Sukses

Metode Bermain Sensory Play ala Ning Nila Istri Gus Iqdam, Anak Jadi Aktif dan Cerdas

Kegiatan bermain dengan indera ala Ning Nila yang ia bagikan di akun Instagramnya dapat dijadikan pilihan bagi ibu-ibu yang ingin bermain bersama anak-anak di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Pendakwah muda asal Blitar, Muhammad Iqdam Kholid yang lebih dikenal dengan sebutan Gus Iqdam, resmi menikahi Ning Nila pada 24 Februari 2021. Pasangan ini dikaruniai seorang putra yang diberi nama Ahmad Novel Zubaidi Al-Munawwar, sering disapa Gus Novel.

Ning Nila adalah putri dari pengasuh pondok Lirboyo di Kabupaten Kediri, yakni KH Thoha Widodo Zaini Munawwir. Lewat akun Instagram pribadinya, Ning Nila kerap berbagi foto dan momen dari Gus Novel.

Salah satu bagian menarik di akun @nihaayah._ adalah postingan tentang berbagai kegiatan sensory play yang dilakukan oleh Gus Novel. Postingan ini dapat menjadi inspirasi bagi para ibu yang ingin bermain sensory play bersama anak-anak di rumah.

Sensory play, seperti yang dilansir dari Only About Children, dapat merangsang proses belajar melalui eksplorasi, rasa ingin tahu, pemecahan masalah, dan kreativitas. Selain itu, jenis bermain ini berperan dalam perkembangan saraf otak dan mendorong pertumbuhan bahasa serta keterampilan motorik.

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan sensory play yang dibagikan oleh Ning Nila di Instagramnya, seperti yang dikutip pada Kamis, 26 Oktober 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Melukis

Gus Novel terlihat sedang melukis dalam highlight Instagram Ning Nila. Melukis dapat meningkatkan kreativitas anak dan membantu mereka mengenali warna dengan lebih baik.

3 dari 12 halaman

Permainan dengan Bola Plastik

Ning Nila juga membagikan sensory play dengan bermain bola plastik berwarna-warni. Melalui permainan ini, anak-anak dapat mengasah motorik halus mereka dengan meremas bola-bola tersebut.

4 dari 12 halaman

Papan Buah-Buahan

Ibu dari Gus Novel juga membagikan sensory play lainnya yang pernah dimainkan oleh anaknya. Pada cerita Instagram, terlihat papan yang ditempeli dengan bentuk berbagai buah-buahan. Tujuannya adalah agar tangan anak dapat mengenali berbagai tekstur dan bentuk benda.

5 dari 12 halaman

Memasukkan Benda

Selain itu, istri dari Gus Iqdam memberikan ide-ide lain untuk kegiatan sensory play yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Salah satunya adalah memasukkan benda ke dalam lubang yang disediakan, dan bentuknya bisa disesuaikan dengan benda-benda yang ada di rumah. Aktivitas ini bermanfaat untuk mengasah indera peraba anak-anak.

6 dari 12 halaman

Menarik Benda

Kegiatan yang berbeda dari yang lain adalah dengan melatih kepekaan otot-otot anak melalui menarik benda yang ada. Ning Nila dengan kreatif membuat papan permainan sensory play dengan menempelkan kertas berwarna di papan putih yang bisa ditarik oleh Gus Novel.

7 dari 12 halaman

Berbagai Pertanyaan seputar Ning Nila

8 dari 12 halaman

Ning Nila itu Siapa?

Ning Nila adalah cucu dari KH Abdul Karim, seorang ulama terkenal di Indonesia yang juga merupakan pendiri Pesantren Lirboyo di Kediri. Pesantren ini terletak di lembah gunung Willis di Kota Kediri, sebelah barat Sungai Brantas.

9 dari 12 halaman

Kenapa Dipanggil Ning?

"Ning" adalah panggilan yang digunakan untuk merujuk pada anak perempuan dari seorang kiai.

10 dari 12 halaman

Siapa Istri Gus Iqdam Muhammad?

Pada tahun 2021, Gus Iqdam menikahi Aning Nilatin Nihayah, yang merupakan anak dari KH. Thoha Widodo Zaini Munawwir yang berasal dari Pondok Pesantren Lirboyo. Setelah memulai hidup berumah tangga, Gus Iqdam dan istrinya, Ning Nila, diberkati dengan kelahiran putra yang diberi nama Gus Novel.

11 dari 12 halaman

Berapa Usia Gus Iqdam?

Lahir pada 27 September 1993, saat ini Gus Iqdam berusia 30 tahun.

12 dari 12 halaman

Berapa Bersaudara Gus Iqdam?

Gus Iqdam adalah putra bungsu dari KH Kholid dan Lam'atul Walidah, dan ia memiliki tiga saudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini