Sukses

Daftar 5 Negara Terkaya di Dunia Terbaru 2023, Mana Saja?

Negara bisa dikatakan maju atau berkembang dapat dilihat dari beberapa faktor, salah satunya adalah perbandingan jumlah penduduk miskin atau kaya. Menurut majalah keuangan bulanan, Global Finance Magazine, menetapkan negara-negara berikut sebagai negara terkaya di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah negara bisa dikatakan maju atau berkembang dapat dilihat dari beberapa faktor, diantaranya adalah perbandingan jumlah penduduk kaya dan miskin, tingkat pengangguran, angka kematian, angka literasi dan pendapatan perkapita.

Majalah keuangan bulanan, Global Finance Magazine merilis data PDB (Produk Domestik Bruto) per kapita seluruh negara, yang menjadi indikator utama untuk mengukur kemakmuran ekonomi suatu negara. Dalam laporan terbarunya, terungkap bahwa ada lima negara yang menduduki peringkat teratas dalam daftar negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita. 

Melansir dari data Global Finance Magazine pada Selasa (31/10/2023), berikut daftar negara terkaya di dunia tahun 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Irlandia

Negara yang menduduki posisi pertama sebagai negara terkaya yakni Irlandia. Negara tersebut dinobatkan sebagai negara terkaya di dunia 2023 dengan Produk Domestik Bruto (PDB) US$ 145.196 per kapita. 

Negara Irlandia terletak di bagian barat laut Eropa dan termasuk dalam negara kecil dengan jumlah penduduk hanya sekitar 5 juta jiwa. Namun, negara ini menjadi surga pajak perusahaan terbesar di dunia, seperti Apple, Google, dan Microsoft.

Di bidang ekonomi, Negara Irlandia menerapkan sistem ekonomi terbuka dan sangat maju dengan mengandalkan teknologi, keilmuan, jasa keuangan hingga agribisnis. 

Sebelum dekade tahun 2010, Irlandia mengalami stagnasi ekonomi. Namun, setelah itu, terjadi pertumbuhan pendapatan per kapita sebesar 2,2 persen. Faktor yang mendukungnya adalah kehadiran perusahaan multinasional asing. Dampak positifnya terlihat dalam perbaikan ekonomi Irlandia.

3 dari 11 halaman

Luksemburg

Luksemburg menempati peringkat kedua negara terkaya di dunia. Luksemburg mempunyai PDB per kapita sebesar US$ 142.490. Data tersebut berasal dari beragam bidang industri, mencakup karet, zat kimia, logam, dan kemajuan teknologi.

Meskipun negara ini termasuk ke dalam negara kecil, yakni hanya memiliki populasi sekitar 640.000 orang, pemerintah berhasil mengurangi tingkat pengangguran.

4 dari 11 halaman

Singapura

Peringkat ketiga negara terkaya di dunia ditempati oleh Negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, yakni Singapura. Negara ini memperoleh PDB per kapita sebanyak US$ 133.895. 

Orang-orang berpenghasilan tinggi banyak yang memilih Singapura sebagai tempat tinggal. Di antara mereka, Li Xiting, pendiri Mindray, perusahaan peralatan medis, merupakan salah satu orang terkaya yang tinggal di sana.

Keunggulan Singapura dalam hal kebijakan bisnis yang mendukung telah membuatnya menarik bagi para pengusaha. Negara ini telah menjadi pusat perdagangan, manufaktur, dan sektor keuangan yang berkembang pesat.

5 dari 11 halaman

Qatar

PDB yang diperoleh Negara Qatar mencapai US$ 124.848 yang menjadikan negara tersebut masuk ke dalam top 5 negara terkaya di dunia. 

Kekayaan sumber daya alam yang berlimpah dan populasi yang terbatas telah membuat negara ini mempertahankan posisinya sebagai negara paling makmur di dunia selama dua dekade. Pertumbuhan ekonomi negara kecil ini tetap stabil dari tahun 2020 hingga 2022.

Pada tahun 2022, selain pendapatan dari sumber daya alam seperti gas dan minyak, Qatar juga meraih keuntungan ekonomis melalui kunjungan wisatawan yang datang untuk menyaksikan Piala Dunia.

6 dari 11 halaman

Makau

Peringkat kelima negara terkaya di dunia adalah Negara Makau. Pada tahun 2023, Produk Domestik Bruto (PDB) Makau mencapai angka 89.558 dolar AS per individu.

Dengan jumlah penduduk sekitar 700.000 jiwa, negara ini mengoperasikan lebih dari 40 kasino yang menjadi sumber pendapatan utama mereka. Namun, dampak pandemi Covid-19 membuat Makau sangat terpukul, bahkan sampai harus meninggalkan peringkat negara-negara terkaya di dunia.

7 dari 11 halaman

Apakah Negara Terkaya di Dunia?

Melansir dari Majalah keuangan bulanan, Global Finance Magazine, negara terkaya di dunia tahun 2023 ditempati oleh Negara Irandia. Menurut data, negara tersebut memperoleh PDB per kapita sebanyak US$ 145.196. Di bidang ekonomi, Negara Irlandia menerapkan sistem ekonomi terbuka dan sangat maju dengan mengandalkan teknologi, keilmuan, jasa keuangan hingga agribisnis. 

8 dari 11 halaman

Apa Saja Indikator Negara Terkaya di Dunia?

Sejumlah peneliti melakukan penelitian dengan menyurvei 194 negara di seluruh dunia menggunakan sejumlah kriteria. Faktor-faktor yang mendasari reputasi suatu negara sebagai salah satu yang paling makmur di dunia meliputi pendapatan per kapita penduduknya, daya beli masyarakat atau Purchasing Power Parity (PPP), dan ukuran Produk Domestik Bruto (PDB).

9 dari 11 halaman

Mengapa Negara-Negara Terkaya di Dunia Diuntungkan?

Secara umum, negara-negara yang masuk dalam kategori terkaya di dunia biasanya mengalami manfaat dari sistem keuangan yang maju dan sistem perpajakan yang canggih, yang mempromosikan investasi asing dan menarik bakat profesional. Berbeda halnya dengan Qatar dan Brunei, negara-negara kecil ini, namun tetap termasuk dalam daftar negara terkaya di dunia.

10 dari 11 halaman

Apakah Norwegia termasuk Negara Terkaya di Dunia?

Norwegia termasuk ke dalam negara terkayan di dunia di bawah top 5 negara terkaya. Norwegia masuk dalam daftar indeks kebahagiaan global dengan nilai 7.3 dari 10. Dari segi PDB, sumber pendapatan terbesar Norwegia adalah gas alam dan minyak yang sudah mereka lakukan sejak tahun 1973 silam.

Tidak hanya itu, negara ini juga masuk dalam kategori “dukungan sosial” dan “harapan hidup” yang lebih baik dari negara tetangganya.

11 dari 11 halaman

Apakah Makau termasuk Negara Terkaya di Dunia?

Makau, yang merupakan bagian dari Daerah Administratif Khusus Makau Republik Rakyat Tiongkok, tidak memiliki status sebagai negara independen. Meskipun demikian, wilayah ini dengan populasi sekitar 600 ribu orang, tercatat sebagai salah satu dari lima negara terkaya di dunia. Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita di Makau mencapai US$ 89.558, dengan ekonominya yang sangat dipengaruhi oleh sektor ekspor dan pariwisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.