Sukses

Fakta Menarik Bulan November yang Jarang Diketahui, Apa Saja Itu?

November merupakan bulan ke sebelas pada kalender masehi yang memilik banyak keunikan bahkan fakta yang mengejutkan.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu bahwa November sering disebut sebagai bulan peralihan? Ya, hal ini dikarenakan di belahan bumi selatan, musim semi akan berganti dengan musim panas sedangkan di belahan bumi utara, banyak wilayah yang mulai mengalami suhu lebih dingin, bahkan salju selama bulan ini. Pada bulan ini, hari-hari juga akan terasa lebih pendek, terutama ketika sebagian besar wilayah AS maju satu jam, keluar dari waktu musim panas pada minggu kedua bulan November.

Namun, bulan November ini ternyata dipenuhi dengan fakta menarik bahkan menakjubkan yang tidak banyak orang tahu. Lantas, apa saja fun fact dari bulan kesebelas tahun ini? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Live About pada Sabtu (4/11/23).

1. November dalam Kalender

November merupakan bulan ke sembilan dalam kalender Romawi Kuno dan mempertahankan namanya dari bahasa Latin, yaitu novem yang berarti "sembilan". Namun, bukankah November adalah bulan ke-11? Menariknya, berdasarkan informasi dari halaman Fun Facts About (03/11/23), sebelum Januari dan Februari ditambahkan ke kalender, November merupakan bulan ke-9.

Selain itu, di Finlandia, bulan ini disebut dengan kata marraskuu yang diterjemahkan sebagai "bulan kematian". Ini merupakan salah satu dari empat bulan dengan panjang 30 hari dalam kalender Gregorian atau modern. Sementara itu, di Amerika Serikat dan Kanada, bulan November juga dikenal sebagai Bulan Tanpa Cukur yang ditujukan sebagai cara untuk meningkatkan kesadaran akan kanker. Warga Australia juga mengalami hal yang sama pada bulan ini, terutama ketika mereka menumbuhkan kumis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. November sebagai Bulan Lahir Batu Topaz dan Bunga Krisan

Topaz merupakan batu semi mulia yang melambangkan persahabatan, ditemukan dalam berbagai warna, tetapi versi oren-kuninglah yang tradisional dan dianggap sebagai batu kelahiran untuk bulan November. Selain itu, Citrine yang merupakan kristal kuarsa dengan warna kuning hingga oren ini juga dianggap sebagai batu kelahiran bulan November. 

Sementara itu, bunga bulan November disebut bunga krisan. Kata krisan berasa dari kata Yunani, yaitu chrys dan anthemum yang berarti bunga emas. Dalam bahasa, bunga krisan dianggap melambangkan kejujuran, kegembiraan, dan optimisme.

Orang yang lahir pada bulan ini dikenal memiliki tanda astrologi atau zodiak, yaitu Scorpio dan Sagitarius. Untuk tanggal 1-12 November termasuk Scorpio sedangkan 22-30 November termasuk zodiak Sagitarius.

3. Hari Libur dalam November

Setiap tanggal 1 November diperingati sebagai Hari Raya Semua Orang Kudus yang merupakan festival Kristen yang merayakan kehidupan semua orang suci, baik yang dikenal maupun tidak. Di Meksiko dan Amerika Serikat, tangal 1 November juga dikenal sebagai Hari Kematian, yaitu waktu bagi keluarga untuk mengenang dan menghormati orang-orang terkasih yang telah meninggal dunia.

Selain itu, pada bulan ini juga diperingati sebagai Hari Veteran setiap tanggal 11 November, sebagai penghormatan kepada petugas Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Tanggal ini juga bertepatan dengan Hari Gencatan Senjata yang menandai berakhirnya Perang Dunia I.

Di Amerika terdapat perayaan Ucapan Terima kasih yang dikenal dengan Thanksgiving. Hari tersebut dirayakan setiap tahun pada hari kamis di minggu ketia bulan November. Orang Amerika tidak hanya memiliki kesempatan untuk berkumpul dengan teman dan keluarga sambil menikmati makanan mewah, tetapi mereka juga dapat menikmati akhir pekan selama empat hari yang jarang terjadi.

3 dari 4 halaman

4. Penuh dengan Peristiwa Bersejarah

Di Indonesia, November sangat identik dengan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Namun, selain peristiwa tersebut, masih ada beberapa peristiwa sejarah dunia lainnya yang terjadi pada bulan ini. Berikut ulasannya!

Di Inggris, bulan November disebut sebagai blotmonath yang dalam bahasa Inggris kuno berarti "bulan pengorbanan". Sementara itu, di Belanda, bulan November disebut Slachtmaand yang berarti "bulan pembantaian". Di Amerika sendiri juga tersebar mitos bahwa kebanyakan pembunuh lahir di bulan November.

Selain itu, juga banyak lagu yang diciptakan pada bulan November selalu berkesan gloomy, contohnya lagu "November Rain" dari Guns n' Roses yang bernuansa begitu dark dalam menceritakan hubungan asmara yang telah retak. Sementara, di Indonesia, Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikenal kejam juga lahir pada tanggal 7 November 1914.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Peristiwa Sejarah Dunia Lainnya yang Terjadi pada Bulan November

Berikut peristiwa sejarah dunia lainnya yang terjadi pada bulan November.

  • Kanal Erie secara resmi dibuka di New York pada tanggal 4 November 1825;
  • Terusan Suez dibuka pada 17 November 1869;
  • Abraham Lincoln memberikan Pidato Gettysburg pada 19 November 1863;
  • Amerika Serikat dan Panama menandatangani perjanjian yang mengatur Terusan Panama pada tanggal 18 November 1903;
  • Amerika dan Kanada merayakan berakhirnya Perang Dunia I setiap tahun pada tanggal 11 November 1918;
  • Setelah menemukan tangga yang tertutup puing-puing, arkeolog Inggris, Howard Carter dan krunya memasuki makam Raja Tutankhamen yang berusia 18 tahun di Mesir pada tanggal 26 November 1922;
  • Terowongan bawah air berventilasi mekanis pertama di dunia, Terowongan Holland, dibuka untuk lalu lintas pada 13 November 1927;
  • Komandan Richard E. Byrd dan tiga awak menjadi orang pertama yang terbang di atas Kutub Selatan, 29 November 1929;
  • Parker Brothers memperkenalkan permainan Monopoli kepada dunia pada tanggal 5 November 1935;
  • Pada tanggal 18 November 1963, Bell Telephone Company memperkenalkan telepon tombol tekan kepada publik;
  • John F. Kennedy dibunuh pada 22 November 1963;
  • Pendeta Jim Jones memimpin lebih dari 900 pengikutnya menuju kematian dalam aksi bunuh diri massal, yang terbesar dalam sejarah dunia, tepatnya di Jonestown, Guyana, pada 19 November 1978;
  • Pada tanggal 22 November 1990, Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher mengundurkan diri setelah 11 tahun menjabat, masa jabatan terlama dari Perdana Menteri Inggris mana pun di abad ke-20;
  • Sistem apartheid di Afrika Selatan akhirnya berakhir pada tanggal 1 November 1995, dengan diadakannya pemilihan umum pemerintahan yang pertama untuk seluruh ras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.