraan pada banyak orang. Jadi, stres dan suasana hati yang buruk akibat patah hati pasti bisa diatasi dengan coklat. 

Diantara berbagai macam pilihan coklat, dark chocolate bisa menjadi pilihan tepat karena selain meningkatkan suasana hatimu. Bila kamu akan membuat kue, pilihlah coklat hitam dengan persentase kakao yang besar. Coklat hitam memiliki lebih banyak antioksidan dan lebih sedikit gula dibandingkan coklat putih, coklat susu, dan sebagainya. 

 

3 dari 5 halaman

3. Cobalah Memasak untuk Menghilangkan Stres

Mungkin kamu pernah, ketika patah hati menghantui, waktu demi waktu kamu habiskan dengan merenungkan betapa sedihnya kamu karena harus berpisah dari kekasih. Kamu harus mengalihkan perhatianmu pada hal-hal yang lebih bermanfaat, contohnya dengan memasak.

Memasak berfungsi sebagai pelampiasan kreatif. Anggap saja sebagai terapi. Pengalaman sensorik yang mendalam ini dapat membantu mengalihkan pikiran kamu dari berbagai hal dan mengaktifkan indera kamu yang mati rasa karena stres.

Memasak makanan sesuai keinginanmu juga dapat memberikan rasa pencapaian dan kepuasan langsung, yang selalu menjadi nilai tambah bila harga dirimu perlu ditingkatkan. Nah, daripada menghabiskan waktumu untuk menikmati patah hati, lebih baik mulailah untuk memasak!

4 dari 5 halaman

4. Makan Makanan Bergizi untuk Mendapatkan Lebih Banyak Energi

Mens sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Terlalu larut dalam kesedihan karena patah hati dapat menyebabkan kinerja tubuhmu tidak semaksimal ketika kamu sedang bahagia.

Meskipun makanan yang menenangkan adalah pilihan yang baik, ingatlah untuk memberi nutrisi pada tubuh kamu juga. Semakin baik kesehatan tubuhmu, semakin baik pula perasaanmu. Makanan lezat dan bergizi seperti salad buah atau salad sayur akan membantu tubuh kamu mendapatkan semua vitamin, energi, dan meningkatkan suasana hati yang dibutuhkannya.

Makanan yang tepat dikonsumsi ketika kamu patah hati ialah makanan yang mengandung probiotick, seperti yogurt karena probiotik dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesehatan mental.

5 dari 5 halaman

5. Ajak Orang Terdekatmu untuk Makan Bersama

Putus cinta kadang membuatmu merasa kesepian yang luar biasa dan merasa membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat. Salah satu yang bisa melengkapi kebersamaanmu dengan orang terdekatmu adalah makanan. Menyantap makanan baik yang dimasak di rumah atau pergi ke restoran favorit pasti akan mencari cara ampuh untuk mengatasi galau karena patah hati.

Patah hati bukanlah sesuatu yang patut untuk ditangisi hingga berlarut-larut. Makanan bisa menjadi pilihan tepat sebagai cara mengatasi patah hati. Namun, bukan berarti kamu harus makan sebanyak-banyaknya dan melupakan kesehatanmu. Semua harus seimbang antara kesehatan mental dengan kesehatan fisikmu karena tubuh yang sehat akan memengaruhi pikiran yang sehat pula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.